31.6 C
Tangerang
Wednesday, December 7, 2022
Home Entertainment Makanan Yang Akan Menjadi Racun Jika Dikonsumsi Mentah

Makanan Yang Akan Menjadi Racun Jika Dikonsumsi Mentah

Sebelum harus hati-hati terhadap makanan yang akan menjadi racun jika dimakan secara mentah. Beberapa makanan mentah memang terlihat menyegarkan, terlebih lagi banyak orang yang beranggapan memakan buah dan sayuran mentah akan lebih segar dan banyak nutrisi yang tak terbuang. Padahal tersebut salah, memang ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi secara mentah, misalnya saja seperti wortel, mentimun, selada, kacang panjang, namun tak semua makanan bisa dimakan mentah dengan aman.

Makanan tertentu butuh proses pemasakan agar rasanya enak dan membunuh bakteri pada saat proses pemasakan. Namun beberapa makanan ini jarang diketahui banyak orang yang ternyata mengandung sebuah senyawa yang beracun jika mengkonsumsinya secara mentah, apa sajakah makanan yang akan menjadi racun jika dikonsumsi secara mentah.

 

Makanan Yang Akan Menjadi Racun Jika Dimakan Mentah

Kentang

Kentang sangat enak jika dicampur dengan sup, digoreng, atau dia buat mashed potato, kentang mengandung karbohidrat yang tinggi, namun kentang juga mengandung senyawa beracun yaitu solanine yang sangat berbahaya jika memakan kentang dalam keadaan mentah. Senyawa ini akan berdampak sakit perut, sakit kepala, dan paling parah dapat membuat kelumpuhan. Kentang hijau adalah kentang yang paling banyak mengandung senyawa solanine.

Daun rhubarb

Daun rhubarb ini mengandung racun yang disebut dengan asam oksalat, mengkonsumsi daun ini secara mentah sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda karena racun yang terkandung di dalamnya akan membuat kerusakan ginjal hingga kematian. Salah satu gejala keracunan sayuran ini yaitu kesulitan bernapas, terasa terbakar di mulut dan tenggorokan, mual, muntah, sakit mata, sakit perut dan urin berwarna merah. Daripada mendapat resiko yang tak diinginkan ada baiknya memasak daun ini sebelum dikonsumsi.

Kecambah

Kebanyakan orang Indonesia menggunakan kecambah untuk menjadi lalapan, padahal kecambah jika dikonsumsi secara mentah banyak kandungan yang membahayakan. Pada kecambah mentah terdapat bakteri yaitu salmonella, E. coli, dan listeria, jika anda kurang fit, dan mengkonsumsi kecambah mentah, akan merasakan sakit perut, oleh karena itu cuci lah kecambah dengan benar dan masak sebentar untuk menghilangkan bakterinya.

Singkong

Olahan singkong memang sangat nikmat dan memiliki nutrisi yang baik, singkong atau ketela merupakan tanaman yang awalnya dibawa oleh orang Portugis dan Spanyol. Singkong tumbuh di iklim yang lembab, singkong tak hanya memiliki kandungan nutrisi yang baik namun juga mengandung senyawa yang dapat berubah menjadi hidrogen sianida di dalam tubuh anda.

Hal tersebut akan mengganggu kemampuan tubuh mendapat oksigen. Masak lah singkong dengan benar agar menghilangkan senyawa tersebut. SIngkong dapat dimasak menjadi makanan makanan lezat seperti singkong balado, keripik singkong dan lainnya.

Kacang Merah

kacang merah memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik, namun jika mengkonsumsi dengan mentah akan berbahaya bagi anda. Kacang merah mengandung lektin yang dapat membuat anda sakit pencernaan, mual dan muntah, untuk menghindari hal tersebut anda bisa merendamnya selama 5 jam dan merebusnya hingga matang. Kacang merah juga bisa dijadikan lauk atau es kacang merah.

Susu Mentah

Mengkonsumsi memang dipercaya sangat baik untuk tubuh dan tulang, namun jika mengkonsumsi secara langsung dan masih mentah akan menimbulkan bahaya. Susu yang tidak melalui pasteurisasi akan membuat yang meminumnya sakit perut, proses tersebut dapat membunuh bakteri seperti salmonella, E.coli, dan listeria tanpa mengurangi nutrisi dari susu nya.

Most Popular