31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Health Manfaat Air Rebusan Pare Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Air Rebusan Pare Untuk Kesehatan Tubuh

Pare merupakan sebuah buah yang memiliki cita rasa pahit dan jarang disukai orang. Akan tetapi, buah pahit yang satu ini ternyata memiliki berbagai kandungan vitamin, seperti vitamin A, C, E, B1, B2, B3 dan B9. Selain itu, buah pare juga memiliki kandungan mineral seperti magnesium, fosfor, kalsium, kalium, zat besi dan zinc. Tetapi, apakah anda tahu apa saja Manfaat Air Rebusan Pare yang sangat bermanfaat untuk kesehatan?

Buah pare juga memiliki kandungan antioksidan seperti flenol dan flavonoid yang membuatnya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Faktanya, pare tidak hanya bisa diolah menjadi tumisan ataupun pelengkap siomay saja. Anda juga bisa merebus pare dan mengkonsumsi air rebusannya. Ada baiknya sebelum anda mencoba resep yang satu ini, anda patut mengetahui apa saja manfaat dari air rebusan pare untuk kesehatan.

Berbagai Manfaat Air Rebusan Pare Yang Jarang Diketahui Orang

Menurunkan Gula Darah

Gula Darah

Manfaat dari air rebusan pare yang pertama adalah menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan pare memiliki kandungan senyawa mirip insulin yang dapat mendistribusikan glukosa ke berbagai sel untuk diubah menjadi energi. Tidak hanya mampu membantu sel dalam tubuh untuk mendapatkan glukosa, tetapi pare juga mampu mencegah penumpukan glukosa dalam darah dan mendistribusikannya ke hati, otot dan jaringan lemak di dalam tubuh. Meskipun bisa menurunkan kadar gula darah, akan tetapi masih dibutuhkan riset yang lebih dan membuktikan hal ini.

Melindungi Ginjal

Manfaat Air Rebusan Pare

Manfaat dari air rebusan pare selanjutnya adalah mampu melindungi ginjal dan meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan pare mengandung antioksidan seperti flenol dan flavonoid. Kedua senyawa tersebut memiliki fungsi untuk melawan radikal bebas yang bisa melemahkan fungsi ginjal. Sering terpapar radikal bebas juga akan menimbulkan beberapa kondisi medis seperti diabetes dan kanker. Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi olahan pare dengan cara merebusnya untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat Air Rebusan Pare selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan mata. Air rebusan buah pare ini tidak hanya bisa bermanfaat untuk melindungi ginjal dan meningkatkan kekebalan tubuh saja, tetapi juga mampu menjaga kesehatan mata. Hal tersebut didapatkan dari kandungan antioksidan flavonoid seperti a-karoten, b-karoten, lutein dan zeaxanthin yang terdapat di dalam buah pare. Kandungan tersebut mampu meningkatkan kualitas penglihatan mata, terutama di malam hari. Kandungan antioksidan ini juga bermanfaat untuk mengurangi efek penuaan.

Menurunkan Berat Badan

Berat Badan

Siapa sangka kalau air rebusan dari buah yang terkenal karena rasa pahitnya ini juga mampu membantu dalam menurunkan berat badan. Manfaat ini didapatkan dari kandungan pare yang rendah kalori, lemak dan karbohidrat sehingga akan membuat anda kenyang lebih lama. Tentu saja hal ini sangat baik bagi anda yang sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan charantin yang tinggi di dalam pare juga dapat meningkatkan penyerapan glukosa dan sintesis glikogen di dalam tubuh serta mengurangi penyimpanan sel-sel dalam lemak.

Menyembuhkan Luka dan Menjaga Kesehatan Tulang

Kesehatan Tulang

Kandungan anti inflamasi yang terdapat di dalam pare memiliki manfaat untuk menekan proses peradangan. Selain itu, kandungan ini juga dapat mempercepat penyembuhan luka di tubuh anda. Tidak hanya itu, buah yang memiliki cita rasa pahit ini juga mengandung vitamin K yang dapat berfungsi untuk menyebarkan kalsium ke seluruh tubuh. Selain itu, buah pare juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang loh.

Mengobati Masalah Kulit

Manfaat Air Rebusan Pare

Manfaat Air Rebusan Pare yang terakhir adalah mampu mengobati berbagai masalah kulit yang paling umum terjadi. Jika anda sedang mengalami beberapa masalah kulit, seperti kurap, kudis dan psoriasis anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi air rebusan pare. Hal tersebut dikarenakan buah pare memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri yang sanggup dalam melawan berbagai macam infeksi yang sering terjadi di permukaan kulit.

Most Popular