31.6 C
Tangerang
Friday, December 9, 2022
Home Health Manfaat Biji Semangka Untuk Kesehatan Tubuh Yang Mungkin Saja Kamu Belum Tahu

Manfaat Biji Semangka Untuk Kesehatan Tubuh Yang Mungkin Saja Kamu Belum Tahu

Ketiak sedang makan semangka, kebanyakan orang pasti akan membuang biji semangkanya. Padahal siapa sangka kalau di balik bentuknya yang hitam dan kecil tersebut ternyata biji semangka memiliki manfaat untuk tubuh manusia. Setelah anda mengetahui apa saja Manfaat Biji Semangka pasti anda tidak akan membuang sia-sia biji semangka yang anda konsumsi tersebut. Akan tetapi, anda perlu mengetahui bagaimana cara mengolah biji semangka.

Untuk bisa mengkonsumsi biji semangka, anda bisa memanggang biji semangka dalam oven selama 15 menit. Namun jangan lupa untuk terus mengaduknya agar biji semangka bisa terpanggang sempurna. Selain itu, anda bisa menambahkan sedikit garam, minyak zaitun, gula, jeruk nipis, bubuk cabai atau kayu manis sesuai selera anda. Tidak hanya itu, anda juga bisa mengeringkan biji semangka di bawah sinar matahari. Untuk lebih jelas, berikut ini ada beberapa manfaat dari biji semangka.

Beberapa Manfaat Biji Semangka Yang Jarang Diketahui Orang

Cemilan Sehat Yang Rendah Kalori

Rendah Kalori

Buah semangka merupakan salah satu buah yang sehat dan rendah kalori. Tidak heran kalau biji semangka juga bisa anda manfaatkan untuk dijadikan sebagai cemilan sehat yang rendah kalori. Biji semangka memiliki kadar protein yang mampu membuat anda lebih kenyang dan menekan nafsu makan. Oleh sebab itu, biji semangka ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan sehat yang berprotein tinggi untuk orang yang sedang menerapkan diet vegetarian.

Membuat Kulit Lebih Glowing

Kulit Lebih Glowing

Manfaat Biji Semangka yang paling mencengangkan adalah mampu mencerahkan kulit karena kandungan nutrisi didalamnya, seperti magnesium, zinc dan juga antioksidan. Kandungan zinc tersebut bisa membantu melindungi kulit dari jerawat. Selain itu, senyawa magnesium sendiri mampu mencegah penuaan dini dan penyakit-penyakit yang sering muncul karena faktor usia. Tidak hanya itu, protein yang terkandung didalam biji semangka juga bisa membantu untuk mencerahkan dan juga meremajakan kulit.

Melindungi Organ Jantung

Manfaat Biji Semangka

Meskipun banyak orang yang sering meremehkan biji semangka, tetapi ternyata sangat berperan penting dalam melindungi organ vital manusia yaitu jantung. Selain itu, biji semangka juga memiliki kandungan potasium dan magnesium yang akan membantu dalam mengatur tekanan darah. Tidak hanya itu, biji semangka juga bisa bermanfaat untuk menjaga kadar cairan tubuh dan darah, serta melindungi jantung dari penyakit dan juga stroke.

Mengandung Lemak Sehat

semangka

Apakah anda tahu kalau manfaat biji semangka dari bagian terkecilnya ternyata mengandung lemak sehat. Biji semangka sangat berperan sebagai salah satu sumber makanan yang mengandung lemak sehat untuk tubuh. Lemak sehat sendiri berperan penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Tidak hanya itu, biji semangka juga bisa mengurangi resiko terkena stroke dan juga penyakit jantung. Dengan begitu anda bisa menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi biji semangka.

Sangat Baik Untuk Ibu Hamil

Ibu Hamil

Wanita yang sedang hamil ternyata bisa mempertimbangkan untuk mengkonsumsi biji semangka yang diolah menjadi cemilan sehat. Anda bisa mengkonsumsi olahan biji semangka setiap harinya. Karena biji semangka memiliki manfaat untuk menurunkan peluang lahir prematur. Bagaimana bisa? tentu saja hal tersebut didapatkan dari kandungan folat tinggi yang terdapat di dalam biji semangka. Namun kebutuhan folat ibu hamil tidak bisa hanya bergantung pada biji semangka ini saja.

Tinggi Magnesium

Manfaat Biji Semangka

Manfaat Biji Semangka yang terakhir didapatkan dari kandungan magnesium yang terdapat di dalam biji semangka. Senyawa magnesium di dalam 4 gram biji semangka bisa memenuhi 5% kebutuhan harian magnesium anda loh. Mineral magnesium sendiri memiliki peran penting dalam menjaga fungsi otot dan saraf. Tidak hanya itu, senyawa magnesium ini juga bermanfaat untuk kesehatan tulang, jantung dan juga sistem imun tubuh anda.

Most Popular