31.6 C
Tangerang
Saturday, August 13, 2022
Home Health Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan Tubuh Dapat Membuatmu Hidup Lebih Lama!

Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan Tubuh Dapat Membuatmu Hidup Lebih Lama!

Tanaman brotowali merupakan salah satu ramuan Ayurvedic yang sudah digunakan dan sangat dianjurkan dalam pengobatan India selama berabad-abad lamanya. Dalam bahasa sansekerta sendiri brotowali berarti “Amrita” atau secara harfiah diterjemahkan menjadi “akar keabadian” karena tanaman ini mengandung banyak khasiat. Oleh karena itu, di India sendiri hampir semua pengobatan alternatif akan menggunakan tanaman ini sebagai obat penyembuhan.

Seorang ahli gizi yang bernama Anshul Jaibharat mengungkapkan bahwa “Batang brotowali memiliki kegunaan maksimal. tetapi akarnya juga dapat digunakan, manfaat dan kegunaannya juga sudah disetujui oleh FDA (Food and Drug Administration). Anda bisa mengkonsumsi tanaman ini dengan cara dibuat sebagai jus atau dalam bentuk bubuk atau kapsul. Dengan mengkonsumsi brotowali maka anda akan mendapatkan banyak manfaat sekaligus. Berikut ini ada beberapa Manfaat Brotowali untuk kesehatan tubuh.

Beberapa Manfaat Brotowali Yang Wajib Diketahui

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat Brotowali

Salah satu dokter yang bernama Dr, Ashutosh mengatakan “Brotowali adalah ramuan universal yang membantu meningkatkan kekebalan”. Hal tersebut dikarenakan tanaman ini mengandung pembangkit tenaga antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas, menjaga sel-sel dalam tubuh dan mampu menyingkirkan penyakit.

Sehingga akan membuat seseorang menjadi lebih terjaga kekebalan tubuhnya. Selain itu, tanaman ini juga dapat membantu menghilangkan racun, membersihkan darah, melawan bakteri yang akan menyebabkan berbagai penyakit serta mampu memerangi penyakit hati dan infeksi saluran kemih.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

pencernaan

Seorang ahli gizi yang berbasis di Delhi bernama Anshul Jaibharat mengatakan bahwa “ Brotowali sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengobati masalah terkait usus”. Sehingga jika anda mengkonsumsi brotowali maka kesehatan pencernaan anda akan tetap terjaga. Anda bisa mengkonsumsi setengah gram bubuk brotowali secara teratur agar mendapatkan manfaat untuk saluran pencernaan anda. Untuk hasil yang lebih maksimal maka anda bisa menambahkan jaggery atau gula myanmar untuk mengobati masalah sembelit.

Mengurangi Stres dan Kecemasan

Manfaat Brotowali

Manfaat Brotowali selanjutnya adalah mampu mengurangi stres dan rasa cemas yang berlebihan. Hal tersebut dikarenakan tanaman ini juga bisa berguna sebagai ramuan adaptogenik sehingga bisa menghilangkan stres mental yang dimiliki oleh seseorang. Selain itu, mengkonsumsi brotowali juga bisa membantu menyingkirkan racun, meningkatkan memori, menenangkan anda dan dapat menjadi tonik kesehatan yang sangat baik. Untuk hasil yang lebih maksimal maka anda bisa mengkombinasikan brotowali dengan herbal lain.

Meningkatkan Penglihatan

mata

Di beberapa bagian negara India, tanaman brotowali banyak diaplikasikan pada mata agar dapat membantu meningkatkan kejernihan penglihatan. Itu sebabnya banyak orang disana yang menggunakan tanaman ini untuk meningkatkan penglihatan mereka. Jika anda ingin melakukan cara ini maka anda harus merebus bubuk brotowali dalam air. Kemudian biarkan sampai dingin dan oleskan di atas kelopak mata. Dengan begitu penglihatan anda akan semakin tajam dan akan terhindar dari kerabunan.

Mengurangi Gejala Sesak Napas

sesak

Brotowali juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi gejala sesak nafas seperti asma. Asma akan menyebabkan seseorang menjadi kesulitan bernafas, sesak dada, batuk, menggigil dan masih banyak lagi. Asma akan membuat seseorang sangat kesulitan dalam melakukan segala aktivitas terlebih lagi jika asma kabuh pada saat saat yang tidak tepat. Untuk itu jika anda ingin mengurangi gejala asma maka anda bisa mengunyah akar brotowali atau minum jus brotowali agar anda bisa mengurangi gejala sesak nafas ini.

Mengobati Arthritis

manfaat brotowali

Manfaat Brotowali yang terakhir adalah mampu mengobati penyakit arthritis. Hal tersebut dikarenakan tanaman brotowali mengandung sifat anti inflamasi dan anti rematik yang bisa membantu dalam mengobati arthritis dan beberapa gejala lainnya. Jika anda mengalami nyeri sendi maka anda bisa mengkonsumsi bubuk dari batang brotowali yang direbus dengan susu dan bisa anda konsumsi secara teratur.

Most Popular