31.6 C
Tangerang
Friday, August 12, 2022
Home Health Manfaat Bumbu Dapur Lokal Yang Mungkin Saja Kamu Belum Tahu!

Manfaat Bumbu Dapur Lokal Yang Mungkin Saja Kamu Belum Tahu!

Bumbu dapur merupakan kunci dari kelezatan suatu makanan. Terlebih lagi bumbu dapur lokal yang digunakan untuk membuat masakan Indonesia. Tidak lengkap rasanya apabila makanan yang dicicipi seperti kekurangan bumbu. Namun, pernahkah anda mengira bahwa bumbu-bumbu dapur yang biasa anda gunakan sebagai penambah rasa masakan bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak perlu diragukan lagi kalau Manfaat Bumbu Dapur Lokal sangatlah banyak, terutama bagi kesehatan tubuh.

Anda tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk bisa mendapatkan manfaat dari bumbu-bumbu dapur ini untuk kesehatan anda. Karena beberapa bumbu dapur lokal ini dapat anda temukan dengan mudah dimana saja dan harganya juga relatif murah. Tidak perlu menggunakan bumbu dapur mahal dari luar negeri karena ada bumbu dapur lokal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini ada beberapa bumbu dapur lokal yang bisa memberikan cita rasa lezat sekaligus menjaga kesehatan anda.

Berbagai Manfaat Bumbu Dapur Lokal Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Lada Hitam

Manfaat Bumbu Dapur Lokal

Lada hitam merupakan bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai tambahan akhir pada beberapa masakan. Akan tetapi, anda jangan menganggap remeh lada hitam, karena bumbu dapur tersebut sangat kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Selain itu, lada hitam juga memiliki kandungan anti peradangan. Dengan penambahan lada hitam pada setiap masakan dipercaya bisa membantu penyerapan nutrisi-nutrisi penting yang ada dalam masakan tersebut, seperti selenium, kalsium dan masih banyak lagi.

Serai

Serai

Serai atau biasa disebut sereh ini juga sudah sering digunakan sebagai bumbu dapur. Namun, siapa sangka kalau serai ini juga bisa bermanfaat sebagai aromaterapi yang sangat menenangkan. Hal tersebut dikarenakan aromanya yang harum dan menenangkan. Selain itu, serai juga mengandung antioksidan yang mampu menghambat pertumbuhan beberapa bakteri dan jamur. Serai sangat bermanfaat untuk melancarkan menstruasi, meringankan rasa sakit dan bengkak, menurunkan demam dan menjaga kadar gula darah serta kolesterol.

Pala

Pala

Manfaat Bumbu Dapur Lokal selanjutnya didapatkan dari pala yang sering disebut mirip jahe. Pala dapat bermanfaat untuk memberikan efek menghangatkan dan juga memiliki aroma khas yang kuat. Tidak hanya itu, pala juga mengandung antioksidan yang tinggi dan mengandung anti peradangan. Selain itu, pala juga dipercaya memiliki kandungan antimikroba yang dipercaya bisa melawan beberapa jenis bakteri, seperti Streptococcus, Aggregatibacter actinomycetemcomitans dan Porphyromonas gingivalis yang biasanya menyebabkan kerusakan gigi.

Cabai

Cabai

Bagi orang Indonesia, rasanya gak lengkap kalau makanan tidak ada sensasi pedas. Itu sebabnya hampir semua orang Indonesia suka pedas dan selalu menambahkan cabai ke dalam masakannya. Cabai mengandung senyawa capsaicin yang dapat membuat cabai menjadi pedas. Senyawa tersebut juga yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, cabai juga dinilai dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Anda bisa mengkonsumsi cabai dalam bentuk bubuk, cabai kering atau cabai yang masih segar.

Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang putih hampir selalu ada dalam setiap masakan sehari-hari. Bawang putih juga sudah dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal tersebut dikarenakan bawang putih mengandung allicin yang membuatnya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat dari bawang putih adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi, kolesterol dan mengatasi pilek. Anda hanya perlu mengkonsumsi bawang putih dalam beberapa cara.

Jahe

Manfaat Bumbu Dapur Lokal

Manfaat Bumbu Dapur Lokal yang terakhir dari bumbu dapur bernama jahe. Jahe sudah terkenal sangat ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan, salah satunya adalah masuk angin. Jahe juga kerap dijadikan sebagai obat tradisional untuk anti mual dan meringankan rasa sakit. Anda bisa menggunakan jahe untuk mengatasi rasa mual secara umum dan juga mengatasi mual pada masa kehamilan, mual karena mabuk perjalanan atau mual sehabis melakukan kemoterapi. Pada dasarnya, jahe sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Most Popular