31.6 C
Tangerang
Monday, August 8, 2022
Home Lifestyle Manfaat dari Olahraga Voli Saat Melakukannya dengan Rutin

Manfaat dari Olahraga Voli Saat Melakukannya dengan Rutin

Inajournal.com – Siapa yang suka sekali dengan olahraga Voli? Sejak sekolah mungkin kamu ikut organisasi ekstrakulikuler voli? Atau memang hobi kamu ini bermain bola voli? Kalau iya! Hal ini menjadi kegiatan yang sangat bagus untuk tubuh dan kesehatanmu! Voli merupakan jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh siapapun, segala usia dan demografi manapun. Karena banyak sekali manfaat dari olahraga Voli!

 

Bermain bola voli ini merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan apalagi sungguh bisa buat kamu tidak stress lagi. Namun jika kamu melakukan olahraga satu ini dengan rutin maka akan ada manfaat olahraga voli yang bisa kamu dapatkan seperti cegah Osteoporosis contohnya. Ternyata bermain Voli ini sama seperti latihan aerobik, manfaat yang ditawarkan pun sangat beragam terutama ketika kamu melakukannya dengan rutin. 

 

Bagi kesehatan tentu saja manfaatnya sangat bagus dan wajib kamu dapatkan untuk melakukan kegiatan satu ini. Selain menyenangkan memang permainannya ini sangat butuh basic daya tangkap yang luar biasa dengan kefokusan yang tinggi. Langsung saja buat kamu yang penasaran akan manfaatnya bisa cari tahu dari sederetan manfaat berikut dari main dan olahraga volly.

 

Berikut Manfaat dari Olahraga Voli Bagi Tubuh dan Kesehatan Jika Dilakukan Rutin

manfaat-dari-olahraga-voli

  1. Bakar Kalori dan Bantu Turunkan Berat Badan
    Sebagai Olahraga fisik dengan membutuhkan gerakan yang sangat banyak, tentu saja manfaat dari olahraga voli ini membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Tentu saja kegiatan ini bisa bakar kalori dari 90 sampai 133 kalori. Bila kamu bermain indoor nonkompetitif sekitar 30 menit makan kalori yang terbakar akan bervariasi tergantung berat badan seseorang. Sedangkan Voli kompetitif itu bisa membakar 120 sampai 178 kalori. Selanjutnya permainan voli ini yang dilakukan di pantai selama satu jam maka bisa membakar kalori hingga 480 kalori. Karena olahraga ini cocok buat kamu yang ingin turunkan berat badan maka selain berat badan bisa turun namun tubuhmu juga akan sehat dan terlihat segar.
  2. Tingkatan Kekuatan Otot
    Voli ini jenis latihan beban yang bisa dikombinasikan dengan latihan Kardiovaskular. Pemain perlu terus berlari dan harus beraksi dengan cepat sehingga situasi ini bisa kamu kendalikan selama bermain. Olahraga ini akan kukatakan bagian tubuh terutama bagian lengan dan bahu serta otot dan kaki di bagian bawah. Lebih dari itu, namamu Voli juga bisa sebagai olahraga yang berikan kekuatan hampir semua otot di tubuh. Menambahkan dari Livestrong, voli juga bisa perkuat sistem pernapasan sehingga mampu tingkatkan sirkulasi dan mengedarkan lebih banyak darah, oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Demikian hal ini meningkatkan fungsi tubuh dan kesehatan secara menyeluruh.
  3. Tingkatkan Metabolisme
    Meningkatkan metabolisme tubuh sebagai manfaatnya, dimana tubuh akan menggunakan energi untuk meningkatkannya. Melakukan olahraga ini termasuk bermain voli bisa sebagai salah satu cara terbaik untuk melakukan prosesnya. Pada tingkat metabolisme yang tinggi inilah bisa dibilang sebagai distribusi energi ke berbagai organ yang berada di tingkat optimal.
  4. Kurangi Stress dan Kecemasan
    Kamu yang sedang mengalami peningkatan stress terus menerus maka hal ini akan berefek buruk pada kesehatan. Olahraga, terutama bisa melibatkan konsentrasi layakanyta voli yang bisa bantu dalam meredakan stress. Voli ini bisa dibutuhkan konsentrasi yang konstan dan memaksa pemain bisa melepaskan diri secara mental dari pikirannya yang ganggu fokus pada permainannya. Karena, bermain voli juga bisa dukung kesehatan mental seseorang.
  5. Tingkatkan Kesehatan Kardiovaskular
    Banyak sekali memang kombinasi yang menggunakan otot sebagai energi dalam bermain permainan bola voli ini. Manfaat dari olahraga Voli ini membuat jantung dan paru bisa terpompa sampai dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Perlu diketahui kalau memiliki jantung yang sehat artinya jantung bisa memompa banyak darah ke seluruh tubuh dan tidak perlu bekerja keras ketika memompanya. Jantung yang lebih efisien ini akan buat tekanan darah cenderung lebih rendah sehingga bisa kena penyakit jantung. Maka bagus sekali buat kamu yang rutin bermain voli! Nah kalau kamu suka bermain voli tentu saja akan mendapatkan kelima manfaat di atas!

 

Most Popular