31.6 C
Tangerang
Sunday, September 25, 2022
Home Health Manfaat Jus Alpukat Bagi Ibu Hamil, Tinggi Kandungan Antioksidan

Manfaat Jus Alpukat Bagi Ibu Hamil, Tinggi Kandungan Antioksidan

Inajournal.com – Sepertinya semua orang sudah mengetahui kalau Alpukat sering dianggap sebagaiĀ  makanan super karena nutrisinya yang padat. Karena nutrisinya yang tinggi, alpukat dikenal dapat mengendalikan atau mencegah penyakit, alpukat juga cocok dikonsumsi dalam berbagai bentuk dan salah satu yang jadi favorit banyak orang yaitu dijadikan jus. Alpukat wajib dikonsumsi siapapun, termasuk untuk ibu hamil yang rentan pada penyakit, tidak hanya itu saja alpukat juga memiliki kandungan beberapa nutrisi penting untuk ibu hamil dan janin, seperti folat dan potassium. Berikut ini manfaat jus alpukat bagi ibu hamil.

Manfaat Jus Aplukat Bagi Ibu Hamil, Wajib Rutin Dikonsumsi

Manfaat-Jus-Alpukat

  1. Mencukupi Kebutuhan Serat
    Serat merupakan bagian penting untuk mengoptimalkan kesehatan selama masa kehamilan, serat juga mampu mempromosikan gerakan usus yang sehat dan membantu mengurangi resiko diabetes gestasional dan juga preeklamsia untuk ibu hamil. Namun sayangnya, masih banyak ibu hamil yang belum mendapatkan cukup serat, tapi untungnya masalah kuragnya asupan serat ini mampu diatasi dengan rutin mengkonsumsi alpukat. Untuk setengah butir alpukat sendiri menyediakan sekitar 7 gram serat atau setara dengan 25 persen dari rekomendasi serat harian, jadi jangan sampai lupa mengkonsumsi alpukat secara rutin. 
  2. Membantu Penyerapan Nutrisi
    Manfaat jus alpukat yang selanjutnya yaitu membantu penyerapan nutrisi, alpukat bisa mendukung kesehatan karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Buah yang satu ini juga memiliki kecenderungan untuk membantu tubuh menyerap nutrisi lain dari makanan yang kamu konsumsi, oleh karena itu alpukat jadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi untuk diet maupun ibu hamil karena manfaatnya yang baik untuk menyerap nutrisi lainnya. Misalnya sayuran yang berdaun atau ubi jalar, alpukat akan membantu menyerap antioksidan karotenoid darinya yang nantinya dengan mudah diasimilasi ke dalam tubuh, alpukat juga membantu dalam penyerapan vitamin yang larut di dalam lemak. Oleh karena itu alpukat baik dikonsumsi ibu hamil agar makanan lain yang dikonsumsi dapat terserap dengan baik. 
  3. Menyediakan Lemak Sehat
    Yang selanjutnya yaitu alpukat menyediakan lemak sehat yang baik untuk tubuh, lemak sendiri sangat penting untuk kehamilan. Lemak juga akan membuat makanan terasa lezat, sehingga menambahkan sumber lemak ke makanan bisa membantu meningkatkan kepuasan. Alpukat kaya akan lemak sehat, yaitu lemak tak jenuh tunggal, lemak dalam alpukat juga mampu membantu meningkatanĀ  kesehatan jantung, mengatur kadar gula darah dan mampu membantu kamu tetap kenyang di antara waktu makan. Jadi bagi kamu yang sedang diet tidak merasa ingin ngemil karena sudah merasa kenyang. 
  4. Menjaga Tingkat Tekanan Darah Yang Sehat
    Manfaat jus alpukat yang selanjutnya yaitu dapat menjaga tingkat tekanan darah yang sehat, alpukat menjadi sumber magnesium dan potassium, mineral yang sangat penting untung mengatus tekanan darah yang sehat. Oleh karena itu mengkonsumsi alpukat selama masa kehamilan mampu membantu mengurangi resiko terkena hipertensi gestasional , dalam sebuah studi yang melibatkan 263 perempuan hamil ditemukan kalau peserta yang mengkonsumsi 250 hingga 300 mg kalium harian lebih banyak berhasil mengalami penrunan resiko terkenal tekanan darah tinggi. Alpukat sendiri merupakan sumber kalium yang kaya, yang mana setengah butir alpukat memiliki kandungan 485 mg kalium. Tidak hanya itu saja, alpukat juga merupakan sumber magnesium, mineral yang sangat penting untuk mengendalikan tekanan darah. 
  5. Memiliki Kandungan Antioksidan Yang Baik Untuk Janin
    Yang selanjutnya buah alpukat memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk janin, antioksidan sendiri sangat diperlukan oleh tubuh untuk melindungi diri dari kerusakan sel. Alpukat sendiri kaya dengan antioksidan karotenoid lutein yang penting untuk perkembangan fungsi otak pada janin dan perkembagan mata, antioksidan ini juga ditemukan dalam ASI dan kadarnya terkait langsung dengan asupan ibu. Maka dari itu makan lebih banyak alpukat selama masa kehamilan dan ketika menyusui bisa meningkatkan kadar karotenoid ASI, jika rutin mengkonsumsi alpukat selama masa kehamilan tentunya akan membantu perkembangan janin kamu. Namun meskipun begitu, tetap saja jangan mengkonsumsi berlebihan karena apapun yang dikonsumsi berlebihan tidak baik, jangan lupa selingi dengan makanan sehat yang lainnya.

 

Most Popular