31.6 C
Tangerang
Saturday, August 20, 2022
Home Beauty Manfaat Kantung Teh Bekas Untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

Manfaat Kantung Teh Bekas Untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

inajournal.com – Kebanyakan orang setelah membuat teh akan langsung membuang kantung teh bekasnya, padahal ada banyak manfaat kantung teh bekas untuk kesehatan hingga kecantikan. Teh merupakan minuman favorit banyak orang di belahan dunia, teh juga dapat dikonsumsi secara dingin maupun panas, saat siang hari kamu bisa menyeduh teh untuk menyegarkan kerongkongan kamu, di malam atau pagi hari kamu bisa membuat teh hangat untuk menghangatkan tubuh kamu.

Tapi setelah membuat teh sebaiknya jangan membuang ampas teh atau kantung the terlebih dahulu karena ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kantung teh bekas. Mulai dari menyembuhkan luka hingga untuk menghilangkan jerawat, berikut ini manfaat teh bekas yang wajib kamu ketahui.

Manfaat Kantung Teh Bekas Untuk Kecantikan

  1. Untuk Mengurangi Kantung Mata
    Manfaat kantung teh pertama yang seperti nya sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang yaitu dapat mengurangi kantung mata kamu, ketika kamu terlalu lama membaca atau bekerja di depan laptop, mata akan mengalami gejala mata lelah yang sangat mengganggu. Mulai dari rasa perih, berair, hingga mata yang memerah, untuk mengatasi hal ini terjadi kamu bisa menempelkan kantong teh celup bekas di kedua matamu untuk mengurangi efek mata lelahnya. Begitu juga jika kamu kurang tidur karena harus begadang semalaman menyelesaikan pekerjaan, pastinya akan muncul kantung hitam di area bawah mata kamu. Dengan cara menempelkan teh celup bekas di kedua mata kamu selama 15 menit setiap harinya cukup ampuh untuk menghilangkan kantung mata yang menghitam.

  2. Mengobati Luka Bakar
    Manfaat Kantung Teh Bekas
    Manfaat kantung teh bekas selanjutnya yaitu dapat mengobati luka bakar, ketika kamu terkena luka bakar, kamu bisa langsung menempelkan teh celup bekas ke bagian yang terdapat luka bakar tersebut. Di dalam teh bekas tersebut ada zat pendingin yang akan membantu menyembuhkan luka bakar. Namun jika ukuran lukanya cukup besar seperti saat kulitmu yang sensitif terbakar matahari dan terasa perih, kamu dapat berendam terlebih dahulu di dalam air yang sudah diberikan kantong teh celup bekas. Tidak hanya mengobati luka bakar saja, teh celup bekas ini juga dapat mengobati luka lainnya seperti memar memar di tubuhmu akibat pembuluh kapiler yang pecah.

  3. Mengobati Gatal Digigit Serangga
    Saat kamu digigit serangga pasti akan terasa gatal di kulit, biasanya gatal ini kalau di garuk secara terus menerus akan menimbulkan luka pada kulit, memang gigitan serangga tidak terlalu berbahaya, tapi rasa gatalnya akan membuat kamu merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan kantung teh yang berisi ampas teh, hal ini karena teh memiliki kandungan zat antihistamin yang bermanfaat untuk mengatasi rasa gatal dan kemerahan di kulit, sehingga cukup ampuh untuk mengatasi rasa gatal dan kemerahan pada kulit setelah kamu digigit serangga.

  4. Menghilangkan Noda Bekas Jerawat
    Manfaat kantung teh bekas selanjutnya yaitu dapat menghilangkan noda bekas jerawat, adanya jerawat diwajah kamu memang membuat seseorang tidak percaya diri, terlebih lagi saat jerawat sedang meradang atau saat sudah kering dan meninggalkan bekasnya. Untuk menghilangkan noda bekas jerawat ini kamu bisa memanfaatkan teh kantong bekas sebagai masker yang cukup ampuh untuk hilangkan noda bekas jerawat, caranya sangat mudah, pertama buka kantong teh celup bekas, kemudian tambahkan sedikit air, sampai seperti masker. Kemudian kamu tinggal oleskan bekas teh ke seluruh wajah dan tunggu hingga beberapa menit baru bisa membalasnya. Selain dapat menghilangkan bekas jerawat, teh ini juga dapat membuat kulit kamu lebih cerah.

  5. Melembabkan Kulit
    Tidak hanya dapat membuat jerawat dan bekasnya menghilang, ternyata teh celup bekas juga ampuh untuk dijadikan lulur badan yang berfungsi untuk melembabkan tubuh dan membuat kulit menjadi lebih lembut. Caranya sangat mudah, pertama kamu rendam ampas teh selama semalam atau minimal 12 jam, dan pastikan agar tidak ada kotoran yang masuk dengan menutup tempat perendaman. Setelah 12 jam, kamu bisa langsung balurkan teh ke seluruh badan, seperti saat kamu menggunakan lulur biasa, jika sudah melakukan pemijatan sedikit dan biarkan hingga mongering, barulah kamu bisa membilasnya dengan air bersih, cara ini akan mengangkat sel sel kulit mati yang ada di kulit kamu sehingga kulit menjadi lebih cerah.

Most Popular