31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Health Manfaat Lain Dari Jahe, Tak Hanya Untuk Menghangatkan Tubuh

Manfaat Lain Dari Jahe, Tak Hanya Untuk Menghangatkan Tubuh

Tahukah kamu manfaat lain dari jahe? Siapa yang tak mengenal rempah rempah Indonesia yang satu ini. Jahe merupakan rempah rempah asli asal Indonesia yang banyak dikonsumsi orang orang Indonesia, selain untuk bahan masakan, jahe juga digunakan untuk bahan minuman.

Banyak minuman yang berbahan dasar jahe, jahe sendiri memiliki cita rasa khas yang unik, biasanya jika dibuat minuman jahe dapat menghangatkan tubuh. Maka dari itu jahe cocok banget di minum ketika musim dingin dan bisa juga untuk menurunkan berat badan.

Jika dalam masakan jahe biasa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan atau olahan makanan lain yang berbau amis, Ternyata manfaat jahe tak hanya untuk menghangatkan tubuh saja, jahe juga memiliki manfaat lain yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu. Manfaat apa sajakah yang terkandung dari jahe.

Ternyata Ini Manfaat Lain Dari Jahe Yang Baik Untuk Tubuh

Manfaat lain dari jahe

Jahe memang terkenal untuk menghangatkan tubuh, rasa hangat nya akan membuat tubuh merasa rileks dan hangat, namun selain itu ternyata jahe punya manfaat yang luar biasa untuk tubuh kamu. Ini lah manfaat dari jahe

Menurunkan Kolesterol

Memiliki kolesterol yang tinggi pada tubuh juga tidak baik untuk kesehatan, dan akan memicu berbagai penyakit serius. Dan ternyata jahe dapat menurunkan kadar kolesterol yang ada di tubuh, jahe diklaim ampuh untuk menurunkan kolesterol, namun efektivitas jahe terhadap kadar kolesterol masih perlu penelitian lebih lanjut.

Mencegah Infeksi Bakteri dan Virus

Manfaat lain dari jahe selanjutnya yaitu dapat menangkal virus dan juga infeksi bakteri. Hal ini didukung dengan kandungan gingerol dalam jahe yang mampu menghambat infeksi bakteri, seperti shigella, E.coli dan bakteri lainnya. Dan jahe juga mampu menangkal infeksi virus RCV yang menyerang saluran pernapasan. Tak hanya itu, jahe juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah kerusakan DNA tubuh, stres dan dapat mengatasi pilek dan flu.

Penangkal Rasa Mual

Manfaat jahe selanjutnya adalah menangkal rasa mual, rasa mual pasti akan sangat mengganggu aktivitas sehari hari. Jahe salah satu minuman yang mampu mengatasi rasa mual yang kamu rasakan dengan mengurangi gas di dalam perut, manfaat jahe untuk menangkal rasa mual ini dapat kamu gunakan untuk mengatasi mual pasca operasi, mual saat hamil, serta mual setelah melakukan prosedur kemoterapi. Khusus untuk ibu sedang hamil, diskusikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Rasa tidak nyaman karena gangguan pencernaan berupa, seperti dispepsia atau sakit maag dapat diredakan dengan mengkonsumsi jahe. Jahe memiliki fungsi mempercepat waktu pengosongan lambung, sehingga dapat mengurangi kemungkinan timbulnya masalah perut.

Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat lain dari jahe tidak hanya mengatasi gangguan pencernaan saja, tapi juga dapat meningkatkan fungsi otak, serta berpotensi mengatasi penyakit Alzheimer. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa jahe mampu meningkatkan fungsi kognitif pada wanita yang telah berusia 50 tahunan.

Meringankan Gejala Arthritis

Pembengkakan pada daerah persendian menjadi salah satu gejala Artritis, dan jika hal ini terjadi, cobalah untuk mengobatinya dengan mengonsumsi atau menumbuk jahe dan ditempelkan pada area yang mengalami pembengkakan. Salah satu jenis arthritis yang bisa diatasi dengan jahe adalah osteoarthritis.

Berpotensi Menangkal Kanker

Manfaat lain dari jahe dalam menghambat kanker memang belum menemukan kesimpulan yang pasti. Namun beberapa penelitian menyebutkan kalau kandungan gingerol di dalam jahe menjadi alternatif terapi penyembuhan untuk para pengidap kanker, namun jangan konsumsi jahe berlebihan, sebab jika dikonsumsi berlebihan jahe dapat menyebabkan perut kembung, sakit perut, mules dan bisa menyebabkan diare.

Sebaiknya jangan konsumsi jahe lebih dari 4 gram per harinya, bagi orang yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah juga tidak disarankan mengkonsumsi jahe dalam bentuk apapun. Agar lebih jelas bisa konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, sama seperti ibu hamil yang tidak boleh asal mengkonsumsi air jahe.

Most Popular