31.6 C
Tangerang
Friday, September 30, 2022
Home Health Manfaat Minum Susu Kedelai, Baik Untuk Ibu Hamil Dan Kesehatan

Manfaat Minum Susu Kedelai, Baik Untuk Ibu Hamil Dan Kesehatan

Inajournal.com – Selama masa kehamilan, sangat penting untuk meninjau diet dengan cermat untuk melihat apakah kamu harus menambah atau mengganti makanan tertentu untuk memastikan kehamilan tetap sehat. Salah satu yang wajib dikonsumsi ibu hamil yaitu susu, karena memiliki kandungan yang baik untuk perkembangan janin, dari sekian banyak susu yang bisa kamu konsumsi, salah satu yang bisa kamu pilih yaitu susu kedelai. Banyak orang memilih susu kedelai karena banyak manfaatnya, bagi ibu hamil yang intoleransi laktosa, mengkonsumsi susu kedelai bisa jadi salah satu pilihan. Berikut ini manfaat minum susu kedelai.

Manfaat Minum Susu Kedelai, Wajib Kamu Ketahui!

Manfaat-Minum-Susu-Kedelai

  1. Meningkatkan Level Energi
    Banyak ibu hamil mengeluh mudah lelah dan tidak berenergi sepanjang waktu selama masa kehamilan, tapi tenang saja karena ibu hamil dapat meningkatkan level energi mereka dengan minum susu kedelai. Susu kedelai sendiri dikemas dengan riboflavin, karbohidrat, dan lemak nabati, semua kandungan ini bisa mengembalikan tingkat energi selama masa kehamilan dan baik untuk perkembangan janin. Ada baiknya rutin di konsumsi tapi tanpa tambahan gula berlebih dan agar lebih terjamin kualitas dan kebersihannya kamu bisa membuatnya sendiri. 
  2. Kontrol Gula Darah
    Manfaat minum susu kedelai yang selanjutnya yaitu dapat mengontrol gula darah, perlu diketahui kalau ibu hamil yang memiliki diabetes gestasional mungkin mendapatkan manfaat jika rutin konsumsi susu kedelai untuk kadar gula darah dan kolesterol mereka. Tapi perlu diingat mengonsumsi susu kedelai tanpa menambahkan gula dan biarkan alami seperti itu saja, dalam sebuah studi yang melibatkan peserta yang diminta untuk mengonsumsi 50 gram kedelai setiap harinya setelah Minggu ke 26 masa kehamilan, hasil dari penelitian tersebut, ibu hamil yang mengonsumsi kedelai dengan diabetes gestasional secara signifikan meningkatkan parameter hemeostasis glukosa, trigliserida, dan biomarker stres oksidatif. Tidak hanya itu saja, dalam penelitian tersebut juga terjadi pengurangan kejadian hiperbilirubinemia baru lahir dan rawat inap, jadi jangan lewatkan susu kedelai dan konsumsi secara rutin. 
  3. Meningkatkan Kekuatan Tulang
    Saat bayi masih berada di dalam perut ibu, bayi sangat membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan ototnyaa. Maka dari itu ibu hamil wajib meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Cara yang tepat untuk membantu meningkatkan kandungan kalsium untuk sang bayi, maka ibu hamil disarankan mengonsumsi susu berkalsium tinggi seperti susu kedelai. Selain membantu menyempurnakan kehamilan pada ibu hamil, susu kedelai juga memiliki fungsi lagi yaitu mengurangi resiko osteoporosis di masa depan. 
  4. Meningkatkan Suasana Hati
    Manfaat minum susu kedelai yang selanjutnya dari susu kedelai yaitu dapat meningkatkan suasana hati, ibu hamil cenderung mengalami perubahan suasana hati yang disebabkan oleh fluktuasi hormon. Dengan mengonsumsi susu kedelai selama masa kehamilan dapat membantu mengurangi masalah perubahan suasana hati, hal ini karena tingginya kandungan vitamin B kompleks dan magnesium dalam susu kedelai yang dapat membantu melepaskan sertonin dalam tubuh yang merupakan anti-depresan alami. Dalam sebuah studi yang dilakukan di Jepang dan bertujuan untuk mengenal efek dari konsumsi kedelai pada gejala depresi pada kehamilan, studi tersebut melibatkan 1.700 perempuan. Hasil dari studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kedelai memberikan manfaat bagi suasana hati selama masa kehamilan, yang mana pasta misi menunjukkan manfaat yang paling signifikan. 
  5. Menurunkan Tekanan Darah
    Manfaat yang selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dari susu kedelai yaitu menurunkan tekanan darah, kehamilan menyebabkan hipertensi pada beberapa perempuan. Ada beberapa hal yang dapat memicu kondisi ini, seperti kelebihan berat badan, kurangnya aktivitas fisik, usia dan masih banyak lagi, dalam sebuah studi membuktikan bahwa susu kedelai sangat membantu menurunkan tekanan darah pada perempuan dan laki-laki dengan hipertensi ringan hingga sedang. Karena susu kedelai menurunkan tekanan darah, terutama tekanan darah diastolic, susu kedelaai tentunya jadi minuman yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan. Tidak perlu diragukan lagi kalau susu kedelai memberikan banyak manfaat yang baik untuk ibu hamil, asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai konsumsi susu kedelai selama masa kehamilan.

Most Popular