31.6 C
Tangerang
Monday, October 25, 2021
Home Health Manfaat Minum Teh Secara Rutin, Bisa Mencegah Kanker

Manfaat Minum Teh Secara Rutin, Bisa Mencegah Kanker

inajournal.com – Ada banyak manfaat minum teh untuk kesehatan jika kamu mengkonsumsinya secara rutin, teh sendiri merupakan salah satu minuman yang sudah menemani masyarakat di Indonesia sejak lama dan sampai saat ini masih menjadi minuman yang dicintai banyak orang. Siapa yang tidak suka dengan minuman yang satu ini, bahkan saat ini teh dibuat menjadi versi yang lebih modern, meskipun banyak varian teh yang unik, namun tetap saja mengkonsumsi teh tanpa campuran apapun menjadi cara yang terbaik. Bagi kamu pecinta teh, ternyata ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin.

Manfaat Minum Teh Secara Rutin Yang Baik Untuk TubuhManfaat-Minum-Teh

  1. Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap
    Minum teh memang sangat menyehatkan dan bisa untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Berbeda dengan kopi yang justru membuat mulut kamu menjadi bau, hal ini karena teh memiliki khasiat yang sebaliknya, manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsi teh secara rutin kamu tidak perlu khawatir dengan bau mulut yang mengganggu. Menurut sebuah penelitian, kandungan polifenol yang ada di dalam teh bisa membunuh bakteri di dalam mulut yang memiliki peran dalam bau tidak sedap, terbukti pertumbuhan bakteri tersebut menurun sekitar 30 persen.

  2. Meningkatkan Kualitas Tidur
    Manfaat minum teh yang selanjutnya yaitu meningkatkan kualitas tidur, bagi kamu yang sering mengalmai kesulitan untuk tidur. Dengan mengkonsumsi teh secara rutin ini bisa mengatasi sulit tidur kamu, ada banyak jenis teh yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kualitas tidur, salah satunya yaitu teh hitam. Menurut sebuah studi dengan mengkonsumsi secangkir teh setiap malamnya bisa membantu menyembuhkan insomnia ringan hingga sedang, bagi kamu yang belum mencobanya, cara ini wajib kamu coba.

  3. Mencegah Alzheimer Dan Parkinson
    Yang selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi teh bisa mencegah Alzheimer dan Parkinson yang mana penyakit degeneratif ini menyerang otak. Keduanya bisa diturunkan melalui genetis, jika keluarga kamu memiliki riwayat penyakit tersebut, kamu wajib segera meminimalkan resikonya mulai sekarang. Salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi penyakit ini bisa dengan cara mengkonsumsi teh setiap hari, menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2019 lalu, teh sendiri memiliki kontribusi yang besar dalam meningkatkan struktur otak.

  4. Membantu Untuk Mencegah Diabetes
    Manfaat minum teh yang selanjutnya yaitu bisa membantu untuk mencegah diabetes, penyakit yang satu ini menjadi pembunuh yang cukup banyak di Indonesia. Permen, biskuit, kue hingga boba saat ini sendiri menjadi makanan yang sedang trend saat ini, tapi seperti yang kita tahu, makanan manis tersebut tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Jika kamu mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan, pastinya gula darah akan naik, begitu juga resiko diabetes, salah satu cara untuk mencegahnya yaitu dengan rutin mengkonsumsi teh tanpa gula, hal ini karena teh memiliki kandungan polysaccharide yang mampu mengontrol risiko diabetes.

  5. Melancarkan Pencernaan
    Yang selanjutnya yaitu mampu melancarkan pencernaan kamu, bagi kamu yang pencernaanya kurang lancar bisa mencoba mengkonsumsi teh dengan rutin mulai saat ini. Hal ini karena zat tannins yang dikandung oleh teh mampu menenangkan usus sehingga dapat mengurangi gejala sakit perut dan diare, selain itu teh juga mampu menjaga keseimbangan bakteri baik yang di dalam perut. Dengan seperti itu pertumbuhan bakteri jahat seperti Salmonella dan H.  pylori pun bisa ditekan, tapi sebaiknya jangan menambahkan susu dan lebih baik mengkonsumsi teh murni.

  6. Mencegah Resiko Kanker
    Manfaat minum teh yang selanjutnya yaitu mampu mencegah resiko kanker, di dalam teh sendiri memang memiliki kandungan berbagai macam zat yang baik untuk kesehatan kamu, misalnya salah satunya polifenol dan antioksidan yang memiliki peran penting. Keduanya memiliki kemampuan untuk menurunkan resiko kanker dengan menghalangi pertumbuhan tumor ganas, beberapa jenis kanker yang bisa kamu dicegah dengan mengonsumsi teh dengan rutin yaitu kanker kulit, kanker prostat, paru-paru dan payudara. Dari sekian banyak manfaat teh yang bisa kamu dapatkan, jangan sia-siakan manfaat ini, teh sendiri memiliki berbagai macam jenis yang bisa kamu konsumsi, seperti teh hijau, teh hitam, teh putih, dan berbagai jenis teh lainnya. Agar manfaatnya bekerja dengan maksimal, sebaiknya hindari mengkonsumsi teh dengan gula dan tambahan lain, karena lebih baik natural.

Most Popular