31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Health Manfaat Olahraga Kardio Untuk Kesehatan Ini Tidak Bisa Disepelekan

Manfaat Olahraga Kardio Untuk Kesehatan Ini Tidak Bisa Disepelekan

Tahukah Anda apa jenis olahraga yang dapat memompa jantung dan menguras keringat? Olahraga kardio atau aerobik dapat mengeluarkan keringat dalam jumlah yang cukup banyak sehingga manfaatnya tidak boleh diremehkan untuk tubuh dan otak. Manfaat olahraga kardio sendiri bisa anda dapatkan mulai dari menjaga daya tahan tubuh sampai menurunkan berat badan. Namun, masih banyak lagi manfaat dari jenis olahraga kardio ini untuk kesehatan tubuh manusia.

Ada beberapa jenis olahraga aerobik yang bisa dilakukan dengan mudah, seperti berlari, jogging bersepeda, berdansa, atau senam. Semua kegiatan tersebut mampu menguras keringat yang cukup banyak. Sehingga dapat dikatakan bahwa latihan aerobik atau kardio dapat melunturkan banyak lemak di dalam tubuh. Selain itu masih banyak sekali manfaat dari olahraga kardio itu, berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa dihasilkan dari latihan kardio.

Manfaat Olahraga Kardio Yang Kerap Disepelekan Oleh Banyak Orang

Olahraga Kardio

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat dari latihan kardio yang pertama adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ada sebuah penelitian yang dilakukan dengan membandingkan sepeda amatir berusia 55 sampai 79 tahun dengan orang yang berusia sama namun tidak pernah berolahraga, terungkap fakta bahwa perbedaan keduanya sangat signifikan. Dimana kelompok pesepeda itu memiliki massa otot yang jauh lebih kuat dan sedikit lemak dibandingkan orang dengan usia sama namun tidak pernah berolahraga. Para pesepeda itu juga terlihat lebih sehat dan sistem imunnya jauh lebih bagus dan bisa dibilang mirip dengan yang dimiliki oleh orang-orang muda. Itu sebabnya melakukan olahraga kardio atau aerobik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki massa otot yang kuat.

Membentuk Otot

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda rasakan dengan melakukan latihan kardio adalah dapat membentuk otot dengan lebih mudah. Dalam hal pembentukan otot, olahraga yang satu ini memang tidak seefektif latihan ketahanan yang di desain khusus untuk meningkatkan kekuatan tubuh. Akan tetapi, dengan memasukkan latihan kardio di dalamnya maka dapat meningkatkan ukuran otot jauh lebih efektif. Seorang peneliti olahraga dari Ball State University mengatakan bahwa olahraga aerobik apabila dilakukan dengan tepat maka dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otot seperti halnya dengan latihan ketahanan. Pada dasarnya, apabila anda bisa rutin dan konsisten melakukan latihan maka pembentukan otot juga akan sama seperti ketika anda melakukan latihan ketahanan.

Menyehatkan Jantung dan Paru-paru

Manfaat olahraga kardio selanjutnya adalah dapat menyehatkan jantung dan paru-paru. Selain itu, olahraga aerobik, terutama berenang dapat melatih tubuh anda dengan menggunakan oksigen yang lebih efisien. Latihan yang satu ini jika dilakukan secara konsisten maka akan mengurangi laju istirahat jantung dan laju pernapasan, 2 indikator dari kesehatan jantung. Sebab, berenang dapat melatih pernapasan dan ketahanan jantung Anda sehingga melakukannya secara rutin akan menyehatkan jantung dan paru-paru.

Memperbaiki Kolesterol

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda rasakan ketika rutin melakukan olahraga kardio adalah dapat memperbaiki kolesterol. Perlu Anda ketahui bahwa salah satu cara yang cukup efektif dalam menurunkan kolesterol dan menjaga berat badan tetap ideal adalah dengan melakukan latihan kardio atau aerobik. Oleh sebab itu, banyak sekali dokter yang menyarankan olahraga aerobik atau kardio ini sebagai langkah utama dalam menurunkan kolesterol jahat pada orang-orang yang memiliki gaya hidup kurang baik. Dengan melakukan olahraga kardio atau latihan aerobik secara konsisten maka kolesterol yang anda miliki lambat laun akan menurun. Anda bisa memilih jenis olahraga kardio yang sesuai dengan kemampuan anda.

Mengurangi Gejala Depresi

Manfaat olahraga kardio yang terakhir adalah dapat mengurangi gejala depresi. Dalam sebuah penelitian, orang yang memiliki depresi berat dan melakukan olahraga berjalan kaki atau treadmill lama 30 menit dalam 10 hari berturut-turut memiliki manfaat untuk mengurangi gejala depresi nya. Orang-orang yang mengalami gejala depresi bisa melakukan olahraga kardio yang ringan seperti berjalan kaki. Setelah melakukan secara rutin dan konsisten maka gejala depresi pada orang tersebut juga akan berkurang. Manfaat yang satu ini juga bisa anda lakukan untuk mengurangi resiko terjadinya depresi akibat tidak bisa mengelola stres dengan baik.

Most Popular