31.6 C
Tangerang
Wednesday, December 7, 2022
Home Foodie Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Dan Memaniskan Hidup

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Dan Memaniskan Hidup

Siapa yang tidak kenal dengan buah pisang? buah ini sangat populer dan banyak disenangi masyarakat karena buahnya yang manis, lezat dan mudah dimakan. Sebagian dari anda pasti sudah tidak asing dengan fakta bahwa pisang ini merupakan sumber kalium dan magnesium yang baik. Apakah anda pernah menduga kalau kedua kandungan tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga fungsi otot dan saraf anda.

Selain itu, mengkonsumsi buah pisang juga bisa menjaga keseimbangan cairan dan pH atau tingkat keasaman tubuh. Pisang juga mengandung pati yang akan berubah menjadi gula seiring dengan meningkatkan kematangan dari buah ini. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan antioksidan seperti senyawa fenol dan karoten yang akan berguna untuk melindungi sel-sel anda dari kerusakan akibat oksidasi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa Manfaat Pisang yang harus anda ketahui.

Beberapa Manfaat Pisang Yang Wajib Diketahui

pis

 

Meningkatkan Daya Konsentrasi Otak

Kandungan kalium yang terdapat di dalam pisang akan membantu anda untuk meningkatkan konsentrasi. Kandungan kalium disini juga akan membuat otak dan saraf berfungsi lebih maksimal. Selain itu, pisang juga sangat kaya dengan magnesium. Zat tersebut juga sangat berperan penting dalam mengirimkan sinyal di antara otak dengan tubuh. Selain itu, magnesium juga bisa membantu untuk perkembangan otak, meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kemampuan pembelajaran.

Mengatur Kadar Gula Dalam Darah

Pisang memiliki kandungan serat pektin yang dipercaya bisa melawan kanker usus. Selain itu, serat yang terkandung di dalam pisang termasuk nutrisi juga berperan sangat penting untuk mengendalikan glukosa dalam darah. Asosiasi Diabetes Amerika juga bahkan menyebutkan bahwa buah pisang tetap baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita penyakit diabetes. Akan tetapi tetap saja dalam mengkonsumsinya harus dalam batas wajar dan dibatasi.

Menyenangkan Hati

Manfaat yang satu ini didapatkan dari kandungan asam amino yang disebut juga dengan triptofan di dalam buah pisang. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan vitamin B6, triptofan juga bisa merangsang produksi hormon serotonin. Hormon serotonin sendiri mampu untuk memberikan sensasi senang pada tubuh dan juga bisa memperbaiki mood seseorang. Dengan mengkonsumsi pisang maka pikiran dan tubuh anda juga akan menjadi lebih rileks.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat selanjutnya adalah bisa melancarkan sistem pencernaan. Tidak dapat dipungkiri kalau buah pisang sangat kaya dengan kandungan serat di dalamnya. Kandungan tersebut yang akan bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Pisang juga memiliki kandungan serat pektin yang bisa melawan kanker usus besar. Meskipun begitu, tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk bisa memberikan bukti akurat mengenai manfaat dari pisang yang satu ini,

Mengenyangkan Perut

Manfaat selanjutnya adalah mampu mengenyangkan perut. Hal tersebut dikarenakan buah pisang mengandung sejenis karbohidrat yang disebut juga dengan resistant starch. Bersama dengan serat pektin, maka nutrisi ini akan mampu dalam memberikan efek mengenyangkan bagi perut. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan buah ini untuk membantu dalam menurunkan berat badan karena pisang akan memberikan efek kenyang.

Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Manfaat Pisang yang terakhir adalah mampu untuk mencegah penyakit kanker dan jantung. Hal tersebut dikarenakan buah ini mengandung antioksidan yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu contoh antioksidan yang terdapat di dalam pisang adalah dopamin dan katekin. Antioksidan tersebut memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi resiko penyakit jantung. Sebuah penelitian juga menemukan ada antioksidan lain seperti lektin dan bisa membantu tubuh untuk membuang radikal bebas sehingga dapat mencegah kerusakan sel yang bisa menyebabkan penyakit kanker.

Most Popular