31.6 C
Tangerang
Sunday, July 3, 2022
Home Health Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Kamu Ketahui!

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Kamu Ketahui!

Inajournal.com – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah, seluruh umat Muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala. Salah satunya dengan menjalankan puasa, saat berpuasa seluruh umat muslim akan menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga matahari tenggelam selama sebulan penuh. Menjalankan puasa tidak hanya mendatangkan pahala saja, namun berpuasa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terlebih lagi saat kita menjalankan puasa secara penuh  selama bulan suci Ramadahan. Apa saja manfaat puasa bagi kesehatan tubuh? Berikut ini ulasannya.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Hingga Kesehatan KulitManfaat-Puasa-Bagi-Kesehatan

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Dengan mengatur pola makan saat berpuasa, maka akan meningkatkan kekebalan tubuh kamu, saat berpuasa kita memang tidak makan dan minum sampai waktu yang ditentukan, namun meskipun begitu justru dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat berbuka penuhi kebutuhan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan serat seperti buah-buahan, terutama buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka, melon, kelapa muda dan masih banyak lagi. Dengan mengkonsumsi buah-buahan saat berbuka puasa kamu akan mendapatkan nutrisi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan ada baiknya hindari mengonsumsi gorengan dan makanan mengandung minyak tinggi.

  2. Membantu Menurunkan Berat Badan
    Manfaat puasa bagi kesehatan yang selanjutnya yaitu membantu menurunkan berat badan, perut kosong saat berpuasa di siang hari akan membantu glukosa berangsur rendah, ketika glukosa habis maka akan terjadi proses ketosis yang dapat memecahkan lemak-lemak secara perlahan. Jadi menjalankan puasa rutin dengan pola makan yang teratur akan membantu untuk menurunkan berat badan, gak cuma dapat pahala bonus tubuh jadi langsing, tapi perlu di ingat juga untuk tidak mengkonsumsi makanan sembarangan saat menjalankan puasa sambil diet.

  3. Membersihkan Racun Di Dalam Tubuh
    Manfaat yang selanjutnya bisa kamu dapatkan dari menjalankan puasa yaitu dapat membersihkan racun yang ada di dalam tubuh. Saat menjalankan puasa tubuh kamu mengalami istirahat dari beratnya makanan yang masuk ke dalam tubuh dan pada saat itulah tubuh akan mengalami pembersihan dari kotoran, racun dan zat yang lainnya yang dapat merusak kesehatan kamu. Di tambah lagi jika kamu mengimbanginya dengan makanan sehat kaya akan nutrisi dan vitamin, habis puasa tubuh jadi makin sehat!

  4. Dapat Meremajakan Sel Kulit Yang Sudah Mati
    Manfaat puasa bagi kesehatan yang selanjutnya mampu meremajakan sel kulit yang sudah mati, puasa tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh tapi juga baik untuk kesehatan kulit. Sel kulit yang sudah mati harus diganti agar kulit tetap kencang dan cerah, ternyata dengan berpuasa dapat mengganti sel kulit yang sudah mati. Hal ini karena saat berpuasa metabolisme tubuh berhenti dan pada saat itu lah sel kulit mengalami peremajaan, pas lebaran wajah jadi makin glowing deh!

  5. Mengurangi Kadar Gula Darah Dalam Tubuh
    Manfaat yang selanjutnya bisa kamu dapatkan dari berpuasa yaitu mengurangi kadar gula dalam tubuh. Saat berpuasa tentunya tidak ada makanan yang masuk sebagai energi di dalam tubuh. Oleh karena itu tubuh menggunakan glukosa yang tersimpah dari sisa asupan saat sahur sebagai energi agar tubuh bisa menahan lapar hinga bedug tiba, dengan berpuasa maka kadar gula darah akan berkuran secara perlahan. Dengan cara ini tentunya baik dilakukan oleh penderita diabetes, tapi ingat lagi saat berbuka puasa jangan sampai kalap dan banyak mengkonsumsi makanan berminyak seperti gorengan. 
  6. Meningkatkan Fungsi Organ Tubuh
    Manfaat puasa bagi kesehatan yang selanjutnya yitu dapat meningkatkan fungsi organ tubuhmu, dengan berpuasa maka kamu akan memberikan ruangan untuk rangsangan sel, jaringan dan juga organ tubuh. Jika puasa dilakukan dengan rutin dan teratur, maka organ tubuhmu berangsur-angsur akan mengalami pemulihan dari rangsangan saat sedang berpuasa, fungsi organ tubuh juga akan mengalami peningkatan tentunya. Itulah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh di bulan suci Ramadahan, tidak hanya bisa mendapatkan pahala, kamu juga akan mendapatkan manfaat sehatnya dari menjalankan puasa selama sebulan penuh, jadi gak sia-sia kita menahan lapar selama seharian. Asalkan tetap dimbangi dengan makanan sehat dan olahraga.

Most Popular