31.6 C
Tangerang
Wednesday, December 7, 2022
Home Health Manfaat Saffron Untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker

Manfaat Saffron Untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker

inajournal.com – Ada banyak manfaat saffron untuk kesehatan yang jarang diketahui, saffron sendiri merupakan salah satu rempah-rempah paling mahal di dunia yang saat ini sedang hits. Harga untuk 1 gramnya saja bisa mencapai Rp 50 ribuan, kamu bisa mendapatkan saffron ini di berbagai marketplace Indonesia, harganya yang mahal karena metode memanen saffron sangat sulit. Rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus ini banyak tumbuh di Yunani, nama Saffron sendiri sebenarnya merujuk pada bagian kepala putik bunga tersebut yang berwarna merah tua sedikit kekuningan.

Untuk memaneh rempah ini, petani harus mencabut bagian tersebut satu persatu dan tidak boleh patah di tengah, kemudian saffron harus dipanaskan terlebih dahulu agar rasa dan aromanya keluar. Saat ini saffron sedang hits dalam dunia kecantikan, cukup banyak face mist atau bahkan masker yang berbahan dasar saffron, selain bermanfaat di bidang kecantikan ternyata saffron juga bermanfaat untuk kesehatan, berikut ini manfaat saffron yang masih jarang diketahui.

Manfaat Saffron Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Manfaat saffron untuk kesehatan

  1. Sumber Antioksidan Yang Kuat
    Manfaat yang satu ini sudah terbukti melalui penelitian, saffron merupakan salah satu sumber antioksidan yang kuat. Beberapa jenis antioksidan yang dikandungnya yaitu crocin, safranal , picro crocin, crocetin dan kaempferol, antioksidan memiliki peran penting bagi tubuh yaitu dapat memerangi radikal bebas yang masuk ke tubuh dan melindungi sel dari stress oksidatif. Keduanya merupakan akar dari berbagai masalah kesehatan, saffron bisa kamu konsumsi menjadi teh maupun dicampurkan ke dalam makanan.

  2. Menyehatkan Jantung
    Manfaat saffron untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat menyehatkan jantung, menurut sebuah studi saffron dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 50 persen dalam eksperimen yang dilakukan. Mengkonsumsi saffron secara rutin dapat meningkatkan kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh, sifat antioksidan yang ada di dalam saffron ini lah yang mampu menjaga kesehatan dan fungsi pembuluh darah, khususnya arteri. Ini sangat penting, karena peran arteri sangat besar untuk menyalurkan oksigen dan darah ke seluruh tubuh, itu mengapa orang dengan penyakit jantung disarankan untuk mengkonsumsi saffron untuk mengiringi pengobatan medis sehingga kondisi pasien tidak semakin buruk.

  3. Mencegah Penyakit Saraf
    Masih berhubungan dengan antioksidan, kandungan antioksidan yang ada di dalam saffron memiliki peran untuk mencegah penyakit saraf, contohnya Parkinson, iskemia otak, dan Alzheimer. Menurut sebuah studi mengatakan kalau dalam hal ini, crocin dalam saffron mampu mengurangi inflamasi dan stres oksidatif yang  merusak otak, dengan seperti orang  yang rutin mengkonsumsi saffron dapat terhindar dari gangguan di atas. Tidak hanya dapat mencegahnya, saffron juga dapat ditambahkan ke dalam pengobatan penyakit saraf, karena ia mampu membantu menghambat kerusakan.

  4. Mencegah Kanker
    Manfaat saffron untuk kesehatan selanjutnya yaitu mencegah kanker, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Antioksidan yang terkandung di dalam saffron dapat menetralkan radikal bebas dan stress oksidatif, dampaknya rempah yang satu ini dapat membantu untuk mencegah dan melawan pertumbuhan sel kanker. Beberapa penelitian menemukan fakta kalau zat yang terkandung dalam saffron ini dapat menekan pertumbuhan sel kanker tanpa membunuh sel normal, crocin yang ada di dalamnya juga membuat sel kanker lebih sensitif pada obat-obatan kemoterapi. Saffron berperan sebagai suplemen tambahan, bukan pengobatan utama, namun beberapa ahli juga sedang melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi khasiat yang satu ini.

  5. Mengurangi Gejala Depresi
    Saffron juga dikenal sebagai sunshine spice, bukan hanya karena warnanya yang mencolok, namun juga karena rempah-rempah yang satu ini dapat mengatasi gangguan mood, terutama depresi. Menurut penelitian, mengkonsumsi saffron sangat efektif untuk mengurangi gejala depresi yang sifatnya ringan hingga sedang, saffron sendiri kurang lebih memiliki efek yang kurang lebih sama dengan antidepresan seperti citalopram, imipramine, fluoxetine.

  6. Meningkatkan Libido
    Manfaat saffron untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat meningkatkan Libido, rempah yang berasal dari Yunani ini berperan sebagai afrodisiak, dalam kata lain saffron mampu meningkatkan gairah dan fungsi seksual serta baik untuk perempuan maupun laki-laki. Laki-laki yang mengalami disfungsi ereksi disarankan untuk mengkonsumsi suplemen saffron, sedangkan untuk perempuan, rempah ini  terbukti meningkatkan lubrikasi pada vagina dan juga libido.

Most Popular