31.6 C
Tangerang
Thursday, December 1, 2022
Home Health Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Senam aerobik pertama kali populer pada akhir tahun 1970 an. Tentu anda sudah tidak asing dengan senam aerobik bukan? Ya, karena hampir di seluruh penjuru kota kerap mengadakan senam aerobik umum pada hari-hari tertentu. Senam aerobik sendiri merupakan serangkaian gerak yang dipadukan dengan irama musik. Namun, apakah anda tahu Manfaat Senam Aerobik apa saja? Atau bahkan anda hanya sekedar melakukannya saja tanpa mengetahui manfaatnya.

Gerakan yang ada dalam senam aerobik biasanya terlihat cukup santai dan tidak terlalu membutuhkan banyak tenaga. Pada saat anda sedang melakukan senam aerobik, maka semua bagian tubuh anda akan digerakan, seperti otot tangan, kaki dan pinggul. Selain itu, dengan senam aerobik juga dapat meningkatkan laju pernapasan dan denyut jantung anda loh. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa manfaat dari senam aerobik untuk kesehatan tubuh anda.

Beberapa Manfaat Senam Aerobik Yang Jarang Diketahui Orang

Mencegah Penyakit Jantung

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan dari senam aerobik adalah mencegah penyakit jantung. Hal tersebut membuat senam aerobik ini sangat cocok untuk anda yang ingin mencegah penyakit jantung. Sebab, senam aerobik ini mampu menstabilkan irama jantung dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Dengan begitu, bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung sehingga anda bisa memiliki jantung yang sehat dan kuat.

Memperpanjang Umur

Manfaat Senam Aerobik

Apakah anda tahu kalau senam aerobik mampu memperkuat kepadatan tulang? Olahraga santai ini juga dapat menjaga fungsi otak dan mencegah terjadinya kepikunan. Sebuah penelitian yang diadakan di Universitas Harvard pada tahun 1986 telah membuktikan bahwa secara ilmiah ada hubungannya antara umur panjang dengan olahraga. Jadi, jika anda ingin memiliki umur yang panjang maka jangan malas untuk berolahraga ya.

Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Manfaat Senam Aerobik yang satu ini merupakan incaran utama semua orang yang gemar senam aerobik. Siapa sih yang tidak ingin memiliki bentuk tubuh proporsional dan ideal. Senam aerobik bisa dikatakan sebagai salah satu olahraga yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan pada saat anda sedang melakukan gerakan senam dengan semangat lebih maka anda sudah membakar kalori dengan optimal. Jika begini, apa anda masih malas untuk senam aerobik?

Meningkatkan Kadar Bahagia

Meningkatkan Kadar Bahagia

Tahukah anda kalau senam mampu melepaskan hormon endorphine? Kira-kira apa sih fungsi dari hormon tersebut? Hormon endorphine merupakan hormon yang dapat membuat anda lebih bahagia dan juga bisa membantu dalam mengurangi stres. Selain itu, dengan melakukan olahraga secara rutin juga bisa membuat anda tidur dengan nyenyak. Tidur yang nyenyak tersebut akan mempengaruhi mood anda keesokan harinya loh. Ternyata senam aerobik juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar bahagia di dalam tubuh ya.

Mencegah Berbagai Penyakit

Mencegah Berbagai Penyakit

Manfaat Senam Aerobik yang terakhir adalah mampu menangkal berbagai penyakit. Dengan melakukan olahraga secara rutin, anda bisa mencegah berbagai macam penyakit loh. Salah satunya adalah dengan rutin senam aerobik, karena senam yang satu ini dinilai ampuh sekali dalam mencegah kanker, kolesterol, serangan jantung dan juga penyakit stroke. Mulai hari ini senam aerobik secara teratur yuk agar tubuh anda menjadi sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Nah, itu dia tadi beberapa Manfaat Senam Aerobik yang bisa anda dapatkan. Dari semua manfaat tersebut, pasti ada salah satunya yang menjadi tujuan utama anda. Senam yang tergolong santai tersebut bisa dilakukan mulai dari remaja sampai orang dewasa. Tentu saja karena gerakannya yang mudah dipelajari. Sehingga kesehatan tubuh anda juga akan tetap terjaga. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu anda dan memberikan informasi lebih untuk anda.

Most Popular