31.6 C
Tangerang
Monday, May 20, 2024
HomeBeautyManfaat Teh Hijau untuk Kulit, Efektif Hilangkan Mata Panda!

Manfaat Teh Hijau untuk Kulit, Efektif Hilangkan Mata Panda!

Inajournal.com – Siapa sih yang tidak tahu dengan teh hijau yang satu ini? Banyak sekali orang yang mempercayai manfaat teh hijau untuk kesehatan maupun kecantikan kulit wajah. Saat ini, banyak sekali orang yang menjalani berbagai macam upaya untuk memiliki kulit wajah yang diinginkan. Menjalani perawatan ke klinik kecantikan atau sekadar melakukan perawatan rutin dirumah.

Padahal, perawatan rutin dirumah pun dapat dilakukan tanpa memerlukan biaya yang besar dan tinggi, kamu pun dapat mengoptimalkan kondisi kulit wajah. Kandungan magnesium, mangan, hingga kalsium pun dimiliki oleh teh hijau.

Selain itu, salah satu kandungan yang sangat berperan besar untuk digunakan sebagai kecantikan, adalah asam amino serta senyawa pigmen nya. Senjata yang ampuh dari teh hijau ini dapat digunakan sebagai masker alami ataupun dijadikan sebagai produk cream wajah. Penasaran dengan manfaat dari teh hijau?

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit Wajah

Teh hijau adalah minuman yang terbuat dari daun teh (Camellia sinensis) yang tidak mengalami proses fermentasi atau oksidasi yang sama dengan teh hitam atau teh oolong. Daun teh hijau diolah dengan cara dijemur atau dipanaskan untuk menghentikan proses fermentasi segera setelah dipetik, sehingga daun teh hijau memiliki warna hijau segar dan rasa yang lebih ringan dan segar daripada teh hitam.

Teh hijau juga mengandung senyawa-senyawa aktif seperti polifenol, katekin, dan epigallocatechin gallate (EGCG) yang merupakan antioksidan alami yang baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan konsumsi teh hijau adalah melawan radikal bebas, menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan otak, dan membantu menurunkan berat badan.

Saat ini, banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan teh hijau sebagai bahan dasarnya. Karena, kandungan manfaat yang dimiliki oleh teh hijau pun dapat berfungsi untuk mengoptimalkan kondisi kulit yang sangat baik. Berikut adalah manfaat pada teh hijau untuk kesehatan kulit wajah:

Mencegah Penuaan Dini

Sebuah kondisi penuaan dini pada kulit wajah memang dapat diderita oleh siapapun. Baik wanita maupun pria, akan merasakan penuaan dini yang disebabkan dengan berbagai macam faktor.

Namun, rupanya kamu pun dapat menggunakan teh hijau yang satu ini untuk mengatasi kondisi wajah yang menua. Senyawa antioksidan yang tinggi akan melawan kerusakan pada kulit wajah yang disebabkan dengan radikal bebas.

Selain itu, rupanya kandungan antioksidan yang dimiliki oleh teh hijau pun dapat mencerahkan kembali bintik-bintik di wajah yang diakibatkan dari paparan sinar matahari secara langsung.

Tabir Surya untuk Kulit Wajah

Pernahkah kamu mendengar manfaat teh hijau sebagai tabir surya alami? Tentu saja hal tersebut benar adanya. Sebuah penelitian mengatakan, bahwa kandungan epigallocathechin gallate yang dimiliki oleh teh hijau dapat berfungsi sebagai tabir surya alami.

Selain itu, teh hijau akan melindungi kulit wajah dari berbagai macam gangguan yang merugikan akibat paparan sinar matahari secara langsung. Selain itu, rupanya teh hijau pun dapat mengatasi risiko terkena kanker kulit yang berbahaya. Sehingga, banyak sekali produk kecantikan yang terbuat dari teh hijau dan laris dipasaran.

Dapat Mendinginkan Kondisi Kulit

Pernahkah kulit mu terbakar dari sinar matahari langsung? Biasanya, rasa panas dan perih akan timbul jika kulit terpapar sinar matahari. Untuk mengatasinya, kamu pun dapat menggunakan teh hijau loh!

Cukup menggunakan bubuk dari teh hijau yang telah digunakan, kemudian balurkan ke kulit yang telah terbakar. Tunggulah sekitar 10-15 menit, kemudian bilas. Lakukanlah hal yang satu ini sampai kondisi kulit mu menjadi lebih baik.

Menghilangkan Kantung Mata

Pasti semua orang memiliki kantung mata. Entah karena faktor sering tidur malam ataupun faktor keturunan. Namun, rupanya manfaat dari teh hijau pun dapat kamu gunakan secara alami untuk menghilangkan kantung mata.

Memiliki kantung mata hitam memang dapat membuat penderitanya menjadi tidak percaya diri dalam berpenampilan. Kandungan antioksidan serta antiradang yang dimiliki oleh teh hijau akan berfungsi secara optimal.

Cukuplah menggunakan bekas teh hijau yang telah direndam dengan air panas, kemudian balurkan teh hijau tersebut ke mata panda mu. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas menggunakan air dingin. Sebaiknya, lakukan hal ini sebanyak 3x seminggu dan rasakan manfaat teh hijau ini!

Most Popular