31.6 C
Tangerang
Sunday, September 25, 2022
Home Health Manfaat Tomat Hijau Untuk Kesehatan, Gak Kalah Dari Tomat Merah

Manfaat Tomat Hijau Untuk Kesehatan, Gak Kalah Dari Tomat Merah

inajournal.com – Ada banyak manfaat tomat hijau yang baik untuk kesehatan, dan tidak kalah baik dari tomat merah. Tubuh tentunya membutuhkan asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan dan memenuhi nutrisi, untuk memenuhi nutrisi pada tubuh sangat penting untuk mengkonsumsi beberapa sayuran dan buah-buahan seperti salah satunya tomat. Buah yang satu ini memang dikenal memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh, salah satunya vitamin C yang sangat dibutuhkan untuk sehari-sehari, selain itu ada banyak kandungan lainnya di dalam tomat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.
Tomat sendiri merupakan salah satu buah yang banyak digunakan untuk berbagi hidangan, biasanya orang-orang lebih memilih tomat merah yang sudah matang untuk membuat suatu masakan. Padahal tomat hijau juga menyediakan nutrisi penting yang tidak kalah bermanfaat dibandingkan dengan tomat merah, bahkan tomat hijau juga sering digunakan dalam berbagai masakan nusantara maupun di belahan dunia. Misalnya tomat hijau goreng, burrito, kari tomat hijau sambal tomat hijau dan masih banyak olahan tomat hijau lainnya, berikut ini manfaat tomat hijau yang tidak kalah baik dari tomat merah.

Manfaat Tomat Hijau Yang Baik Untuk Kesehatan

1. Baik Untuk Kesehatan Mata
Tomat hijau memiliki kandungan Beta Karoten, kandungan ini ada di dalam banyak buah dan sayuran dan membantu tubuh untuk memproduksi vitamin A. Tomat hijau juga merupakan salah satu sumber beta karoten yang kaya, vitamin A merupakan salah satu vitamin yang berperan penting untuk melindungi kesehatan mata. Zat ini tentunya membantu kamu untuk menghasilkan sel darah putih yang sehat dan mendorong pembelahan sel yang tepat, secangkir tomat hijau segar mampu menyediakan beta karoten sebanyak 623 mikrogram.

2. Menjaga kesehatan Pencernaan
Manfaat tomat hijau selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan pencernaan, tomat hijau merupakan sumber serat yang diperlukan oleh usu dan pencernaan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Secangkir tomat hijau menyediakan sekitar 2 gram serat makanan, ketika dikonsumsi dengan cara dimasak, buah ini dapat membantu mendapatkan serat. Buat kamu yang sedang melakukan diet, dianjurkan untuk memperbanyak serat karena dapat menurunkan resiko berbagai masalah yang mengancam jiwa, seperti kanker usus besar, penyakit jantung, diabetes tipe 2. Selain itu serat juga membuat sistem pencernaan bekerja dengan baik, sehingga menghindarkan kamu dari sembelit, kamu bisa rutin mengkonsumsi tomat hijau ini untuk membantu mengatasi masalah pencernaan.

3. Memperkuat Sistem Imun Tubuh
Tomat hijau juga memiliki sejumlah vitamin seperti vitamin C yang sama-sama terkandung di dalam tomat merah, walaupun belum sepenuhnya matang. Secangkir tomat hijau menyediakan sekitar 42 miligram vitamin penting, tubuh yang mendapatkan vitamin C dalam jumlah yang cukup dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat membantu untuk melawan flu, pilek, dan penyakit lainnya. Zat tersebut juga sangat penting untuk kesehatan gigi, kulit, tulang dan gusi, menambahkan tomat hijau yang dimasak ke dalam diet sehari—hari merupakan salah satu cara untuk meningkatkan asupan vitamin C.

4. Meningkatkan Hidrasi
Manfaat tomat hijau selanjutnya yaitu dapat meningkatkan hidrasi, tomat terdiri dari 94 persen air sehingga sangat baik dikonsumsi pada hari-hari yang terik atau ketika kamu berkeringat. Karena tomat dapat mengembalikan hidrasi tubuh, makanan kaya ai juga dapat membantu fungsi pencernaan, caranya dengan meminimalkan sembelit dan juga membantu menjaga nafsu makan dan berat badan agar tetap sehat. Salah satu olahan tomat yang paling lezat dan mampu meningkatkan hidrasi yaitu gazpacho, olahan ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh kamu jika dinikmati secara rutin.

5. Menjaga Fungsi Pembekuan Darah
Tomat hijau juga memiliki kandungan vitamin K yang bertugas untuk menjaga fungsi pembekuan darah, selain itu zat yang satu ini juga membantu tubuh mempertahankan kekuatan dan kepadatan tulang. Sebutir tomat hijau yang berukuran sedang menyediakan sekitar 12,5 mikrogram vitamin K dari rekomendasi harian sebanyak 90 mikrogram. Karena vitamin K larut di dalam lemak, dengan memasangkannya dengan sumber lemak sehat dapat meningkatkan penyerapan, kamu juga dapat memberikan percikan minyak zaitun ke atas potongan tomat atau bisa juga menikmatinya bersama dengan irisan alpukat, jangan lupa untuk menambahkan buah-buahan lainnya untuk menambah nutrisi pada tomat.

Most Popular