31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Beauty Membantu Banget, Ini Dia 5 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Dengan Mudah

Membantu Banget, Ini Dia 5 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Dengan Mudah

Masing-masing orang biasanya memiliki jenis kulit yang berbeda- beda. Ada yang memiliki kulit normal, kulit kering, kulit berminyak atau bahkan kulit kombinasi. Sebelum mengetahui perawatan yang diperlukan, Anda wajib mengetahui jenis kulit anda sendiri. pemilik kulit wajah berminyak biasanya sangat sulit menemukan produk yang memang dirancang khusus untuk wajah berminyak. Jangan khawatir, karena ada beberapa cara mengatasi wajah berminyak yang mudah anda lakukan serta hasil yang cukup cepat.

Dengan mengetahui cara-cara tersebut maka anda dapat memiliki kulit wajah yang sehat, bebas kilap, namun tetap terjaga kelembabannya. Wajah berminyak sendiri disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan sehingga kulit kusam pori-pori tersumbat, komedo dan jerawat mulai bermunculan. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa jenis kulit juga bisa berubah-ubah karena berbagai faktor. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kulit berminyak.

Beberapa Cara Mengatasi Wajah Berminyak Yang Mudah Dilakukan

Cara mengatasi wajah berminyak

Rutin Membersihkan Wajah dengan Sabun Pembersih Wajah

Cara pertama yang bisa dan lakukan adalah dengan membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih wajah. Sabun pembersih wajah dan air dapat menghilangkan minyak di wajah dan membuat wajah bebas kilap. Anda bisa membersihkan wajah dengan menggunakan facial wash minimal dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Sebaiknya jangan menggunakan produk yang mengandung wewangian, karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi. Pilihlah sabun pembersih wajah yang memiliki bahan lembut dan aman. Setelah itu, Anda juga harus mengeringkan wajah dengan cara yang benar, yaitu dengan menepuk-nepuk menggunakan handuk atau tisu.

Menggunakan Toner

Tahap selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menggunakan toner. Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih produk toner, sebaiknya hindari produk toner yang mengandung alkohol karena dapat membuat wajah menjadi kering. Selain itu Anda juga bisa menggunakan toner yang mengandung bahan alami. Karena, toner dengan bahan alami dapat menenangkan kulit dan mengatur produksi sebum lebih baik dan terkontrol. Jika bingung, anda bisa mencari tahu tentang rekomendasi toner untuk kulit berjerawat di internet. Sebelum membeli pastikan terlebih dahulu kalau toner tersebut tidak membuat wajah anda menjadi lebih berminyak.

Melakukan Eksfoliasi

Cara mengatasi wajah berminyak selanjutnya adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi sendiri merupakan salah satu cara untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Manfaat dari eksplorasi ini adalah untuk mencerahkan kulit menyamarkan kerutan mencegah pori-pori tersumbat yang disebabkan oleh produksi minyak berlebih. Dalam melakukan eksfoliasi sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal seperti menggunakan alat yang sesuai melakukan gerakan yang lembut, rutin dan menggunakan bahan alami. Sebaiknya anda membeli produk eksfoliasi wajah yang mengandung bahan dengan konsentrat seimbang. Karena jika tidak maka wajah akan mengalami masalah atau breakout.

Menggunakan Tabir Surya (Sunscreen)

Selanjutnya Anda bisa menggunakan tabir surya atau sunscreen. Dalam memilih produk tabir surya, anda perlu memperhatikan isi kandungannya dan memilih produk yang tidak akan menambah minyak pada kulit wajah anda. sunscreen atau tabir surya sendiri dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Anda bisa memilih produk tabir surya yang memiliki kandungan SPF minimal 30, atau yang juga mengandung vitamin seperti b 5, e, c dan vitamin lainnya. sebaiknya Anda memilih produk tabir surya yang bisa digunakan untuk kulit normal atau berminyak sehingga bisa digunakan.

Menggunakan Kertas Minyak

Cara mengatasi wajah berminyak yang terakhir adalah dengan menggunakan kertas minyak. Selain mudah dibawa dan diaplikasikan, kertas minyak juga sangat ampuh menghilangkan minyak di wajah. Karena tugasnya hanya menghilangkan minyak di permukaan wajah, Jadi anda bisa mengandalkan kertas minyak tersebut untuk mengontrol produksi sebum. Anda bisa menggunakan kertas minyak pada keadaan mendesak atau pada saat anda tidak ingin wajah terlihat mengkilap. di mana wajah mengkilap dan berminyak menjadi penyebab utama wajah kusam dan mudah berjerawat. Anda bisa membawa kertas minyak kemanapun anda pergi untuk berjaga-jaga jika wajah anda terlalu mengkilap.

Most Popular