31.6 C
Tangerang
Monday, January 30, 2023
Home Trending Memperingati Hari Anak Sedunia 2022, Menteri PPPA Beri Pesan!

Memperingati Hari Anak Sedunia 2022, Menteri PPPA Beri Pesan!

Inajournal.com – Puncak acara Hari Anak Sedunia 2022 telah ditutup dengan panggung gembira dan deklarasi dari ASEAN Children’s Forum (AFC) di Pohon Kasih Manado, Sulawesi Utara pada Minggu 20 November 2022. Ratusan anak dari 34 provinsi serta delegasi AFC dari delapan negara Asia Tenggara hadir di Sulawesi Utara untuk bisa mengikuti rangkaian kegiatan HAS 2022 sejak Jumat, 18 November 2022. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (MenPPPA), Bintang Puspayoga, menyampaikan harapannya bahwa HAS 2022 menjadi momen bagi seluruh stakeholders untuk melibatkan anak-anak dalam proses pembuatan kebijakan.

“Saya berharap agar Bapak dan Ibu yang hadir disini juga bisa mendengarkan suara aspirasi anak dengan sungguh-sungguh. Hal yang perlu kita sadari bahwa pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak menjadi tanggung jawab kita bersama,” ucap Bintang pada sambutannya. “Segala hal hingga semua keputusan yang dimana berkaitan dengan anak harus melibatkan partisipasi anak itu sendiri. Maka, setelah kita mendengar suara-suara anak, saya berharap seluruh pihak yang hadir dapat berkolaborasi untuk bisa mempertimbangkan dan mewujudkannya,” tambah Bintang. Berikut pesan dari Bintang:

Hari-Anak-Sedunia-2022

  • Meminta Para Stakeholders Libatkan Anak-anak Dalam Membuat Kebijakan

Sebelum memberikan sambutan, delegasi AFC telah menyampaikan sejumlah rekomendasi untuk bisa memperkuat ketahanan anak di Indonesia dan Asia Tenggara. Rekonstruksi mereka terbagi menjadi tiga tema, yakni tema literasi digital, partisipasi dan ketahanan digital, serta keamanan digital.

“Hal yang tentu akan menjadi sumber kebahagiaan bagi bunda, bahwa hari ini anak-anak juga bisa menyampaikan aspirasinya di hadapan para pemangku kepentingan. Aspirasi kalian ini menjadi sangat berharga bagi kami, karena anak-anak, merupakan advokat terbaik untuk kelompok kalian sendiri,” tutur Bintang.

“Kalianlah yang paling mengetahui tentang isu-isu anak terpenting yang dimana harus segera diselesaikan dan solusi atas berbagai permasalahan anak,” sambung perempuan yang juga menjadi politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

  • Berjanji Akan Mengupayakan Aspirasi Anak-Anak

Pada Sabtu (19/11/2022), Bintang pun mendengar langsung apa saja aspirasi anak-anak Indonesia yang diwakili oleh tiga provinsi, yakni Forum Anak Jawa Timur, Forum Anak Sulawesi Tenggara, dan Forum Anak Merauke. Mereka pun bercerita tentang tantangan pemenuhan hak anak di daerah dan apa solusi yang dapat ditawarkan oleh para generasi muda.

Bintang mengapresiasi saran dari anak-anak yang sudah berani menyampaikan aspirasinya, beliau juga berjanji untuk mengawal aspirasi mereka. Dia tidak ingin sumbangsih pemikiran anak-anak Indonesia nantinya hanya berakhir dengan selembar kertas atau formalitas belaka.

“Salah satu hak dasar yang memanglah sudah patut menjadi hal yang perlu dipenuhi serta haruslah dilindungi oleh negara, dan kini telah menjadi salah satu prinsip dasar di dalam perlindungan anak, yakni dengan menghargai pandangan atau partisipasi anak. Hal ini bertujuan dalam rangka upaya pemenuhan hak itu,” kata Bintang terkait Hari Anak Sedunia 2022.

  • Puncak HAS 2022 Berlangsung Seru

Selain mendengar sambutan dari Menteri Bintang, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan deklarasi AFC, para tamu undangan langsung dimanjakan dengan berbagai penampilan dari anak-anak Sulawesi Utara. Mereka pun dihibur dengan lagu “We Are The World” milik Michael Jackson yang dibawakan oleh penyanyi Shanna Shannon.

Di penghujung acara, ratusan anak-anak pun ikut bernyanyi dan menari bersama Menteri Bintang. Mereka juga tampak asyik menikmati lagu-lagu daerah, seperti lagu Maumere dari Nusa Tenggara Timur, lagu Terpesona yang diciptakan oleh musisi asal Sulawesi Utara, dan lagu Ojo Dibandingke yang berasal dari Jawa Timur.

Anak-anak telah disediakan bangku paling depan, untuk memastikan bahwa Hari Anak Sedunia di tahun 2022 benar-benar menjadi pesta bagi mereka. Tersedia juga berbagai macam hiburan secara gratis bagi anak-anak yang hadir dalam acara.

Bintang menyadari bahwa menjaga masa depan anak bangsa bukan hal yang mudah dilakukan, maka dari itu ia menyerukan agar seluruh pihak ikut andil dalam menjaga masa depan anak-anak Indonesia. “Pemenuhan hak mereka, baik hak hidup dan berkembang merupakan tanggung jawab kita bersama,” ucap Bintang. Disamping itu Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey berharap Hari Anak Sedunia 2022 ini menjadi titik balik kebangkitan sektor pariwisata. Ia juga berharap dari kesempatan ini bukan lawatan terakhir para delegasi ke Sulawesi Utara.

Most Popular