31.6 C
Tangerang
Friday, August 12, 2022
Home Beauty Mengenal Manfaat Tea Tree Oil Dan Efek Sampingnya Untuk Kecantikan

Mengenal Manfaat Tea Tree Oil Dan Efek Sampingnya Untuk Kecantikan

Tea tree oil atau minyak pohon teh, dikenal juga dengan nama latin Australia Melaleuca Alternifolia. Namun jangan salah, pohon teh yang digunakan untuk ini berbeda dengan tanaman teh yang biasanya digunakan untuk membuat minuman teh. Minyak pohon teh yang dimaksud adalah tanaman asli dari Australia yang sudah ada sejak 100 tahun terakhir. Minyak pohon teh ini digunakan sebagai minyak antiseptik dan anti inflamasi serbaguna. Namun, tahukah anda apa saja Manfaat tea tree oil untuk tubuh manusia?

Minyak pohon teh tidak hanya bisa dijadikan sebagai produk perawatan kulit, tetapi juga bisa digunakan sebagai produk rumah tangga. Belakangan ini, dalam dunia produk kecantikan, minyak pohon teh menjadi salah satu bahan utama dalam produk perawatan kecantikan yang banyak dicari. Hal tersebut dikarenakan kandungan alami tea tree oil yang sangat bermanfaat untuk kecantikan. Penasaran apa saja manfaat minyak pohon teh tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Berbagai Manfaat Tea Tree Oil Dan Efek Sampingnya Untuk Kecantikan Wajah

Manfaat tea tree oil

Mengobati Jerawat

Manfaat yang pertama adalah mengobati jerawat. Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa tea tree oil memiliki kandungan yang sama efektifnya dengan zat benzoil peroksida yang pada umumnya ditemukan pada produk obat jerawat. Namun, yang membedakan adalah kandungan minyak pohon teh tidak ditemukan efek samping seperti kulit yang memerah, kering dan mengelupas. Anda bisa menggunakan minyak pohon teh untuk mengobati jerawat anda. Caranya anda hanya perlu mencampurkan 5 tetes minyak pohon teh dengan 2 sendok teh madu. Setelah itu, aduk dan gosok pada bagian kulit yang berjerawat. Kemudian diamkan selama 5 sampai 10 menit dan bilas dengan air hangat.

Membantu Meredakan Gatal Eksim dan Psoriasis

Minyak pohon teh mengandung sifat anti inflamasi. Kandungan tersebut dipercaya bisa meredakan rasa gatal pada eksim atau psoriasis kulit. Untuk merasakan manfaat ini, anda perlu mencampurkan 1 sendok makan minyak kelapa. 5 tetes minyak pohon teh dan 2 tetes ekstrak lavender. Aduk sampai merata sampai teksturnya menjadi seperti cairan lotion kulit. Kemudian anda bisa menggunakannya sebagai sabun mandi. Selain itu. anda juga bisa menggunakannya sebagai krim gatal yang dapat dibawa dengan mudah saat bepergian.

Membersihkan Peralatan Rumah Tangga

Manfaat tea tree oil selanjutnya adalah membersihkan peralatan rumah tangga. Siapa bilang minyak pohon teh ini hanya bisa berguna untuk kecantikan dan kesehatan saja. Sifat anti mikroba yang terdapat didalamnya bisa membunuh bakteri jahat pada peralatan rumah tangga. Anda bisa mencampurkan 3 sendok minyak pohon teh, air secukupnya, cuka dan wewangian lemon. Kemudian simpan dalam botol semprotan sehingga anda bisa menggunakannya dengan cara menyemprotkan ke peralatan dapur, wastafel, toilet dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, minyak pohon teh ini juga bisa membersihkan meja di rumah anda untuk menghilangkan jamur dan bakteri.

Berfungsi Sebagai Deodoran

Untuk mengatasi masalah bau badan, anda juga bisa menggunakan minyak pohon teh ini loh. Karena kandungan anti mikroba yang terdapat didalamnya bisa menghancurkan bakteri pada kulit yang menyebabkan bau badan. Cara membuatnya juga terbilang mudah, anda hanya perlu tea tree oil, minyak kelapa dan baking soda. Campurkan ketiga bahan tersebut dan gunakan sebelum tidur. Dengan cara mengoleskannya ke bagian tubuh yang mengeluarkan bau tidak sedap, contohnya di ketiak dan kaki. Pada pagi harinya anda bisa membilasnya dengan air dingin dan jangan lupa memakainya secara rutin ya untuk hasil yang maksimal.

Mengatasi Ketombe dan Merawat Kesehatan Rambut

Manfaat tea tree oil yang terakhir adalah mengatasi ketombe dan merawat kesehatan rambut. Minyak pohon teh memiliki kemampuan untuk menenangkan kulit mati yang mengelupas di rambut, menghilangkan ketombe dan sangat baik untuk merawat rambut agar terhindar dari kutu. Anda bisa membuat shampo dari ekstrak minyak pohon teh ini dengan sangat mudah. Dengan cara mencampurkan sekitar 10 tetes minyak pohon teh, gel lidah buaya, santan 3 sendok teh dan bisa anda tambahkan minyak lavender. Lalu gunakan untuk keramas dan gunakan sebanyak 2 hari sekali. Untuk hasil yang maksimal anda bisa menggunakannya selama satu bulan ke depan.

Most Popular