31.6 C
Tangerang
Sunday, July 21, 2024
HomeTravelMengenal Sejarah Lawang Sewu, Wisata Terseram di Indonesia!

Mengenal Sejarah Lawang Sewu, Wisata Terseram di Indonesia!

Inajournal.com – Siapa sih yang tidak tahu dengan bangunan Lawang Sewu yang satu ini? Bangunan kokoh nan megah yang identik dengan kota Semarang. Mengapa demikian? Karna, Lawang Sewu yang satu ini terletak di kota Semarang, Jawa Tengah. Lawang Sewu, adalah sebuah destinasi wisata khas Indonesia yang memiliki banyak sekali kisah mistis hingga sejarah kelam dibalik kekokohan bangunan tersebut.

Walaupun Lawang Sewu telah menarik perhatian seluruh wisatawan asing, namun tak jarang setiap wisatawan tersebut memiliki pengalaman yang menyeramkan ketika mengunjungi tempat tersebut. Menurut sebuah sumber, Lawang Sewu dahulunya sebuah kantor yang sengaja dibuat pada masa penjajahan Belanda ke Indonesia. Kantor yang dikuasai oleh orang Belanda dan menjadikan bangunan bisnis dari seluruh masyarakat Belanda yang menjajah ke Indonesia.

Namun, seiring berjalannya waktu, justru bangunan kokoh tersebut dijadikan sebuah tempat penyiksaan ratusan hingga ribuan tahanan yang berasal dari Indonesia. Penasaran dengan sejarah Lawang Sewu yang menyeramkan? Yuk, simak terus artikel yang satu ini untuk menambah wawasan mu!

Sejarah Lawang Sewu yang Menyeramkan & Membuat Bulu Kuduk Merinding!

Sejarah-Lawang-Sewu

Walaupun bangunan kokoh yang tetap berdiri tegak di Semarang ini dijadikan sebuah obyek wisata yang identik. Namun, dibalik semua kekokohan bangunan tersebut terdapat berbagai macam cerita kelam hingga sejarah yang wajib untuk kamu ketahui. Berikut adalah sejarah dan cerita mistis Lawang Sewu:

     1. Sejarah Kelam Lawang Sewu

Menurut beberapa sumber, pada zaman dahulu Lawang Sewu sengaja untuk dibuat sejak tanggal 27 Februari tahun 1904. Bangunan tersebut sengaja dibuat untuk mengatur sebuah administrasi yang digunakan dan dikuasai oleh penduduk Belanda yang menjajah Indonesia.

Kemudian, bangunan tersebut akhirnya selesai pada tahun 1907, namun masih terdapat banyak sekali perbaikan yang harus dilakukan, terutama dibagian bawah tanah. Setelah digunakan hingga beberapa tahun lamanya, namun sejak tahun 1916-1918, bangunan tersebut kembali diperbaiki dan diperluas.

Masyarakat Semarang menyebutnya dengan Lawang Sewu karna terdapat banyak pintu di dalam bangunan tersebut.

     2. Cerita Kelam Dibalik Lawang Sewu

Menurut beberapa sumber, sejarah Lawang Sewu tersebut akhirnya dipergunakan oleh penjajahan Belanda dan dipergunakan sebagai kantor administrasi serta kepentingan lainnya. Jumlah pintu yang mencapai 342 tersebut menjadikan masyarakat Semarang menyebutkan bangunan tersebut menjadi Lawang Sewu.

Walaupun pada awal nya dipergunakan sebagai kantor, namun seiring berjalannya waktu, Lawang Sewu dipergunakan sebagai tempat tahanan dan tempat eksekusi seluruh tahanan. Yang dimana tahanan tersebut, adalah masyarakat Indonesia.

Tahanan tersebut pun disiksa, dibunuh secara sadis, dan digantung tanpa adanya ampunan. Ruang bawah tanah, adalah sebuah saksi kesadisan Belanda terhadap masyarakat Indonesia yang menjadikan tempat paling horror dan paling menyeramkan.

     3. Cerita Mistis Lawang Sewu yang Menyeramkan

Sejarah Lawang Sewu memang sangat kelam dan sangat menyeramkan. Sehingga, dibalik sejarah tersebut lah yang mengundang cerita mistis hingga bukti adanya sebuah penampakan menyeramkan.

Menurut beberapa sumber, banyak sekali masyarakat sekitar yang melihat langsung penampakan tak kasat mata yang memiliki kondisi tubuh hancur dan menakutkan. Terlebih, bangunan tersebut menjadikan sebuah saksi dan bukti dimana masyarakat Indonesia mengusir seluruh serdadu Jepang yang banyaknya tahanan Indonesia yang di siksa.

Konon, ruang bawah tanah lah yang memiliki cerita menyeramkan. Bahkan, banyak sekali program TV Nasional yang mengunjungi secara langsung tempat Lawang Sewu tersebut dan selalu “diganggu” oleh makhluk tak kasat mata tersebut. Dalam suatu acara televisi horor, sempat menangkap makluk perempuan tak kasat mata yang mengganggu tamu dalam acara tersebut. Lantas saja, acara horor tersebut pun langsung viral di berbagai media sosial selama bertahun-tahun lamanya.

Tidak sampai di situ saja, sempat terdengar kabar bahwa sang tamu yang mengisi acara itu dikabarkan sempat sakit keras dan meninggal dunia setelah bertemu makhluk astral tersebut. Banyak orang yang percaya bahwa munculnya hantu tersebut terjadi secara tidak disengaja atau tidak editan. Namun, tidak sedikit pula orang yang mempercayai bahwa klip itu hanya sekadar editan untuk menambah unsur keseraman atas Lawang Sewu yang satu ini.

Itulah seputar fakta menarik dan sejarah Lawang Sewu yang mengerikan dan wajib kamu ketahui. Bagaimana menurut mu?

Most Popular