31.6 C
Tangerang
Saturday, October 1, 2022
Home Foodie Olahan Daging Kambing Khas Nusantara, Semua Enak Banget!

Olahan Daging Kambing Khas Nusantara, Semua Enak Banget!

Inajournal.com – Berikut ini ada beberapa olahan daging kambing khas nusantara yang paling enak, berbicara mengenai masakan nusantara memang tidak ada habisnya. Pasalnya Indonesia sendiri memiliki berbagai olahan kuliner lezat yang sayang dilewatkan, mulai dari olahan sayuran hingga daging-dagingan. Biasanya menjelang hari raya idul Adha banyak orang yang sudah menyiapkan ingin membuat olahan apa untuk menyambut perayaan umat islam tersebut, berikut ini ada beberapa rekomendasi olahan dari daging kambing khas Nusantara yang mudah kamu buat dirumah dan pastinya sangat enak.

Olahan Daging Kambing Khas Nusantara Paling Enak

Daging-Kambing-Khas-Nusantara
Tengkleng

Tengkleng merupakan salah satu makanan khas Solo yang sangat populer karena kelezatannya. Sekilas tengkleng ini mirip dengan gulai kambing, tapi sebenarnya berbeda karena kuah tengkleng lebih encer dibanding gulai yang cenderung lebih kental. Bahan pembuatan tengkleng identik dibuat dari tulang kambing yang masih memiliki daging atau kamu juga bisa menggunakan tulang iga, perpaduan kuah yang gurih dan daging yang empuk membuat tengkleng menjadi salah satu makanan paling enak, kamu juga bisa membuat olahan daging kambing ini di rumah.

Daging-Kambing-Khas-Nusantara
Sate Buntel

Olahan daging kambing khas nusantara selanjutnya yang paling enak yaitu sate buntel. Sate buntel sendiri merupakan salah satu kuliner khas Solo yang memiliki cita rasa yang gurih dan pedas manis, pastinya bikin penikmatnya langsung ketagihan. Sate buntel ini terbuat dari daging kambing yang dicincang atau digiling sampai halus kemudian diberikan bumbu hingga merata. Kemudian ambil sedikit adonan dan lilitkan tusuk sate sambil dikepal-kepal hingga agak gembung kemudian dibungkus lemak kambing, setelah itu sate dibakar diatas bara api hingga matang merata. Ketika ingin menyantapnya jangan lupa berikan bumbu pelengkap sesuai dengan selera kamu agar rasanya semakin nikmat.

Daging-Kambing-Khas-Nusantara
Kagape

Olahan daging kambing selanjutnya yang tidak kalah enak yaitu kagape yang merupakan makanan khas dari Jepara. Biasanya olahan yang satu ini selalu dihidangkan ketika idul Adha, sekilas masakan ini memang mirip seperti kari namun sangat berbeda dari segi pembuatannya. Kagape sendiri dibuat menggunakan air asam jawa dan santan kental yang menjadi ciri khas dari masakan yang satu ini, sehingga sajian dari Jepara ini memiliki cita rasa asam pedas dan gurih, pastinya bikin kamu ketagihan.

Daging-Kambing-Khas-Nusantara
Sate Kambing

Olahan daging kambing khas nusantara selanjutnya yang paling enak yaitu sate kambing, berbeda dengan olahan sate buntel yang harus digiling terlebih dahulu. Sate kambing tidak perlu digiling dan hanya tinggal memotongnya kecil-kecil kemudian tusuk menggunakan tusuk sate, kemudian marinasi daging kambing dengan bumbu dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu daging kambing bisa langsung di atas bara api hingga benar-benar matang, untuk menikmati sate kambing ini biasanya menggunakan pelengkap seperti sambal kacang atau bumbu kecap yang diberikan potongan cabai, bawang merah dan tomat. Cita rasa pedas, manis, dan gurih sangat cocok untuk teman makan bersama keluarga.

Daging-Kambing-Khas-Nusantara
Gulai Kambing

Olahan daging kambing selanjutnya yang tidak kalah enak dan menjadi favorit banyak orang. Yang membuat makanan ini spesial karena dimasak menggunakan bumbu rempah dan santan, gulai kambing memiliki tekstur daging yang sangat lembut dan empuk. Aroma harum dari bumbu rempahnya yang khas membuat setiap orang yang mencium aromanya saja sudah merasa lapar. Jangan lupa juga dimakan dengan pelengkap seperti bawang goreng, emping dan kecap manis pedas.

Daging-Kambing-Khas-Nusantara
Tongseng Kambing

Yang selanjutnya yaitu tongseng kambing, siapa yang tidak kenal dengan olahan yang satu ini. Tongseng menjadi salah satu masakan yang dimasak dengan bumbu rempah dan sayuran seperti kol dan tomat, buat kamu yang senang dengan sajian berkuah santan, makanan khas Solo ini wajib kamu buat dirumah karena rasanya yang sangat lezat dan bikin kamu ketagihan.

Daging-Kambing-Khas-Nusantara
Dendeng Batokok

Olahan daging kambing khas nusantara selanjutnya yang paling enak yaitu dendeng batokok, makanan yang satu ini selalu hadir di rumah makan padang. Umumnya dendeng terbuat dari daging sapi, tapi gak harus menggunakan daging sapi, kamu juga bisa membuatnya menggunakan daging kambing. Cara membuatnya pertama daging kambing direbus kemudian dimasak dengan bumbu hingga empuk dan iris tipis dan lepas kemudian pukul agar ukurannya semakin lebar. Setelah itu daging di goreng hingga kering dan diberikan bumbu balado.

 

Most Popular