31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Travel Oleh oleh Khas Cirebon Yang Paling Disukai Wisatawan Dan Sangat Terkenal Di...

Oleh oleh Khas Cirebon Yang Paling Disukai Wisatawan Dan Sangat Terkenal Di Luar Negeri Sana!

Cirebon merupakan salah satu kota yang terletak di Jawa Barat. Kota Cirebon juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai wisata kuliner. Dengan banyaknya objek wisata yang bisa wisatawan dapatkan membuat kota udang ini semakin menarik di kalangan para wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke kota ini.

Jika anda habis berkunjung ke Cirebon maka tidak afdol apabila anda tidak membeli oleh-oleh khas kota Cirebon. Anda bisa membeli berbagai macam oleh-oleh untuk keluarga atau teman-teman anda.

Cirebon juga sangat terkenal dengan buah tangannya yang sangat lezat dan beragam. Tentu saja bila anda membawakan buah tangan khas kota udang ini akan membuat keluarga dan teman-teman anda menjadi sangat senang. Jika anda bingung berikut ini akan menjelaskan apa saja Oleh oleh Khas Cirebon yang paling disukai oleh wisatawan.

Oleh oleh Khas Cirebon Yang Paling Laris di Kalangan Wisatawan

Kerupuk Melarat

Oleh oleh Khas Cirebon

Dari namanya saja pasti membuat anda bingung dengan makna kata “melarat” ini. Kenapa dinamakan kerupuk melarat? karena pada awal pembuatan kerupuk ini yaitu sekitar tahun 1920, masyarakat Cirebon belum mampu untuk membeli minyak goreng sehingga kerupuk ini hanya digoreng dengan menggunakan pasir atau lebih dikenal dengan disangrai.

Kerupuk yang dibuat dengan cara unik dan sederhana ini mampu menarik minat wisatawan yang mampir ke kota Cirebon ini. Saat sedang menikmati kerupuk ini jangan sampai lupa untuk menambahkan sambal pada kerupuk agar rasanya semakin lezat. Kerupuk ini dijual dengan harga tidak lebih dari Rp. 10.000 saja dan dijamin anda tidak akan puas kalau mengkonsumsi kerupuk ini.

Terasi Udang

terasi udang

Cirebon juga dikenal sebagai kota udang, itu sebabnya terasi udang buatan cirebon terasa sangat lezat dan merupakan produk bumbu masak yang sudah terkenal sampai ke berbagai daerah di Indonesia. Jika anda merupakan seseorang yang sangat menyukai sambal terasi maka dengan membeli oleh-oleh ini akan menjadi sebuah pilihan yang tepat bagi anda.

Tidak jauh berbeda dengan terasi pada umumnya, terasi khas Cirebon ini juga terbuat dari rebon atau udang yang berukuran sangat kecil. Namun yang membedakan adalah terasi udang ini tidak menggunakan pengawet apapun. Terasi udang ini juga memiliki bentuk yang ekonomis karena dibungkus dalam satu wadah siap saji dan akan memudahkan anda saat membawanya.

Serabi

Oleh oleh Khas Cirebon

Serabi merupakan salah satu Oleh oleh Khas Cirebon yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Serabi sendiri terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan parutan kelapa dan santan. Proses pemasakan serabi juga masih dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan tungku tanah liat dengan sumber pemanas yang berasal dari kayu bakar. Adonan serabi akan dimasukkan ke dalam wajan kecil dari tanah liat dan dibakar sampai matang.

Serabi sendiri memiliki cita rasa yang gurih dan sangat cocok untuk menemani pagi anda dengan secangkir teh hangat. Dengan semakin berkembangnya zaman, serabi mempunya banyak topping seperti serabi solo yang menggunakan topping nangka, coklat atau keju. Namun serabi asli Cirebon malah menggunakan tempe orek dan oncom tumis sebagai toppingnya.

Rengginang

rengginang

Oleh oleh Khas Cirebon yang terakhir adalah Rengginang. Yang membuat rengginang asal Cirebon berbeda dengan rengginang dari kota-kota lain adalah tidak hanya menggunakan beras ketan yang dikeringkan sebagai salah satu bahan bakunya. Rengginang asal Cirebon juga dicampurkan dengan terasi udang yang membuat rasanya semakin gurih.

Biasanya rengginang banyak dijual dalam keadaan mentah atau matang, namun banyak para wisatawan yang membeli dalam keadaan sudah matang karena lebih praktis. Namun dengan perkembangan zaman yang sudah sangat modern ini, rengginang hadir dengan berbagai rasa seperti pedas, udang dan keju. Jika anda ingin mendapatkan rengginang khas Cirebon ini maka anda bisa langsung mengunjungi toko oleh-oleh di Cirebon.

Most Popular