31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Foodie Oleh Oleh Khas Pasuruan Yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Oleh Oleh Khas Pasuruan Yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Oleh oleh khas Pasuruan menjadi incaran banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Oleh oleh atau buah tangan salah satu hal yang wajib dibawa pulang saat berkunjung ke suatu negara ataupun suatu kota, Indonesia dikenal dengan keanekaragamannya. Di Indonesia memang terkenal dengan budayanya, kulinernya, destinasi wisatanya dan bahasa yang beragam, hal ini lah yang membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung dan menjelajahi Indonesia.

Tak heran Indonesia selalu ramai pengunjung, mulai dari wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin menjelajahi Indonesia. Ada banyak destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di Indonesia, seperti yang paling populer yaitu Bali, Lombok, dan beberapa tempat lainnya. Padahal tidak hanya itu saja kota Indonesia yang menarik untuk dikunjungi, ada salah satu kota yang juga menarik perhatian banyak wisatawan yaitu Pasuruan.

Pasuruan salah satu kota di Jawa Timur yang menarik perhatian banyak orang untuk mengunjunginya. Salah satu destinasi wisata terkenal yaitu Gunung Bromo, selain Bromo ada beberapa tempat lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi, seperti Taman Safari, Kebun Raya Purwodadi dan beberapa tempat lainnya. Saat berkunjung ke suatu kota tentunya oleh oleh tidak terlupakan, di Pasuruan sendiri menyajikan berbagai macam oleh oleh khas yang wajib kamu coba saat berkunjung kesana.

Oleh Oleh Khas Pasuruan Yang Wajib Dibawa Pulang

1. Bipang Jangkar

Bipang Jangkar
Makanan khas Pasuruan yang satu ini memiliki banyak rasa yang bisa kamu coba, ada jahe kacang, kacang vanila, karamel, susu manga dan masih banyak lagi rasa lainnya yang sangat enak. Bipang menjadi oleh oleh yang wajib dibawa, selain awet rasanya juga gak bikin kamu nyesel.

2. Ikan Lempuk Krispi

Oleh oleh khas Pasuruan
Bosan dengan olahan manis? Kamu bisa coba oleh oleh khas Pasuruan yang satu ini, terbuat dari olahan ikan lempuk, oleh oleh ini menjadi incaran banyak wisatawan. Ikan lempuk krispi ini biasanya hanya ditemukan di Ranu Grati, Pasuruan, oleh karena itu jangan lupa mampir untuk membeli ikan lezat ini. Selain enak menjadi cemilan, ikan lempuk ini biasanya dijadikan lauk dan dimakan bersama nasi hangat.

3. Permen Jahe Sin A

Oleh oleh khas Pasuruan
Permen bisa menjadi oleh oleh praktis yang bisa dibagikan ke banyak orang, permen jahe sin A ini sudah ada sejak tahun 1935. Karena dikenal sangat legendaris membuat banyak orang wajib membeli permen yang satu ini.

4. Roti Matahari

Roti Matahari
Roti ini bisa menjadi bekal dalam perjalan pulang ke kota asal kamu, oleh oleh khas Pasuruan yang satu ini juga wajib dibeli jika sedang berkunjung ke Pasuruan. Roti ini ada beberapa varian, ada yang terdiri dari roti sisir, ronde, kasur, dan cukup, kamu bisa menemukannya di Toko Roti Matahari, di jalan Raya Soekarno Hatta nomor 42-44. Jangan lupa mampir ya!

5. Kopi Bubuk Kaspandi

Oleh oleh khas Pasuruan
Pecinta kopi tentunya tidak boleh meninggalkan oleh oleh yang satu ini, kopi bubuk kaspandi dikenal sebagai kopi tradisional yang turun temurun. Dikemasnya pun secara tradisional yaitu hanya menggunakan kertas putih.

6. Sirup Pokak Bu Endang

Sirup Pokak Bu Endang
Oleh oleh khas Pasuruan yang satu ini sudah ada sejak puluhan tahun lamanya, sirup ini terbuat dari berbagai macam rempah rempah dan menghasilkan rasa yang unik, tak heran peminatnya cukup banyak. Penasaran mencoba?

7. Jamu Kebonagung

Oleh oleh khas Pasuruan
Penikmat jamu jangan lupa mampir untuk membeli oleh oleh yang satu ini, jamu ini terbuat dari campuran berbagai macam rempah, mulai dari kapulaga, kayu manis, cengkeh dan masih banyak lagi. Jamu ini dipercaya dapat mengobati batuk dan sakit tenggorokan.

Most Popular