31.6 C
Tangerang
Friday, July 1, 2022
Home Foodie Oleh-Oleh Kota Kediri Paling Populer, Ada Keripik Bekicot

Oleh-Oleh Kota Kediri Paling Populer, Ada Keripik Bekicot

inajournal.com – Kediri merupakan salah satu kota yang berada diantara Kabupaten Nganjuk dan Blitar, kota yang terkenal dengan kampung inggrisnya ini memiliki banyak wisata yang sangat populer, gak heran banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke sini. Selain berwisata, pengunjung juga biasanya selalu berburu oleh-oleh kota Kediri, di kota ini sendiri memiliki banyak oleh-oleh dan kuliner khas yang tidak hanya memiliki rasa lezat namun unik. Buat kamu yang lagi berkunjung ke Kediri, gak lengkap rasanya kalau tidak membawa buah tangan, berikut ini ada beberapa rekomendasi buah tangan dari Kediri yang wajib kamu bawa pulang.

Oleh-Oleh Kota Kediri Paling Hits, Jangan Lupa Bawa Pulang!

 

Tahu Takwa

Siapa yang tidak mengenal Tahu Takwa? Di kalangan warga Kediri maupun wisatawan yang sering berkunjung, tentunya sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Tahu takwa ini merupakan jenis tahu yang memiliki warna kuning yang berasal dari rendaman air kunyit atau pewarna makanan.

Makanan ini banyak sekali dijumpai di berbagai sudut Kota Kediri dan merupakan buah tangan yang paling dicari banyak orang, apa yang membuat tahu ini banyak disukai? Rasa tahu takwa berbeda dari tahu putih biasanya, tahu berwarna kuning ini memiliki tekstur kenyal dan kalau diolah memiliki rasa yang lebih gurih. Makanan ini bisa kamu jumpai di Jl. Kertosono-Kediri yang merupakan sentra oleh-oleh khas Kota Kediri, jangan sampai lewatkan oleh-oleh yang satu ini.

 

Stik Tahu

Oleh-oleh Kota Kediri yang paling hits selanjutnya yaitu stik tahu, kalau yang sebelumnya tahu utuh, kali ini olahan tahu yang wajib kamu bawa pulang sebagai buah tangan. Stik tahu merupakan olahan makanan keripik berbahan dasar tahu yang digoreng berbentuk stik memanjang, rasanya sangat gurih dan memiliki tekstur yang renyah serta cocok untuk untuk cemilan selama di perjalanan, semua kalangan pasti menyukai olahan ini. Makanan ringan ini juga cocok di santap bersama keluarga atau teman-teman sambil jadi teman ngobrol.

 

Keripik Bekicot

Buah tangan unik yang satu ini tidak kalah dicari oleh banyak orang, bekicot merupakan salah satu hidangan yang memiliki rasa lezat dan banyak sukai. Tidak hanya olahan tahu yang populer, olahan bekicot juga jadi salah satu hidangan menarik di Kediri.

Biasanya bekicot diolah menjadi sate, binatang bertubuh lunak ini diolah jadi kudapan keripik yang renyah dan enak, cocok banget jadi teman makan nasi atau cemilan selama diperjalanan. Tidak hanya memiliki rasa yang enak, ternyata bekicot juga memiliki kandungan gizi yang sangat melimpah bagi kesehatan tubuh, buat kamu yang suka hidangan bekicot pasti suka keripik yang satu ini.

 

Gethuk Pisang

Oleh-oleh Kota Kediri yang paling hits selanjutnya yaitu gethuk pisang, kalau biasanya gethuk dibuat dengan bahan dasar singkong. Kali ini kamu wajib mencicipi gethuk yang terbuat dari pisang di Kediri, makanan ini tergolong beda dari gethuk pada umumnya yang berbahan singkong maupun ubi.

Jenis pisang yang biasanya digunakan dalam membuat hidangan ini yaitu pisang raja nangka yang memiliki rasa khas dari pisang yang lainnya, jajanan ini sendiri terbilang cukup mudah didapatkan di tempat makan atau pusat oleh-oleh Kediri lainnya. Kalau berkunjung ke Kediri jangan sampai lewatkan hidangan yang satu ini.

 

Niki Coklat Tempe

Siapa yang tidak mengenal tempe, biasanya tempe diolah menjadi lauk makan nasi, seperti tempe goreng, tempe tepung, orek tempe dan dimasak dengan berbagai bumbu lainnya. Tapi di Kediri terdapat olahan tempe yang sangat unik, dan cocok bagi pecinta tempa sekaligus pecinta makanan manis, karena makanan ini merupakan olahan tempe dan coklat yang rasanya sangat lezat.

Rasa coklat dari tempe ini seperti produk coklat lainnya yaitu manis dan memiliki tekstur kripsi dari tempe, jajanan ini diproduksi di wilayah Sambirejo, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, penasaran dengan rasanya? Jangan sampai lupa membawa pulang oleh-oleh yang satu ini.

 

Carang Mas

Oleh-oleh khas Kota Kediri yang paling hits selanjutnya yaitu Carang Mas, cemilan manis yang terbuat dari singkong parut ini digoreng dan dilapisi dengan karamel gula yang membuat warnanya keemasan. Nama carang sendiri berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti bambu kecil yang menyerupai parutan singkong dan mas yang merupakan warna emas dari gula yang melapisi jajanan manis tersebut. Oleh-oleh Kota Kediri ini wajib kamu coba!

 

Most Popular