31.6 C
Tangerang
Friday, December 9, 2022
Home Travel Oleh Oleh Sulawesi Selatan Yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Oleh Oleh Sulawesi Selatan Yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Ada banyak oleh oleh Sulawesi Selatan yang wajib kamu bawa pulang saat berkunjung ke sana. Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan, tidak hanya wisatawan lokal saja yang tertarik untuk berkunjung ke Negara tersebut namun wisatawan asing juga tertarik untuk mengunjunginya hanya untuk melihat panorama alam yang ada di Sulawesi Selatan. Mulai dari pantai yang indah, pegunungan yang hijau asri dan tempat wisata lainnya, saat berkunjung ke suatu daerah, kamu pastinya tidak pernah lupa untuk membawa beberapa oleh oleh khas dari daerah yang kamu kunjungi.

Sulawesi Selatan sendiri memiliki banyak oleh oleh dan kuliner khasnya dengan cita rasa tinggi dan unik, jika kamu memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Sulawesi Selatan jangan lupa untuk mencicipi berbagai olahan kulinernya dan pastinya yang tidak boleh terlewatkan yaitu oleh oleh khas Sulawesi. Tidak hanya soal rasa yang nikmat, oleh oleh khas Sulawesi Selatan juga memiliki ciri khas tersendiri, bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara, salah satunya kopi, pecinta kopi pastinya sudah tahu betapa nikmat rasa kopi khas Sulawesi Selatan. Berikut ini beberapa oleh oleh khas Sulawesi Selatan yang wajib kamu bawa pulang.

Oleh Oleh Sulawesi Selatan Yang Tidak Boleh Dilewatkan

1. Baruasa

Oleh oleh Sulawesi Selatan

Oleh oleh yang satu ini merupakan kue kering khas suku Bugis yang terbuat dari campuran tepung beras, telur, kelapa parut yang sudah disangrai, gula pasir. Pada proses pembuatannya, gula pasir yang digunakan bisa diganti dengan gula aren, biasanya kue ini disajikan di beberapa acara penting seperti hajatan dan pernikahan, kue ini memiliki rasa yang gurih, baruasa juga bisa dinikmati sambil bersantai, ditemani kopi atau teh hangat, saat berkunjung ke Sulawesi Selatan jangan lupa membawa kue yang satu ini.

2. Kopi Toraja

Kopi Toraja

Oleh oleh Sulawesi Selatan selanjutnya yang paling populer dan paling dicari yaitu Kopi Toraja. Kopi ini menjadi salah satu kopi terbaik di dunia, bahkan kopi ini menjadi ikon Sulawesi Selatan, sebagian besar pecinta kopi pastinya sudah pernah mencicipi nikmatnya kopi yang satu ini. Kopi Toraja sudah booming sejak tahun 70-an, dan saat ini kamu bisa menikmati kopi toraja arabika atau robusta, walaupun dari biji kopi yang sama namun rasa dan aromanya berbeda.

3. Bannang Bannang

Oleh oleh Sulawesi Selatan

Kalau di Makassar kue yang satu ini disebut dengan bannang bannang, tapi di beberapa daerah kue ini disebut dengan nennu nennu. Bentuk kue ini memang seperti benang kusut dan memiliki rasa manis, kue ini dilambangkan sebagai sebuah harapan dalam kehidupan pernikahan yang manis dan langgeng. Bannang bannang ini terbuat dari tepung beras, gula aren, air dan minyak kelapa, dalam proses pembuatannya memiliki teknik khusus agar adonan dapat digulung dan tidak hangus, jangan lewatkan kue yang satu ini saat berkunjung ke Sulawesi.

4. Bolu Rampah

Bolu Rampah

Oleh oleh Sulawesi Selatan selanjutnya yaitu kue bolu, bolu mungkin sudah menjadi kue paling populer, namun berbeda dari bolu yang ada di Sulawesi Selatan ini. Bolu rampah merupakan kue khas kota Makassar yang juga bisa kamu temui di beberapa daerah lainnya, bolu ini sebenarnya sama dengan bolu pada umumnya, namun yang membedakannya bolu rampah menggunakan rempah bubuk kayu manis sehingga aroma dan rasanya sangat khas. Kalau belum pernah mencicipi bolu yang unik ini jangan lupa untuk membawanya pulau sebagai oleh oleh.

5. Abon Ikan Cakalang

Abon Ikan Cakalang

Bosan dengan makanan manis? Kamu bisa mencoba olahan ikan yang paling populer di Sulawesi Selatan ini, di Sulawesi Selatan masyarakatnya memang gemar mengkonsumsi ikan, maka dari itu ada banyak olahan ikan lezat yang bisa kamu temui disini. Salah satunya yaitu abon ikan cakalang, abon ikan ini memiliki rasa yang gurih dan nikmat, untuk membuatnya pertama ikan cakalang atau ikan tuna dikukus terlebih dahulu, kemudian dihaluskan dan diberi bumbu berupa bawang merah, bawang putih, kemiri, gula aren, cabai rawit, daun jeruk dan garam. Abon ikan cakalang ini sangat cocok menjadi teman makan nasi hangat, jangan lewatkan oleh oleh khas Sulawesi Selatan yang satu ini.

Most Popular