31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Lifestyle Pekerjaan Rumah Ini Mempunyai Efek Yang Setara Dengan Olahraga, Yuk Gerak!

Pekerjaan Rumah Ini Mempunyai Efek Yang Setara Dengan Olahraga, Yuk Gerak!

Memiliki kegiatan yang cukup padat merupakan alasan banyak orang yang kuat untuk tidak bisa berolahraga. Setelah melakukan berbagai macam kegiatan tentunya anda merasa ingin langsung tiduran dan santai di rumah, dan hal ini justru membuat kita semakin malas berolahraga, padahal olahraga adalah hal penting, agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari beberapa penyakit.

Olahraga banyak jenisnya, seperti lompat tali, kardio, lari, bersepeda, berenang, dan masih banyak lagi. Namun bagi orang orang yang sibuk dengan kegiatannya akan sulit melakukan hal hal tersebut, dalam seminggu minimal berolahraga yaitu 1 sampai 2 kali. Namun masih banyak orang orang yang bahkan tak sempat melakukan olahraga dalam seminggu full.

Padahal olahraga bisa dilakukan dirumah, daripada kamu malas gerak dan hanya bermain gadget, lebih baik melakukan hal bermanfaat seperti membersihkan rumah. Pekerjaan rumah juga ternyata memiliki efek yang setara dengan berolahraga, jadi buat kamu yang sulit pergi ke tempat olahraga dan tidak memiliki banyak waktu. Kamu bisa melakukan pekerjaan rumah yang sama sama akan membakar kalori kamu, seperti pekerjaan rumah berikut ini.

Pekerjaan Rumah Yang Setara Dengan Berolahraga

Mencuci pakaian tanpa mesin

Mencuci pakaian tanpa mesin memang lebih membutuhkan tenaga lebih, jika ingin mendapatkan tubuh yang bugar lakukan hal ini. Mencuci pakaian dengan tangan juga sama dengan berolahraga dan mampu membakar kalori sekitar 148 kalori. Menurut penelitian, kegiatan seperti mengangkat ember, menyikat dan memeras pakaian merupakan latihan yang baik untuk otot tangan, telapak tangan dan lengan.

Menyapu lantai

Menyapu lantai terdengar seperti kegiatan yang sepele dan tak membutuhkan tenaga lebih, namun siapa sangka dengan menyapu lantai mampu tingkatkan metabolisme dan memperkuat otot. Jika kamu sering menyapu hanya di bagian yang terlihat saja, coba untuk menyapu secara detail, seperti di kolong kursi atau meja dan dai bagian bagian yang tak terlihat. Menyapu lantai dengan waktu satu jam mampu membakar kalori sebanyak 80-100 kalori. Tak hanya itu saja menyapu lantai juga mampu memperkuat otot dan tulang punggung, dan manfaat yang akan kamu rasakan rumah menjadi bersih dan debu hilang.

Mengepel lantai

Alat pel di zaman kini sudah sangat canggih, namun mengepal dengan cara yang lama lebih membuat tubuh anda bergerak banyak, dan hal ini tentunya mampu membakar kalori yang ada di tubuh kamu. Mengepel dengan cara lama juga dipercaya lebih bersih dibanding dengan menggunakan alat pel modern. Aktivitas berjongkok, dan bergerak membuat paha, otot punggung, pergelangan kaki hingga betis yang efektif bekerja selama satu jam mampu membakar sekitar 170-238 kalori.

Menata kamar

Melihat kamar yang rapi tentunya menyenangkan, siapa sangka dengan menata kamar juga mampu membakar kalori yang ada pada tubuh kamu. Karena kegiatan seperti mengangkat meja, melipat baju, membersihkan barang di kamar, dan lain lainnya, hal tersebut juga melatih otot tangan. Hal hal yang terlihat sepele ternyata memberikan efek yang bermanfaat bagi tubuh kamu.

Berkebun

Berkebun selain dapat membakar kalori juga mampu menghilangkan stress dan cemas. Berkebun merupakan kegiatan yang positif yang mampu menjaga kesehatan mental dan fisik dan dapat menjadi terapi untuk menghilangkan stres. Khususnya bagi banyak orang tua yang lelah bekerja, sesekali melakukan aktivitas berkebun akan menghilangkan stres dan membuat mood lebih baik. Selain itu juga hal ini dapat memperkuat otot otot yang ada di tubuh kamu, tak hanya untuk orang tua, namun bisa juga untuk anak muda.

Most Popular