31.6 C
Tangerang
Thursday, August 18, 2022
Home Trending Pengumuman Nama Menteri Baru Kabinet Jokowi

Pengumuman Nama Menteri Baru Kabinet Jokowi

Kabinet Indonesia Maju dengan isu Reshuffle nya kian terdengar semakin kencang saja sejak sebulan lalu, karena perombakan susunan yang berantakan dan Istana pada hari ini akan merencanakan dalam memperkenalkan susunan nama Menteri Baru kabinet Jokowi usai adanya pengosongan kursi dari kabinet Jokowi dari jabatan Menteri Sosial dan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia yang tersandung kasus korupsi penyuapan dari Bansos Cashback 10 ribu dan penyuapan benih lobster.

Setelah adanya pengosongan, akhirnya dua jabatan yang sekaligus dipegang oleh menteri lainnya dengan tugas yang double dalam pengerjaaan sehingga tidak akan efektif dan maksimal. Seperti halnya Menteri pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) yaitu Muhadjir Effendy sebagai pengisian juga di kuris Menteri Sosial, dan Menteri kelautan dan perikanan Indonesia diisi oleh menteri pertanian (Mentan) yaitu syahrul Yasin Limpo.

Sebelumnya dijabat oleh luhut, karena ada dinas yang mengharuskan pergi ke luar negeri, maka digantikan terlebih dahulu oleh Yasin Limpo yang mengisi kursi Edhy Prabowo yang tersandung kasus suap Benih Lobster. Balik lagi ke persoalan isu Reshuffle yang sudah terdengar ke telinga Riza yang kabarnya akan ada 6 posisi yang di rombak dan disusun dengan tambahan kursi lainnya dengan kalangan anak muda. Penambahan kursinya yaitu ada posisi Menteri dan Wakil Menteri. Saat ini pun masih ada kemungkinan akan ada penambahan lebih dari jumlah yang disebutkan. “Tapi mungkin bisa lebih,” ujar Faisol Riza sebagai ketua DPP PKB kepada wartawan, Senin (21/12/2020). “Akan masuk orang-orang muda yang menambah dinamisnya kabinet. Plus lainnya beberapa wamen juga akan ada tambahan,” pungkasnya.

Menteri Baru Kabinet Jokowi Dengan Nama Yang Diisukan Masuk Ke Dalam Kabinet Dan Pengisian Kursi Panas Mensos Dan KKP

Menteri Baru Kabinet Jokowi

Penambahan menteri baru kabinet Jokowi yaitu untuk mengisi kursi menteri yang kosong sekaligus untuk mengisi kursi vaksinasi dan penambahan untuk menteri yang mampu untuk pemulihan ekonomi. 6 menteri yang akan dievaluasi seperti Kemenkes, Kemenparekraf, Kemenag, Kemensos dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Berikut ini merupakan nama-nama orang yang akan memasuki kabinet dengan tahap mengevaluasi terlebih dahulu dan adanya penempatan rotasi kursi yang harus mengisi kursi menteri yang kosong seperti berikut.

  1. Sandiaga Uno
  2. Tri Rismaharini (Risma)
  3. M Luthfi
  4. Yahya Cholil Staquf

Dan berikut ini merupakan nama menteri baru yang diisukan bakal dirotasi:

Wahyu Sakti Trenggono jadi Menteri KKP

“Tentunya akan diperkenalkan kepada publik oleh Bapak Presiden yang waktunya menyesuaikan waktu Bapak Presiden, bisa pagi atau siang,” kata Budi lewat pesan singkat, Senin (21/12/2020). Rapat yang sudah dihadiri oleh Jokowi kemarin bersama wapres Ma’ruf di Istana Merdeka, Jakarta yang mengatakan antara presiden dan Wapres membahas situasi terkini yang disarankan oleh sejumlah partai politik untuk segera mengisi dan melakukan reshuffle secepatnya sebelum pergantian 2020. Kursi kosong dari menteri akan menghambat pekerjaan yang seharusnya sudah diselesaikan namun terkendala dengan tugas masing-masing menteri.

“Kalau melihat situasi terkini, reshuffle merupakan kebutuhan. Paling tidak sebelum 2020 berakhir semua pos kementerian sudah terisi sehingga tahun 2021 bisa langsung nyetel lagi dengan program-program untuk menerjemahkan visi-misi presiden,” kata Wasekjen PPP Achmad Baidowi. Untuk kabinet baru dan adanya rotasi yang mengangikan dan mengisi kursi kosong akan diumumkan secara umum untuk memperkenalkan nama-nama di atas yang memasuki kabinet serta pengisian kursi menteri yang kosong keren tersandung kasus korupsi. Semoga dengan adanya perombakan dan evaluasi dari semua menteri akan menggantikan kinerja yang lebih bagus dan bisa menjadi solusi baik untuk mengerjakan tugas masing-masing menteri.

Potensi orang yang memasuki kabinet pun tidak akan sembarangan seperti Risma dan Sandiaga uno yang memasuki Kabinet untuk menjadi orang pengganti kursi panas dan penambahan adanya menteri baru. Potensi adanya Reshuffle dapat menyimpan kementerian lainnya seperti menkes, menteri perdagangan dan menteri agama yang sering cenderung dianggap kontroversial.”Nah posisi menteri-menteri lain kan sering dianggap kontroversial kan seperti, atau dianggap cukup lemah ya seperti menteri perdagangan, lalu kemudian menteri kesehatan, ya itu, atau menteri agama. Nah itu menteri-menteri yang menurut saya cukup rentan untuk bisa saja dilakukan reshuffle,” kata Yunarto.

Most Popular