31.6 C
Tangerang
Wednesday, December 7, 2022
Home Health Penyakit Kulit Pada Bayi yang Paling Sering Dialami

Penyakit Kulit Pada Bayi yang Paling Sering Dialami

Inajournal.com – Kamu pasti tahu kalau kulit adalah organ terbesar dan fungsinya ini sangat penting. Pertama bisa melindungi organ dalam tubuh, alat ekskresi, mengatur suhu tubuh, memproduksi vitamin D dan bisa menjadi indra peraba yang bagus. Bisa dibayangkan kalau penyakit kulit bayi itu terjadi pada buah hati kamu, pastinya si kecil akan rewel sekali. Fungsi kulit memang luar biasa dan belum bisa bekerja dengan baik dan sepenuhnya pada bayi.

Makanya si kecil begitu rentan dengan berbagai penyakit kulit. Jadi jangan heran kalau ternyata penyakit kulitnya tidak hanya ada satu jenis saja. Sehingga kamu juga bisa tahu untuk atasi penyakit kulit yang terjadi pada buah hati nantinya. Kamu bisa mengetahui jenis jenis penyakit kulit yang sering terjadi pada bayi sehingga buat wawasanmu terbuka lagi, langsung saja simak dengan baik penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Sederet Jenis Penyakit Kulit Bayi Paling Sering Dialami yang Wajib Diketahui

Biang Keringat

Penyakit kulit bayi yang sering dialami sehingga buat bayi jadi rewel yakni biang keringat. Umumnya memang penyakit ini akan diderita oleh orang yang tinggal di wilayah beriklim tropis dan biang keringat ini terkenalnya denhan nama miliarua sehingga bisa timbulkan ruam kecil yang merah dan terasa gatal.

Masalab kulit ini memang bisa menyerang siapa saja tetapi sering terjadinya pada kulit bayi. Kelenjar keringat serta pengaturan suhu tubuh bayi masih belim bisa bekerja secara sempurna sebagai alasannya. Hingga kelenjar keringat tersumbat dan menimbulkan euam merah yang gatal sekali. Makanya bayi akan rewel karena tidak kuat dengan rasa gatal yang tengah dirasakannya itu.

Ruam Popok

Pemakaian popok yang terlalu lama dan ketat juga bisa menjadikan resiko bayi alami ruang popok meningkat. Hal ini disebabkan oleh kondisi kulit yang lembab. Kurangnya sirkulasi udara serta adanya paparan tinja dan urine sehingga membuat kulit jadi iritasi.

Mengingat kulit bayi itu sensitif sekali makanya tidak heran kalau nanti adanya luka melepuh yang timbul, paha merah, bokong merah. Bahkan bisa mengalami demam juga jadinya!

Eksim

Eksim juga penyakit kulit yang menular dan kondisi kulit ini bisa menjadi makin meradang. Gejala penyakitnya ditandai dengan kemunculan ruam kemerahan, kering, pecah serta rasa gatal. Eksim bisa dialami semua usia dan sering diderita para bayi. Gejalanya ini akan sering muncul di bagian pipi, lipatan siku dan kaki bayi.

Sampai saat ini memang secara pasti belum diketahui penyebab pastinya hingga bisa terjadi eksim. Faktor genetik, kondisi kulit kering dan iritasi karena bahan pakaian pun bisa menjadi kemungkinannya. Penyakit yang mana sedang dialami bayimu? Kalau sedang mengalami salah satu penyakit di atas, langsung tangani sesegera mungkin ke dokter.

Impetigo

Impetigo ini infeksi kulit yang muda sekali menular, impetigo ini sering dialami bayi. Gejalanya ini ditandai dengan kemunculan bercak kemerahan serta lepuhan di kulit. Terutama di area wajah dan kaki.

Kalau berdasarkan keterangan, Impetigo itu terjadi karena infeksi bakteri Staphylococcus aureus dan Streptococcus. Infeksi bakteri tersebut bisa sangat mudah menular jika kontak langsung dalam bersentuhan.

Cacar Air

Terakhir penyakit kulit pada bayi yang sering terjadi yakni cacar air, diketahui cacar air terkenal dengan nama Varicella. Adanya bintil di kulit berisikan cairan dan akan sangat gatal sekali. Penyakitnya ini disebabkan karena adanya virus Varicella zoster yang mudah menular melalui udara atau kontak fisik secara langsung dengan penderitanya. Pencegahannya ini harus menguatkan imun, karena akan terjadi pada bayi, ibu hamil jika imunnya lemah.

Si kecil memiliki kulit sensitif dan orang tua wajib memperhatikan hal lain sebagai faktor pencetus pada penyakit kulit pada bayi. Karena dengan begitu, kemungkinan besar masalah kulit bisa dicegah. Itulah ulasan lengkap mengenai penyakit kulit bayi yang wajib diketahui oleh para orang tua. Nah ada lima jenis penyakit kulit yang sering sekali buat bayi rewel, kalau kamu memiliki buah hati yang rewel dikarenakan sedang mengalami penyakit kulit. Penyakit yang mana sedang dialami bayimu? Kalau sedang mengalami salah satu penyakit di atas, langsung tangani sesegera mungkin ke dokter.

Most Popular