31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Health Penyebab Kanker Payudara Dan Cara Mencegahnya Dari Orang Yang Kamu Sayangi!

Penyebab Kanker Payudara Dan Cara Mencegahnya Dari Orang Yang Kamu Sayangi!

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang terbentuk di sel-sel payudara. Kanker payudara juga merupakan kanker yang paling umum didiagnosis pada wanita di Amerika Serikat setelah kanker kulit.

Kanker payudara tidak hanya bisa menyerang wanita saja namun juga bisa terjadi pada pria walaupun memang yang paling umum terjadi pada wanita. Berkat dukungan substansial untuk kesadaran kanker payudara dan dana penelitian cukup membantu dalam menciptakan kemajuan dalam diagnosis dan pengobatan penyakit ini.

Untuk orang-orang yang terserang penyakit kanker payudara memiliki tingkat kelangsungan hidup yang cukup meningkat saat ini dan jumlah kematian yang disebabkan oleh penyakit ini juga terus menurun.

Sebagian besar kematian disebabkan oleh faktor-faktor yang seperti deteksi sebelumnya. Selain itu pendekatan baru yang dipersonalisasi untuk pengobatan dan pemahaman yang lebih baik tentang kanker payudara. Berikut ini ada beberapa Penyebab Kanker Payudara dan bagaimana cara untuk mencegahnya.

Faktor Penyebab Kanker Payudara Yang Harus Diketahui

Penyebab Kanker Payudara

Setelah mengalami masa pubertas, payudara wanita terdiri dari lemak, jaringan ikat dan ribuan lobotus yang juga merupakan kelenjar kecil yang akan menghasilkan ASI untuk menyusui. Dalam proses ini ada tabung kecil atau saluran yang akan membawa susu ke arah puting susu.

Beberapa dokter mengungkapkan bahwa kanker payudara sering terjadi ketika beberapa sel payudara mulai tumbuh dengan tidak normal. Sel-sel tersebut akan membelah lebih cepat daripada sel-sel sehat dan akan terus menumpuk dan membentuk benjolan atau massa. Sel-sel itu juga akan menyebar melalui payudara anda ke kelenjar getah bening atau ke bagian lain dari tubuh anda.

Biasanya kanker payudara sering dimulai dengan sel-sel di saluran penghasil susu atau invasive ductal carcinoma. Selain itu, kanker payudara juga bisa dimulai dari jaringan kelenjar yang disebut juga lobulus atau di sel atau jaringan lain yang ada di dalam payudara.

Para peneliti sudah mengidentifikasi beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko kanker payudara antara lain faktor hormon, gaya hidup dan lingkungan sekitar. Akan tetapi tidak jelas kenapa beberapa orang yang tidak memiliki resiko mengembangkan sel kanker tetapi orang lain dengan faktor resiko tidak pernah melakukannya. Atau dalam kata lain kemungkinan kanker payudara disebabkan oleh interaksi komplek susunan genetik dan lingkungan sekitar anda.

Gejala Kanker Payudara

  • Rasa sakit di ketiak atau payudara yang tidak berhenti sampai berbulan-bulan.
  • Puting dan kulit kemerahan dan warnanya hampir sama dengan permukaan jeruk.
  • Terdapat ruam di sekitar atau di salah satu puting.
  • Keluar cairan dari puting dan kemungkinan mengandung darah.
  • Kondisi puting menjadi cekung atau terbalik.
  • Payudara mengalami perubahan baik ukuran dan bentuknya.
  • Area kulit berpigmen pada puting susu mengelupas.

    Cara Mencegah Kanker Payudara

Biasakan untuk memeriksa payudara sendiri. Anda bisa memilih untuk membiasakan diri dengan payudara sendiri dan sesekali memeriksa kondisi payudara untuk kesadaran payudara. Jika anda mendapatkan perubahan berupa benjolan atau tanda-tanda lain maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Usahakan untuk selalu berolahraga setidaknya 30 menit setiap harinya dalam seminggu full. Jika anda merupakan seseorang yang tidak aktif bergerak maka sebaiknya anda mulai aktif untuk berolahraga ringan setiap hari selama 30 menit agar bisa mencegah penyakit kanker payudara.

Jika berat badan anda sehat maka sebaiknya anda harus berusaha untuk mempertahankan berat badan tersebut. Jika memang perlu anda bisa menurunkan berat badan namun sebaiknya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter tentang hal ini. Anda bisa mengurangi jumlah kalori di setiap anda makan setiap hari dan secara perlahan tingkatkan jumlah olahraga harian anda.

Memilih diet yang sehat. Jika anda mengkonsumsi makanan Mediterania yang dilengkapi dengan minyak zaitun, extra virgin dan kacang-kacangan maka akan dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara. Makanan Mediterania kebanyakan lebih berfokus pada makanan nabati, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan masih banyak lagi. Jika anda mengikuti diet ini maka anda akan lebih memilih lemak sehat seperti minyak zaitun daripada mentega dan anda juga akan memilih ikan daripada daging merah. Untuk menghindari Penyebab Kanker Payudara yang juga merupakan penyakit ganas.

Most Popular