31.6 C
Tangerang
Tuesday, October 26, 2021
Home Health Penyebab Mata Kedutan Menurut Medis Yang Jarang Diketahui

Penyebab Mata Kedutan Menurut Medis Yang Jarang Diketahui

inajournal.com – Pernah mengalami mata kedutan? Berikut ini ada beberapa penyebab mata kedutan dari sisi medis yang cukup jarang diketahui, kelopak mata dan mata yang berkedut itu merupakan hal yang cukup umum dialami. Kondisi seperti ini disebut dengan myokymia dalam istilah kedokteran, otot yang berkontraksi sekilas-sekilas ini umumnya melibatkan kelopak mata bawah salah satu mata, namun kelopak mata juga dapat berkedut. Biasanya penyebab mata berkedut ini datang dan pergi, tapi jika terjadi selama berbulan-bulan dan cukup sering kamu alami, mungkin berikut ini penyebab dari mata berkedut yang kamu alami.

Penyebab Mata Kedutan Menurut Medis, Wajib Tahu Ini!Penyebab-mata-kedutan

  1. Stress
    Penyebab pertama mengapa mata kamu kedutan yaitu stress, setiap orang pastinya akan merasa di bawah tekanan stress setiap saat. Namun tubuh setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda ketika stress sedang melanda, untuk meredakan stress dan kedutan pada mata ini kamu bisa melakukan yoga untuk latihan pernapasan dan menghabiskan waktu bersama teman atau hewan peliharaan kamu. Selain itu kamu juga bisa memperbanyak waktu istirahat yang menjadi beberapa cara untuk mengurangi stress sebagai salah satu penyebab dari mata kedutan.

  2. Kelelahan
    Penyebab mata kedutan yang selanjutnya yaitu kelelahan, kekurangan tidur baik itu karena stress atau alasan lainnya. Dapat menyebabkan kelopak mata kedutan oleh karena itu dengan menambahkan jam tidur kamu akan menjadi solusi yang terbaik. Mungkin kamu terlalu bersemangat dalam bekerja atau melakukan aktivitas, tapi jangan sampai lupa kalau tubuh butuh istirahat, jangan terlalu memforsir tubuh kamu sampai akhirnya kelelahan, kamu juga harus tahu batasan agar tubuh tidak drop.

  3. Ketegangan Pada Mata
    Selanjutnya yang menyebabkan mata kamu menjadi kedutan yaitu ketegangan pada mata. Ketegangan pada mata ini bisa terjadi misalnya jika kamu membutuhkan kaca mata atau mengganti kaca mata, bahkan masalah penglihatan sederhana dapat terjadi jika kamu membuat mata kamu bekerja lebih berat. Hal ini juga akan menyebabkan kedutan pada mata kamu, jika merasakan gejala seperti ini kamu perlu tes mata dan ganti kaca mata kamu sesuai dengan kondisi terkini. Tegangan mata cukup sering terjadi ketika disebabkan penggunaan komputer, tablet atau ponsel yang berlebihan, jika kamu memang melakukan pekerjaan yang harus melibatkan komputer, setidaknya kamu harus menggunakan kacamata khusus anti radiasi dan sesekali alihkan pandangan kamu dari komputer.

  4. Kafein
    Penyebab mata kedutan yang selanjutnya yaitu kafein, terlalu banyak mengkonsumsi kafein juga bisa menyebabkan mata kamu menjadi kedutan. Sebaiknya coba kurangi untuk mengkonsumsi kopi, teh, coklat dan minuman bersoda selama seminggu atau dua minggu. Biasanya frekuensi kedutannya akan berkurang atau bahkan hilang, bagi orang yang membutuhkan banyak waktu untuk bekerja, bahkan sampai jam malam pastinya akan mengkonsumsi kafein. Namun jika mengkonsumsi kafein yang berlebihan justru akan menjadi bahaya untuk tubuh kamu.

  5. Alkohol
    Mengkonsumsi alkohol memang sudah dikenal tidak baik untuk kesehatan tubuh, selain itu alkohol juga menjadi salah satu penyebab dari mata kedutan. Sebisa mungkin kamu kurangi atau bahkan hindari alkohol karena alkohol dapat menyebabkan kelopak mata menjadi kedutan. Bahkan alkohol juga menjadi salah satu konsumsi adiktif penyebab bertambahnya pasien rumah sakit tertinggi, jadi mulai sekarang untuk menjaga kesehatan tubuh kurangi alkohol dan ganti dengan minuman sehat lainnya.

  6. Mata Yang Kering
    Penyebab mata kedutan yang selanjutnya yaitu mata yang kering, kebanyakan orang dewasa pastinya sering mengalami mata kering, terlebih lagi jika usianya sudah melewati 50 tahun. Mata kering juga merupakan kondisi umum pada orang-orang yang menggunakan komputer, untuk mengatasinya kamu bisa menjalani pengobatan tertentu seperti antidepresan, menggunakan lensa kontak atau mengkonsumsi kafein atau alkohol yang berlebihan. Jika kamu sedang merasa stress, resiko mata kering juga menjadi lebih tinggi, jika kelopak mata kamu berkedut dan mata kamu terasa kering, bisa langsung temui dokter mata untuk mencegah mata kering dan harus mengembalikan kelembaban permukaan mata agar terhindar dari kedutan.

  7. Ketidakseimbangan Nutrisi
    Beberapa penelitian juga menemukan sebuah fakta kalau kekurangan nutrisi bisa membuat mata menjadi kedutan. Seperti misalnya magnesium, bisa juga menyebabkan kejang urat pada kelopak mata, kalau kamu khawatir dengan pola makanmu tidak mencakup semua nutrisi yang kamu butuhkan, sebaiknya kamu membicarakan hal dengan dokter kamu untuk mendapat masukan terkait apa saja nutrisi yang bisa kamu konsumsi.

 

Most Popular