31.6 C
Tangerang
Sunday, January 29, 2023
Home Health Penyebab Munculnya Ruam di Selangkangan, Ketahui Sejak Dini!

Penyebab Munculnya Ruam di Selangkangan, Ketahui Sejak Dini!

Inajournal.com – Rupanya, banyak sekali penyebab ruam di selangkangan bisa muncul bagi kaum pria maupun wanita. Ruam bisa muncul di bagian tubuh manapun, termasuk selangkangan. Tetapi, ruam di selangkangan mungkin akan membuat kamu merasa jauh lebih tidak nyaman karena bisa memicu dorongan untuk selalu menggaruk area selangkangan. Ruam di selangkangan sering sekali disertai kemerahan, rasa gatal, rasa perih dan benjolan yang bisa menyebar sampai ke area genital.

Hal ini sering kali sebagai tanda dari berbagai masalah kesehatan dan kamu perlu tahu penyebab-penyebabnya apa saja untuk kamu waspadai. Kalau kamu sudah merasakan sangat parah, periksakan langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin supaya ruam pada selangkangan tidak akan membuat masalah kesehatan yang lebih parah. Di sana juga kamu akan mendapatkan tindakan dan pengobatan yang tepat dari dokternya, langsung saja ketahui dulu berbagai penyebabnya seperti berikut.

Ini Dia Penyebab Ruam di Selangkangan yang Perlu Diketahui

Penyebab-Ruam-di-Selangkangan

     1. Tinea Cruris

Penyebab ruam di selangkangan yang perlu diketahui pertama yaitu tinea cruris. Tinea cruris merupakan infeksi akibat jamur yang biasa ditemukan di tempat gym dan ruang ganti. Kondisi ini biasanya muncul di daerah selangkangan tetapi, bisa muncul di area lainnya juga. Diantaranya yaitu:

  • Area Paha atas.
  • Area Skrotum.
  • Area Penis.
  • Area Dubur.

Telah dijelaskan kalau tinea cruris bukanlah kondisi yang serius tapi, rasa gatal yang ditimbulkan bisa sangat tidak nyaman dan bahkan sangat menyakitkan.

     2. Biang Keringat

Kemudian penyebabnya juga bisa dikarenakan biang keringat karena biang keringat merupakan ruam yang umum dan tidak berbahaya. Biang keringat biasanya sangat gatal dan muncul di area yang sering menjadi area lembab, seperti:

  • Area di bawah lengan.
  • Area di bawah payudara.
  • Area Dada.
  • Area Punggung.
  • Area Lipatan siku.
  • Area di belakang lutut.
  • Area Pinggang.

Biang keringat itu sering terjadi ketika tubuh memproduksi banyak keringat seperti saat cuaca sedang sangat panas. Gejalanya juga bisa kamu ketahui, seperti:

  • Bintik-bintik merah.
  • Lepuhan bening.
  • Gatal.
  • Sensasi kesemutan.
  • Kemerahan atau perubahan warna bengkak.

     3. Infeksi Jamur

Penyebab ketiga yaitu dikarenakan infeksi jamur Amerika akademik of dermatologi telah mengungkapkan dengan perkiraan 75% dari seluruh perempuan mengalami infeksi jamur di hidup mereka.

Penyebab paling umum dari hal ini dikarenakan pakaian sintetis yang ketat, ada banyak penyebab lainnya juga. Tidak hanya ruang di area genital dan sekitarnya, tanda-tanda lain dari infeksi jamur, meliputi keputihan yang kental, terbakar dan gatal. Kalau kamu mengalami tanda ini, segera kunjungi dokter kandungan.

Gimana nantinya dokter bisa melakukan pemeriksaan dan mengobati dengan tindakan yang tepat, dokter juga bisa merekomendasikan perawatan yang tepat untuk pasien infeksi jamur.

     4. Dermatitis Atopik

Selanjutnya penyebab ruam di Area selangkangan yaitu dikenakan dermatitis atopik atau lebih dikenal sebagai eksim, menyebabkan kulit merah, gatal dan kering. Kondisi ini dialami oleh individu pada usia berapapun dan lebih sering terjadi pada anak-anak.

Ada sekitar 10 hingga 20% anak-anak di dunia mengalami eksim dan sementara hanya 1 sampai 3% orang dewasa yang mengalaminya. Eksim biasanya dimulai dari lipatan siku atau lutut, sering menyebar ke area lain dari tubuh termasuk paha bagian dalam.

Seiringnya waktu, kondisi ini bisa menyebabkan seperti penampilan kasar pada kulit, kulit kering, perubahan warna kulit dan benjolan permanen.

     5. Hidradenitis Suppurativa

Terakhir penyebab munculnya ruam di area selangkangan yaitu dikarenakan hidradenitis suppurativa. Penyebab ini adalah ruam yang langka dan muncul sebagai benjolan seperti jerawat di bawah kulit atau komedo bisa pecah dan mengeluarkan nanah.

Hal ini terjadi di mana kulit bisa bergesekan dengan kulit seperti paha bagian dalam, selangkangan dan juga ketiak. Penyebab munculnya ruam di area selangkangan tidak diketahui, tetapi paling sering terjadi pada orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, orang yang merokok, orang yang mengalami depresi, kecemasan atau keduanya.

Bisa juga terjadi dengan orang yang menderita diabetes sindrom metabolik atau keduanya. HS mempengaruhi perempuan tiga kali lebih banyak daripada laki-laki dan biasanya hal ini dimulai dikarenakan pubertas dan juga menopause. Itulah sederet penyebab ruam di selangkangan yang harus kamu ketahui sekarang juga.

Most Popular