31.6 C
Tangerang
Sunday, September 25, 2022
Home Health Perempuan Wajib Tahu! Fakta Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi

Perempuan Wajib Tahu! Fakta Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi

inajournal.com – Sebagai perempuan wajib mengetahui fakta menjaga kebersihan saat menstruasi, bagi seluruh perempuan menstruasi merupakan hal yang umum  terjadi. Menstruasi merupakan tanda dari kematangan tubuh perempuan untuk proses reproduksi, MKM atau Manajemen Kebersihan Menstruasi merupakan informasi penting yang biasa diturunkan dari ibu atau mungkin pelajaran biologi di sekolah. Maka dari itu edukasi tentang kebersihan dan kesehatan saat haid sangat penting, mengetahui pentingnya MKM ini sangat penting untuk menghindari berbagai penyakit berbahaya yang bisa saja menyerang kamu, seperti infeksi hingga kanker.

Fakta Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi Yang Wajib DiketahuiMenjaga Kebersihan Saat Menstruasi

Menstruasi Merupakan Hal Biasa, Namun MKM Tetap Penting

Menstruasi merupakan fenomena biologi yang umum dialami oleh kaum hawa, darah menstruasi sejatinya adalah lapisan dalam rongga rahim yang ditempeli oleh sel telur yang siap dibuahi. Namun jika tidak dibuahi maka lapisan yang menebal tersebut meluruh dalam satu bulan, maka dari itu muncul cairan lendir yang bercampur darah secara periodic. Walaupun tidak mengganggu kesehatan, menjaga kesehatan dan kebersihan selama masa menstruasi sangat penting, karena jika tidak menjaga kesehatan dengan benar justru akan menjadi penyakit.

Pentingnya MKM Untuk Perempuan Dan Resikonya

Fakta menjaga kebersihan saat menstruasi selanjutnya pentingnya MKM, darah haid dapat menjadi makanan dan tempat bakteri berkembang biak. Maka dari itu para perempuan butuh pembalut yang bersih dan menggantinya sesering mungkin di tempat yang bersih juga. Pembalut juga bisa menjadi tempat kembang biak bakteri, maka dari itu pembuangan pun juga tidak boleh sembarangan dan perlu akses toilet, air dan sabun untuk membersihkan diri. Jika MKM ini tidak diamalkan dengan baik, maka akan terjadi infeksi saluran reproduksi, infeksi jamur, hingga kanker serviks.

Prosedur MKM

menurut Prof. Dwiana hanya ada 1 dari 3 perempuan Indonesia yang memiliki kesadaran akan pentingnya MKM, kebiasaan MKM yang dimaksud yaitu cuci bersih pembalut yang sudah digunakan dan masukkan ke kantong plastik, buang pembalut habis pakai tersebut ke tong sampah, jika menggunakan pembalut cuci ulang, sebaiknya segera cuci pembalut setelah menggunakannya, ganti pembalut setiap 4 sampai 5 jam sekali, mandi dua kali sehari untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, cuci tangan dengan air dan sabun sebelum dan sesudah mengganti pembalut, gunakan air mengalir atau shower untuk membersihkan organ kewanitaan, mulai dari arah depan ke belakang.

Jika kamu menggunakan cairan pembersih vagina, pastikan harus sesuai dengan pH vagina yaitu 3,5 – 4,5, sebaiknya jangan menggunakan sabun badan karena memiliki pH yang tinggi dan dapat menyebabkan infeksi. Menurut kabar yang beredar penggunaan pembalut dapat menyebabkan kanker serviks, kebiasaan mandi air hangat bisa memperparah datang bulan dan mengkonsumsi air dingin bisa menyebabkan perut kram, namun semua itu tidak benar atau hoaks.

Infeksi Organ Reproduksi Saat Datang Bulan

Fakta menjaga kebersihan saat menstruasi selanjutnya tidak hanya emosi, ternyata organ reproduksi juga sedang tidak stabil di saat menstruasi. Jika MKM ini tidak diterapkan dengan baik, maka bisa terjadi infeksi pada organ kewanitaan, infeksi ini bisa terbagi menjadi dua yaitu bakteri dan jamur. Infeksi bakteri pada vagina atau vaginosis sebenarnya tidak berbahaya, namun bisa menimbulkan gejala mengganggu seperti keputihan yang gatal dan berbau.

Selain itu vaginosis atau bakteri juga bisa meningkatkan resiko HIV/AIDS, kanker serviks hingga komplikasi persalinan, bagi yang belum pernah kontak seksual, infeksi jamur pada vagina bisa terjadi karena kondisi yang lembab dan kelalaian menjaga MKM memudahkan infeksi jamur dan akan timbul gejala pembengkakan pada vagina dan vulva, keputihan dan rasa gatal yang mengganggu.

Infeksi saluran kemih juga dapat terjadi karena tidak mengetahui MKM yang benar dan akan menimbulkan gejala yang beragam, ISK bisa menyebabkan komplikasi parah, bahkan bisa menyebabkan kematian jika tidak diatasi dengan benar. Sedangkan kanker serviks sendiri tidak serta merta diakibatkan oleh MKM, sebagai langkah pencegahan, semua perempuan sangat dianjurkan untuk mendapatkan vaksin HPV, jadi mulai sekarang semua perempuan wajib menjaga kebersihan saat sedang menstruasi untuk menghindari berbagai penyakit berbahaya.

 

Most Popular