31.6 C
Tangerang
Friday, December 9, 2022
Home Lifestyle Permainan Jadul Yang Dapat Mengasah Tumbuh Kembang Anak Kamu Selama Di Rumah!

Permainan Jadul Yang Dapat Mengasah Tumbuh Kembang Anak Kamu Selama Di Rumah!

Permainan saat ini sangat banyak jenisnya, dengan berkembangnya teknologi permainan juga ikut berkembang. Banyak permainan yang dapat dimainkan secara online, atau di mainkan menggunakan smartphone atau pc, jenis jenis game memang sangat beragam, untuk perempuan ada dan untuk laki laki pun ada.

Beberapa permainan digital memiliki manfaat seperti mengasah otak, mengasah kecepatan dan mengasah daya ingat. Namun permainan jaman dulu atau mainan jadul juga tak kalah menarik dari mainan masa kini yang sudah canggih. Pada zaman dahulu, sebelum adanya smartphone, banyak anak anak yang menciptakan permainannya sendiri.

Namun ternyata menurut peneliti, permainan jadul mampu mengasah tumbuh kembang anak, jadi tak hanya menyenangkan namun dapat mengasah tumbuh kembang. Daripada sejak kecil sudah mengenalkan anak dengan gadget, sebaiknya ajak anak bermain permainan jadul, seperti permainan berikut ini.

Permainan Jadul Ini Dapat Mengasuh Tumbuh Kembang Anak

Dampu

permainan jadul
Permainan tradisional ini dikenal sebagai engklek, cara bermainnya dengan menggambar kotak kotak yang masing masing kotaknya diberi tulisan angka, sebelum menuliskan angka minta si kecil menyebutkan angka angkanya. Permainan ini bermanfaat untuk mengasah otak anak, selain itu juga baik untuk melatih motorik dan mengasah pusat keseimbangan di otak. Selain angka, kotak kotak yang digambar juga dapat ditulis dengan huruf atau digambar dengan beraneka bentuk.

Petak Umpet

permainan jadul
Permainan yang satu ini sangat mudah dan tidak perlu membutuhkan alat alat, bermain petak umpet juga bisa dilakukan di dalam rumah. Permainan ini akan melatih kemampuan si kecil untuk berhitung dan mengatur strategi dalam memikirkan tempat persembunyian yang aman dan tidak mudah ditebak. Bagi orang dewasa permainan ini mungkin hal yang mudah, namun bagi anak anak permainan ini sangat menantang.

Layang Layang

layang
Untuk bermain layang layang butuh angin yang cukup kencang, permainan yang butuh angin kencang ini akan membuat anak berlari, hal ini dapat melatih strategi dan kekuatan tangan dalam mengatur layang layang, dan belajar menyelaraskan diri dengan alam. Selain itu bermain dibawah sinar matahari pagi atau sore juga akan mencukupi asupan vitamin D sang anak.

Gobak Sodor

sodor
Permainan yang membutuhkan banyak orang ini juga sangat mengasyikan, gobak sodor dimainkan secara berkelompok. Kelompok yang satu menjaga pintu yang digambarkan dengan garis lurus melintang, dan kelompok lain berusaha untuk melewati setiap penjaga pintu hingga mencapai tujuan dan menerobos pintu. Permainan ini melatih kerja sama antara satu anak dengan yang lain, melatih ketangkasan, ketepatan dalam mengambil keputusan, dan juga dapat mencegah kegemukan, karena permainan ini membutuhkan banyak gerak.

Kotak Pasir

Kotak Pasir
Anak anak biasanya senang bermain hal hal yang bisa diubah ubah, seperti bermain pasir. Kebanyakan anak senang bermain pasir, karena bisa dibentuk sesuai keinginannya, permainan satu ini memang perlu dilakukan diluar rumah untuk menjaga kebersihan rumah. Permainan ini dapat mengembangkan imajinasi sang anak dan mengasah kreativitas, karena sang anak bisa berfantasi dengan membuat istana, hewan, benteng dan bentuk bentuk lain.

Congklak

congklak
Permainan ini menggunakan biji bijian atau kerang kecil untuk alat mainnya, permainan ini tidak harus dilakukan di luar rumah dan bisa dilakukan dengan ibu, ayah atau kakak. Dalam permainan ini dapat mengasah anak dalam berhitung.

Lompat Karet

lompat karet
Permainan yang satu ini memang diperuntukan anak anak yang sudah memasuki usia 7-12 tahun, bermain lompat karet dapat mengasah konsentrasi sang anak dan juga bisa sekalian olahraga. Dalam permainan ini anak harus melompati karet, dan memiliki level, pertama level yang paling rendah, sampai level tertinggi yaitu di atas kepala, hal ini juga akan mengasah kelenturan tubuh sang anak. Sebelum bermain sebaiknya orang tua mengajarkan anak merangkai karet gelang hingga panjang yang diinginkan.

Yoyo

yoyo
Yoyo biasanya identik dengan mainannya anak laki laki, namun beberapa anak perempuan juga banyak yang menyukai mainan ini. Saat ini permainan ini sulit sekali ditemukan, jaman dahulu yoyo dibuat menggunakan kayu, namun berkembangnya zaman yoyo dibuat dengan bahan plastik dengan bentuk yang semakin modern. Bermain yoyo dapat melatih kelenturan gerak lengan dan jari, awalnya memang terlihat sulit, tetapi tak ada salahnya jika terus mengajarkan sang anak, selain itu bermain yoyo juga dapat melatih konsentrasi dan kesabaran anak.

Most Popular