31.6 C
Tangerang
Sunday, July 3, 2022
Home Lifestyle Pertimbangan Sebelum Adopsi Hewan, Wajib Ketahui Hal Penting Ini!

Pertimbangan Sebelum Adopsi Hewan, Wajib Ketahui Hal Penting Ini!

Inajournal.comIngin mengadopsi hewan? Berikut ini ada beberapa pertimbangan sebelum adopsi hewan yang harus kamu ketahui. Banyak orang yang memilih untuk mengadopsi hewan untuk menemani kesepiannya, kalau lihat dari video hewan lucu rasanya ingin memilikinya bukan? Namun untuk mengadopsi hewan tidak semudah yang kamu bayangkan, jangan hanya memikirkan lucunya saja, karena hewan juga makhluk hidup yang membutuhkan perawatan dan tidak jauh dari perawatan manusia. Mulai dari makanan, tempat, kesehatan, mainan, dan masih banyak yang harus kamu perhatikan sebelum memilih hewan peliharaan.

Pertimbangan Sebelum Adopsi Hewan, Catat Hal Penting!

Pertimbangan-Sebelum-Adopsi-Hewan

  1. Pastikan Kamu Benar-Benar Berkomitmen
    Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan yaitu memastikan kalau kamu benar-benar sudah berkomitmen untuk mengadopsi hewan. Perlu kamu ingat kalau hewan membutuhkan makanan, minuman, main dan masih banyak lagi kebutuhan setiap harinya, yakin kamu memiliki waktu dan energi yang memadai untuk melatih dan merawat mereka? Kamu tidak bisa seenaknya meninggalkan hewan peliharaan kamu saat sedang sibuk maupun lelah, kalau ragu sebaiknya pertimbangkan lagi akan mengadopsi hewan atau tidak. 
  2. Cocokkan Karakteristik Hewan Dengan Gaya Hidupmu
    Pertimbangan sebelum adopsi hewan yang selanjutnya kamu harus mencocokkan karakteristik hewan dengan gaya hidupmu, kalau kamu memilih berdasarkan tingkat keimutannya takutnya malah jadi pilihan yang tidak tepat. Sifat hewan itu berbeda-beda, ada yang aktif, clingy, suka menyendiri dan masih banyak lagi, jangan sampai kamu menelantarkan hewan peliharaanmu karena  tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Jika kamu sering aktif di luar rumah, kamu bisa memilih peliharaan yang less needy, seperti ikan atau hamster, kalau kamu memiliki lebih banyak waktu, kamu bisa merawat anjing atau beberapa jenis kucing yang enerjik. Needy atau enggak bukan berarti kamu bisa seenaknya mengabaikan mereka, kamu harus tetap memberikan mereka sedikit waktu. Jangan lupa bulu anjing dan kucing juga sering rontok, kalau terbiasa sama rumah yang bersih, yakin kamu bisa menyesuaikan diri dengan rumah yang berbulu? Kamu harus bisa mengenali terlebih dahulu tipe atau jenis hewan yang akan kami pilih, tetaplah terbuka untuk berbagai pilihan. 
  3. Cocokkan Dengan Lingkunganmu
    Lingkungan jadi salah satu masalah yang suka dilupakan, misalnya kamu tinggal di apartemen, kamu gak bisa sembarangan membawa hewan masuk dan pastinya membutuhkan izin terlebih dahulu. Kalau tidak mendapatkan izin, bisa-bisa peliharaanmu akan dikembalikan atau ditinggalkan gitu saja, pikirkan juga masalah suara hewan yang kamu pilih. Saat kamu kerja seharian, apakah hewan peliharaanmu akan berisik atau tidak, gimana kamu mengatasinya kalau mereka mengganggu tetangga? Hal-hal seperti ini wajib kamu perhatikan. Kamu perlu memikirkan ruangan jika ingin memelihara anjing atau kucing karena hewan tersebut membutuhkan ruang luas untuk bermain dan berlari. Hewan apapun yang kamu pilih untuk dibawa pulang, pastikan kamu sudah memikirkan ruang yang sudah kamu sediakan untuk mereka. 
  4. Edukasi Diri Mengenai Baik Dan Buruk Untuk Hewan
    Pertimbangan sebelum adopsi hewan yang selanjutnya mengedukasi diri mengenai baik dan buruk untuk hewan. Ada baiknya kamu cari tahu terlebih dahulu kebutuhan hewan yang akan kamu adopsi, agar nantinya mereka tidak stress, sampai saat ini banyak konsepsi yang salah pada hewan peliharaan yang justru membuat mereka tidak bisa hidup dengan nyaman. Misalnya kamu ingin memelihara hamster, kamu tidak harus takut mereka kesepian, hamster adalah hewan yang teritoral sehingga lebih baik ia hidup sendiri. Sayangnya masih banyak pemilik yang membelikan kandang kecil untuk hamster, padahal hamster membutuhkan kandang yang cukup besar, masih banyak fakta tentang hewan peliharaan yang harus kamu riset terlebih dahulu. 
  5. Sisihkan Uang Untuk Biaya Perawatan
    Kalau sudah memutuskan untuk mengadopsi hewan, tentunnya kamu harus memperhatikan pengeluarkan bulanan. Perlu di ketahui biaya untuk hewan peliharaan kita harus selalu jadi prioritas utama, banyak sekali orang yang harus melepaskan hewan peliharaan karena pengeluaran yang tinggi. Mulai dari perawatan dokter, proses sterilisasi, grooming, makanan, vitamin, training, mainan, dan masih banyak lagi, biaya ini masih bisa bertambah dengan cepat sesuai dengan kebutuhan. Perawatan anjing perbulan kisarannya antara Rp 740 ribu hingga Rp 1,9 juta, sedangkan untuk kucing berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta perbulan, sedangkan hewan yang lebih kecil berkisar Rp 300 hingga 800 ribuan, belum termasuk suplemen dan vitamin serta mainan dan aksesoris lainnya.

 

Most Popular