31.6 C
Tangerang
Tuesday, August 9, 2022
Home Lifestyle Pilihan Tanaman Terbaik Untuk Terrarium yang Cantik, Wajib Jadi Pilihan!

Pilihan Tanaman Terbaik Untuk Terrarium yang Cantik, Wajib Jadi Pilihan!

inajournal.com – Beberapa waktu belakangan ini penanaman di terrarium menjadi salah satu hobi untuk para penggemar tanaman, mungkin sebagian orang sudah tahu dari dulu. Terrarium sendiri adalah memasukkan segala koleksi kedalam pot yang memiliki ukuran mini, tidak hanya lebih fleksibel dan tidak makan ruang, menatap taman mini ini juga sangat ampuh untuk menyegarkan kembali pikiran. Tapi tidak semua tanaman dapat ditanam di dalam terrarium, karena kondisi ruang yang kecil dan udara terbatas, buat kamu yang pengen coba menanam tanaman ini,m berikut ada beberapa pilihan tanaman terbaik untuk terrarium yang bisa kamu pilih.

Rekomendasi Tanaman Terbaik untuk Terrarium, Cantik Banget!

 

Baby Tears

Yang pertama kamu bisa memilih baby tears. Tanaman hias ini memiliki nama latin soleirolia soleirolii yang sangat populer untuk mengisi terrarium. Tanaman ini merupakan tanaman dengan susunan dedaunan yang kecil dan mudah diatur. Tanaman ini juga memiliki daya tahan yang cukup tinggi, karena dapat menyimpan kandungan air di setiap batang dan daunnya.

Meskipun kecil tapi jangan lupa untuk rutin menyiramnya, baby tears juga membutuhkan setoran cahaya yang cukup banyak, jadi sebaiknya diposisikan tanaman ini dekat jendela atau ventilasi lain. Tidak hanya bisa untuk terrarium, baby tears juga dapat kamu manfaatkan untuk tanaman gantung di dalam ruangan yang akan membuat ruangan terlihat makin asri dan nyaman dipandang.

 

Pothos

Tanaman yang bisa kamu jadikan pilihan yaitu Pothos. Hampir kebanyakan orang pasti sudah kenal dengan jenis tanaman yang satu ini, karena pothos sangat populer digunakan sebagai tanaman indoor maupun outdoor. Pothos sendiri memiliki daya tahan yang sangat baik. Oleh karena itu sangat cocok untuk terrarium, mungkin kamu juga harus menyesuaikan dengan ukuran pot karena tumbuhan ini memiliki daun yang cukup lebar dan akan sangat memakan tempat.

Tapi kamu masih bisa menanamnya hanya dengan beberapa daun saja, jadi akan terasa lebih ringkas untuk terrarium, selain itu pothos juga membutuhkan setoran air yang tidak terlalu banyak. Karena jika terlalu lembab akar dan batangnya akan cepat membusuk, oleh karena itu jangan terlalu banyak memberikan air.

 

Prayer Plant

Yang selanjutnya yaitu prayer plant atau bisa disebut juga dengan maranta yang memiliki tampilan cantik dan sangat memanjakan mata. Tanaman ini memiliki perpaduan warna yang menarik. Dengan tambahan motif lurik yang semakin mempercerah nuansanya, tanaman ini menyukai cahaya tidak langsung.

Jadi sangat cocok untuk terrarium kamu. Kamu bisa menanam sebatang dengan daun yang sedikit saja, agar tidak memenuhi ruang, jenis maranta ini tidak terlalu butuh air yang berlebihan, kamu hanya perlu memastikan kelembapan media tanamnya saja, sangat mudah bukan merawat tanaman ini?

 

Aluminium Plant

Sesuai dengan namanya, pilea atau aluminium plant ini memiliki paduan warna perak dan hijau yang sangat menarik dan unik. Dengan corak yang menyerupai otot dengan permukaan menonjol, pilea akan meramaikan taman mini kamu. Pilea ini juga dapat bertahan di kondisi yang minim cahaya. Karena tumbuhan ini lebih mudah menjalar dan tumbuh subur, jadi kamu harus lebih rajin untuk mengatur dan memangkas sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan.

Selain itu tanaman ini hanya membutuhkan kelembapan yang cukup, jadi sebaiknya saat media tanam sudah sedikit mengering, karena karakter tanaman ini begitu mudah subuh, sangat cocok bagi kamu yang baru pertama kali belajar bercocok tanam, kamu wajib memilih tanaman ini!

 

Tanaman Polka Dot

Tanaman hypoestes phyllostachya atau yang biasa disebut dengan tanaman polka dot memiliki nuansa yang sangat menakjubkan. Tanaman ini memiliki bentuk mungil dan corak yang menarik, tanaman ini wajib jadi pilihanmu untuk terrarium. Dijamin ampuh untuk meramaikan suasana taman miniatur mu.

Tanaman polkadot ini juga memiliki variasi yang sangat beragam, dengan paduan warna yang berbeda-beda dan tanaman ini juga hanya membutuhkan penyiraman yang teratur untuk menjaga kelembapannya. Untuk setoran cahayanya polka dot dapat bertahan di kondisi terang maupun cahaya tidak langsung, dari beberapa tanaman terbaik untuk terrarium yang sudah disebutkan di atas mana yang paling menarik untuk kamu miliki?

 

Most Popular