31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Lifestyle Pola Asuh Anak Yang Membuat Anak Menjadi Gak Egois Dan Pengertian

Pola Asuh Anak Yang Membuat Anak Menjadi Gak Egois Dan Pengertian

Mengapa pola asuh anak sangat penting? Sebab pola asuh yang tepat bisa menghasilkan anak yang berkarakter baik, namun sayangnya masih banyak orang tua yang tidak memperhatikan pola asuh apa yang seharusnya diterapkan pada anak. Anak tidak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik jika diasuh dan dibesarkan dengan buruk, dan hal ini berkaitan dengan cara orang tua mengasuh anaknya setiap hari. Ada berbagai jenis pola asuh yang bisa diterapkan pada anak, namun sebelumnya sebagai orang tua seharusnya mengetahui terlebih dahulu karakter anak seperti apa.

Tak heran banyak anak yang tumbuh menjadi anak yang kasar dan egois pada orang tua dan sekitar, namun ada juga anak yang baik dan sangat pengertian pada orangtuanya. Semua itu juga didasari dengan cara orang tua membesarkan anaknya, membesarkan anak memang bukan hal yang mudah dilakukan, maka dari itu sebelum menjadi orangtua harus bisa memahami bagaimana pola asuh yang benar untuk anak agar bisa membuat anak menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya.

Jika anak sudah besar dan mulai menunjukan sikap sikapnya tidak diinginkan orang tua, di sanalah orang tua seharusnya bisa menyadari bagaimana pola asuh yang diterapkan saat anak masih kecil. Berikut ini pola asuh yang tepat agar anak menjadi pribadi yang baik, tidak egois dan pengertian.

Pola Asuh Anak Yang Tepat Agar Menjadikan Pribadi Yang Baik

Pola asuh anak

1. Diberi Afeksi Kasih Sayang Dengan Jelas

Mungkin kebanyakan orang tua tidak menyadari hal ini, anak yang diberi afeksi kasih sayang akan tumbuh menjadi anak yang sangat pengertian. Anak yang penuh kasih sayang bisa tahu kalau orangtuanya menyayangi anaknya, sehingga sang anak bisa membalas rasa sayang itu dengan menjadi anak yang tidak egois.

2. Dekatnya Hubungan Hingga Menjadi Teman Cerita

Pola asuh anak yang satu ini akan berdampak baik pada anak, setiap orang tua memiliki tingkat kedekatan pada anak berbeda beda. Orangtua yang dekat dengan anaknya bahkan sampai menjadi teman curhat untuk satu sama kamu bisa membangun jiwa pengertian dalam diri anak. Dengan kamu bercerita, anakmu bisa mengetahui kalau kamu sedang tidak baik baik saja, sehingga hal tersebut membuat anak kamu tidak menjadi penuntut dan menjadi anak yang baik untuk kamu.

3. Selalu Berterimakasih Ketika Anak Membantu Sesuatu

Sebagai orangtua juga harus mengajarkan anak berterima kasih, jika anak membantu kamu sesuatu jangan lupa untuk berterima kasih. Hal ini membuat anak menjadi pengertian dan gak egois, anak akan senang jika yang ia lakukan diapresiasi dan dihargai oleh orang tua. Dengan cara ini juga anak akan mengerti harus mengucapkan terimakasih pada orang yang membantunya.

4. Jangan Mengatur Dengan Otoriter Dan Tanpa Pernah Memaksa

Pola asuh anak seperti ini membuat anak tidak egois, jangan mengasuh anak dengan otoriter dan jangan memaksakan kehendak pada anak. Sebab saat orangtua mencoba mengerti dirinya, anak juga akan mencoba mengerti dirimu, tentu saja hal ini harus dibarengi dengan cara komunikasi yang tepat dan maksud tersebut bisa tersampaikan dengan baik.

5. Membiasakannya Untuk Ekspresif Menunjukkan Rasa Sayang

Jika kamu menunjukkan perasaan sayang kamu pada anakmu dengan memberikan afeksi afeksi sayang secara terang terangan dan tulus. Anak akan belajar dari bagaimana kamu menyayanginya, jika kamu ingin memiliki anak yang pengertian terapkanlah cara pola asuh seperti ini. Nantinya anak kamu akan meniru cara kamu menyayangi nya.

6. Selalu Memberi Pujian Dan Mengerti Perasaan

Pola asuh anak yang satu ini bisa membuat angka kamu mengerti perasaan kamu, berilah pujian untuk anak jika ia melakukan sesuatu dengan baik. Dengan cara ini membuat anak merasa dirinya dihargai dan senang melakukan hal hal baik, saat anak merasakan sesuatu hargai perasaanya. Jika kamu bisa memahami perasaan anak, anak juga bisa memahami perasaan kamu nantinya.

Most Popular