31.6 C
Tangerang
Monday, October 25, 2021
Home Foodie Rekomendasi Berbagai Olahan Mie Asal China Yang Bikin Nagih

Rekomendasi Berbagai Olahan Mie Asal China Yang Bikin Nagih

Inajournal.com – Disetiap negara pastinya memiliki olahan mie masing-masing, berikut ini ada beberapa olahan mie asal China yang menggugah selera dan tidak boleh kamu lewatkan pastinya. Mie sendiri merupakan hidangan yang tidak asing lagi di dunia dan di beberapa negara Asia memiliki olahan mie yang sangat populer. Mulai dari Ramen dari Jepang,  Naengmyeon dari Korea dan masih banyak lagi olahan mie lezat, salah satunya dari China, negeri tirai bambu ini juga memiliki berbagai olahan mie yang tidak kalah lezat pastiny. China memiliki berbagai ratusan olahan mie yang unik dan sayang kalau kamu lewatkan.

Berbagai Olahan Mie Asal China Yang Bikin Perut Keroncongan

Olahan-Mie-Asal-China
Mie Wonton

Olahan mie pertama asal China yang pertama yaitu Mie Wonton, mie asal Guandong ini merupakan mie kuah yang berisi pangsit. Wonton sendiri merupakan pangsit asal China yang diberi isian seperti daging babi dan udang, kemudian untuk mienya sendiri dibuat menggunakan tepung dan telur tanpa air dan dibentuk tipis-tipis. Mie Wonton ini memiliki cita rasa ringan yang tidak pedas dan tidak berminyak karena kuahnya menggunakan kaldu seafood dan juga tulang babi. Bagi kamu yang sedang berkunjung ke China, mie yang satu ini menjadi pilihan tepat untuk menemani waktu liburan kamu.

Olahan-Mie-Asal-China
Mie Biang Biang

Olahan Mie asal China yang selanjutnya yaitu Mie Biang Biang, nama biang biang sendiri berasal dari suara mie yang diulen ketika proses pembuatannya. Mie yang satu ini merupakan salah satu mie asal provinsi Shaanxi yang memiliki lebar hingga 3 cm dan memiliki panjang 1 cm. Kemudian mie akan direbus dalam kuah kemudian di sajikan dengan topping berupa merica Shicuan, cumin, cabai dan daun bawang, karena mienya yang terbilang lebar, mie biang biang ini juga dikenal dengan nama mie sabuk. Biasanya mie ini dmasak dengan cara di goreng berama dengan daging sapi maupun daging babi lengkap dengan sayurannya.

Olahan-Mie-Asal-China
Daoxianmian

Yang selanjutnya yaitu Daoxianmian yang merupakan mie asal Provinsi Shaanxi atau juga disebut mie potongan pisau. Disebut seperti itu karena memang proses pembuatan mie ini cukup unik dengan cara memotong adonan mie secara random menggunakan pisau menuju ke kuah kaldu. Karena proses pembuatannya inilah yang membuat daoxianmian ini memiliki ukuran mie yang berbeda-beda, mie ini juga terbilang sangat populer dikalangan Muslim China karena halal dan banyak ditemukan di daerah Muslim Xi’an. Untuk menambah cita rasa, daoxianmian ini disajikan bersama dengan daging kambing dan sayuran, biasanya juga menggunakan hidangan osengan sayuran dan daging kambing asal Uyghur.

Olahan-Mie-Asal-China
Dan Dan Mian

Olahan Mie asal China yang selanjutnya yaitu Dan Dan Mian, mie yang satu ini berasal dari Provinsi Sichuan tepatnya di ibu kota Chengdu. Mie khas China yang satu ini wajib kamu cicipi kalau sedang berkunjung ke China, bagi pecinta makanan pedas juga tidak boleh melewatkan mie yangs atu ini. Pasalnya mie dan dan ini dimasak mengggunakan minyak cabai, cabai segar, merica Shicuan dan pasta wijen untuk menambah cita rasanya agar semakin lezat, dan dan mian ini juga biasanya ditambahkan daging sapi atau daging babi sebagai garnishnya. Bahkan saking pedasnya mie yang satu ini, beberapa negara membuat versi mie dan dan ini dengan mengurangi rasa pedasnya. Ingin mentang diri dengan mencicipi mie pedas ini?

Olahan-Mie-Asal-China
Zhanjiangmian

Yang selanjutnya yaitu Zhanjiangmian, kalau kamu mengenal mie asal Korea yang bernama jajangmyung. Mie yang satu ini merupakan versi China yang banyak ditemukan di Kota Beijing, hampir mirip dengan versi Korea, zhajiangmian ini juga menggunakan mie yang tipis dan terbuat dari bahan gandum serta pasta kedelai yang difermentasi. Tidak hanya pasta kedelai, potongan daging sapi atau babi juga dimasukan ke dalam saus mie ini untuk menambah cita rasa agar semakin lezat. Zhajiangmian ini termasuk salah satu hidangan yang simpel dan terbilang cukup murah, sehingga banyak yang menyukai mie yang satu ini. Bagi kamu yang penasaran dengan mie yang satu ini, jangan lupa mencicipi kalau main ke China, tapi bagi kamu yang muslim bisa mencari mie yang dicampur dengan daging sapi.

Most Popular