31.6 C
Tangerang
Thursday, December 1, 2022
Home Foodie Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Lansia Yang Akan Membuat Orang Tuamu Hidup Lebih...

Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Lansia Yang Akan Membuat Orang Tuamu Hidup Lebih Lama!

Seiring dengan bertambahnya usia maka kebutuhan asupan ke dalam tubuh juga harus semakin terkontrol. Bagi para lansia tidak bisa makan makanan yang sembarangan apalagi yang tidak memiliki nilai gizi sama sekali.

Namun dengan berkurangnya energi dan pergerakan yang melambat membuat mereka para lansia menjadi malas untuk membuat makanan yang sehat dan bergizi. Padahal makanan tersebut sangat dibutuhkannya untuk meningkatkan energi dalam beraktivitas sehari-hari dan membantu untuk mencegah timbulnya penyakit kronis.

Makanan yang baik untuk para lansia adalah makanan yang rendah kalori, karena metabolisme di tubuh akan melambat sehingga hanya membutuhkan sedikit kalori. Tubuh seorang lansia juga memerlukan lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan yang masih mudah.

Oleh karena itu sangat penting untuk lansia memperhatikan asupan hariannya. Semakin tua usia seseorang maka kebutuhan gizinya pun akan semakin berubah sehingga mereka perlu menyesuaikan pola makan agar terhindar dari masalah gizi atau penyakit lainnya. Berikut ini ada beberapa rekomendasi Makanan Sehat untuk lansia.

Beberapa Makanan Sehat Yang Harus Dikonsumsi Lansia

Makanan Rendah Gula

Bagi para lansia yang memiliki masalah seperti diabetes, tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi maka harus menghindari makanan yang tinggi akan gula. Sebaiknya para lansia mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, rendah lemak dan rendah gula.

Karena cara kerja organ tubuh semakin melemah jadi sangat disarankan untuk tidak banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi akan gula dan lemak. Para dokter juga banyak yang menyarankan untuk para lansia agar menghindari makanan yang mengandung garam berlebih. Atau dalam kata lain harus mengkonsumsi makanan yang rendah garam agar terhindari dari penyakit serius seperti kolesterol.

Makanan Yang Kaya Vitamin

Lansia sangat membutuhkan makanan yang kaya dengan vitamin dan nutrisi seperti vitamin K, vitamin C dan vitamin A dan semua itu bisa anda dapatkan dari berbagai jenis sayuran berdaun hijau. Salah satu contoh sayuran berdaun hijau yang bisa dikonsumsi oleh lansia adalah sayur bayam, sawi, kale dan masih banyak lagi.

Selain harus mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, lansia juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 seperti ikan, daging, telur dan susu. Makanan-makanan tersebut sangat baik untuk dikonsumsi oleh lansia karena dapat memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Vitamin B12 sendiri sangat penting dalam proses pembentukan sel darah merah dan DNA serta juga dapat menjaga fungsi saraf agar tetap baik.

Makanan Berserat

Makanan Sehat untuk lansia selanjutnya adalah makanan yang berserat. Karena biasanya para lansia banyak yang mengalami masalah dalam pencernaan. Oleh karena itu untuk menghindari masalah tersebut sebaiknya lansia mengkonsumsi makanan berserat setiap harinya agar melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Selain itu, makanan berserat juga mampu menghindari para lansia dari penyakit jantung.

Untuk menghindari penyakit kolesterol maka lansia harus rajin mengkonsumsi makanan berserat. Salah satu sumber serat yang bisa lansia konsumsi adalah kacang-kacangan, biji-bijian, oat, gandum utuh, buah-buahan dan juga sayur-sayuran. Dengan begitu para lansia akan terhindar dari masalah pencernaan.

Memenuhi Kebutuhan Cairan

Orang yang sudah berusia lanjut biasanya kurang memperhatikan soal asupan cairan ke dalam tubuh. Padahal setiap orang itu membutuhkan setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya. Namun banyak orang tua yang menyepelekan tentang hal ini.

Harus dipastikan bahwa lansia mendapatkan asupan cairan yang cukup setiap harinya. Tentu saja hal tersebut berguna agar fungsi organ tubuh lansia tetap terjaga dengan baik. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup juga dapat melancarkan saluran pernapasan dan menjaga kelembaban kulit.

Makanan Yang Mudah Disiapkan

Banyak para lansia yang sudah tidak bisa lama berdiri untuk menyiapkan makanan maka sebaiknya lansia memilih jenis Makanan Sehat yang bergizi dan juga mudah untuk dibuat, sehingga tidak akan menyulitkan lansia itu sendiri.

Salah satu contohnya adalah lansia bisa memakan sayuran kalengan yang rendah garam, buah kalengan rendah gula, ayam panggang yang sudah dimasak sebelumnya, salad instan, dan masih banyak lagi. Namun patut diperhatikan untuk memilih produk makanan yang hanya memiliki sedikit kadar gula, garam dan lemak. Lansia juga harus memilih jenis makanan yang kaya akan serat, vitamin dan mineral.

Most Popular