31.6 C
Tangerang
Wednesday, December 7, 2022
Home Health Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Paru-Paru Agar Mendapatkan Nutrisi Penting

Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Paru-Paru Agar Mendapatkan Nutrisi Penting

Ada beberapa penyakit yang paling menakutkan di dunia ini selain penyakit jantung, yaitu kanker paru-paru. Berbagai penyakit kanker paru-paru yang biasa ditemui adalah pneumonia, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan penyakit asma yang dapat membatasi kemampuan anda dalam menghirup oksigen. Dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk paru-paru ini akan membantu anda melindungi paru-paru dari berbagai resiko penyakit serius. Karena, paru-paru merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh yang cukup beresiko.

Paru-paru membutuhkan oksigen yang cukup untuk melakukan tugasnya. Jika asupan oksigen yang masuk sudah berkurang atau tidak baik, maka fungsi kerja paru-paru juga akan berkurang. Jika hal tersebut sudah terjadi maka anda hanya bisa mengobati paru-paru yang sudah rusak tersebut. Oleh karena itu, agar hal tersebut tidak menimpa anda sebaiknya konsumsi beberapa makanan sehat ini agar kebutuhan nutrisi paru-paru dapat terpenuhi. Langsung saja berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Beberapa Makanan Sehat Untuk Paru-paru Yang Mudah Ditemukan

Wortel

makanan sehat untuk paru-paru

Wortel merupakan salah satu makanan yang sehat untuk paru-paru anda. Sebab, wortel memiliki kandungan karotenoid yang bisa mengurangi stres oksidatif. Manfaat dari karotenoid ini juga dapat mencegah penyakit kanker paru-paru dan memperbaiki kapasitas paru dalam bernafas terutama pada orang-orang yang memiliki penyakit asma. Salah satu jenis karotenoid yang terdapat di dalam wortel adalah likopen yang dipercaya dapat mengurangi peradangan pada saluran pernafasan. Tidak hanya itu Kandungan beta karoten yang terdapat di dalam wortel yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A juga akan mengurangi kekambuhan asma yang diakibatkan karena berolahraga. Selain itu, karotenoid juga bisa anda temukan di sayur bayam, kangkung, tomat, labu kuning dan ubi jalar.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan makanan sehat yang bermanfaat untuk paru-paru karena dapat meningkatkan kelancaran aliran darah sehingga Anda juga bisa bernafas dengan baik. Hal tersebut dikarenakan bawang putih tersusun atas beberapa mineral seperti selenium dan alisin yang bisa melindungi paru-paru dari gangguan pernapasan. Mineral lain yang terdapat di dalam bawang putih seperti magnesium juga bisa mengendurkan otot-otot di sekitar bronkus paru sehingga akan membuat saluran pernapasan tetap terbuka yang diakibatkan oleh penyempitan bronkus. Anda bisa mendapatkan mineral lain selain dari bawang putih yaitu sayuran hijau kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, daging sapi dan ayam, ikan dan telur.

Ikan dan Asam Lemak Omega 3

Ikan dan Asam Lemak Omega 3

Makanan sehat untuk paru-paru selanjutnya adalah ikan dan asam lemak omega-3. Ikan yang berasal dari laut seperti salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat berfungsi untuk membersihkan salah satu bakteri penyebab peradangan paru-paru. Seperti yang sudah dilakukan oleh penelitian terkait uji coba asam lemak omega-3 pada tikus yang bisa meningkatkan fungsi paru., masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk benda benar memastikan bahwa makanan ini dapat berguna juga di dalam tubuh manusia khususnya dalam menjaga paru-paru.

Yogurt

makanan sehat untuk paru-paru

Tahukah Anda kalau yogurt juga sangat baik untuk sistem pernapasan manusia? Hal tersebut telah dijelaskan pada sebuah penelitian yang diikuti oleh 46 orang wanita perenang. Hasil dari penelitian tersebut mengungkapkan bahwa terdapat pengurangan risiko gejala infeksi pernafasan yang sering diderita oleh dengan motif yang perenang. Makanan yang memiliki nutrisi penting seperti yoghurt dapat menjaga kesehatan sistem pernapasan khususnya paru-paru. Selain itu, makanan ini juga akan membantu anda dalam masa pengobatan berbagai penyakit pernapasan.

Kacang-kacangan

makanan sehat untuk paru-paru

Makanan sehat untuk paru-paru yang terakhir adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan pada umumnya memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak, vitamin E sendiri merupakan sumber antioksidan yang baik untuk membantu memperlambat penuaan. Vitamin E ini juga dipercaya sangat bermanfaat untuk kesehatan paru-paru karena bisa mengurangi masalah suara sekaligus dapat meningkatkan fungsi organ pernapasan. Vitamin E bisa anda temukan juga dari berbagai sayuran hijau, minyak bunga matahari, gandum dan minuman berbasis susu. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal Anda bisa mengkonsumsi vitamin E bersama dengan sumber makanan sehat lainnya yang kaya dengan vitamin C agar keduanya bekerja lebih efektif dalam melawan radikal bebas.

Most Popular