31.6 C
Tangerang
Thursday, December 1, 2022
Home Lifestyle Rekomendasi Tanaman Rempah Yang Mudah Ditanam Yang Akan Membuat Halaman Rumah Makin...

Rekomendasi Tanaman Rempah Yang Mudah Ditanam Yang Akan Membuat Halaman Rumah Makin Cantik!

Jika anda merupakan salah satu orang yang sangat suka memasak di rumah dan menggunakan banyak rempah-rempahan namun terkadang sulit menemukan rempah tersebut atau harganya cukup mahal, maka mulai saat ini anda bisa menanamnya sendiri dirumah.

Masakan Indonesia sangat terkenal dengan cita rasanya yang kaya akan rempah, sehingga membuat masakan tersebut menjadi lebih lezat. Dengan anda menanam sendiri rempah di rumah maka pengeluaran anda pun menjadi lebih bisa terkontrol

Rempah-rempahan juga tidak hanya bisa dijadikan sebagai penyedap makanan namun juga bisa dijadikan sebagai obat alami loh. Tentu saja kita akan merasa lebih aman apabila menggunakan bahan-bahan alami yang ditanam sendiri.

Jika anda terbiasa mengandalkan obat dari dokter maka tidak ada salahnya untuk coba menanam obat herbal sendiri dirumah. Jenis tanaman ini juga sangat mudah untuk ditanam dan tidak terlalu sulit dalam perawatannya. Berikut ini ada beberapa rekomendasi Tanaman Rempah yang mudah ditanam dirumah.

Jenis-jenis Tanaman Rempah Yang Mudah Ditanam

Daun Peterseli

Daun peterseli atau yang biasa disebut juga dengan daun seledri ini sangat umum digunakan sebagai bahan untuk menambah rasa sedap pada masakan. Daun ini juga biasa digunakan untuk menghias piring di beberapa restaurant mewah. Daun yang terkenal dengan aromanya yang harum bisa menyegarkan nafas siapapun yang mengkonsumsinya. Tanaman ini sangat cocok apabila ditanam pada tempat yang sejuk.

Namun sebelum menanam tanaman ini sebaiknya daun harus direndam di dalam air selama seharian. Jika ingin lebih cepat maka bisa direndam kedalam air sabun selama satu jam. Hal tersebut dilakukan agar dapat membantu memecahkan biji luar peterseli yang terkenal cukup keras. Jika sudah semai dalam pot maka tempatkan tanaman ini pada tempat yang gelap. Jika sudah tumbuh sedikit daun maka segera pindahkan pot dan letakkan dekat cahaya matahari.

Jahe

Jahe merupakan salah satu Tanaman Rempah yang memiliki banyak manfaat salah satunya adalah mampu menghangatkan tubuh dan mengurangi sakit kepala yang disebabkan oleh flu. Cara menanam rempah ini juga sangat mudah karena dapat diperbanyak secara vegetatif dengan menggunakan rimpangnya. Sebaiknya anda membeli bibit jahe di kebun atau tukang tanaman yang sudah cukup umur untuk dikembangbiakkan.

Caranya adalah ambil indukan dan potong menjadi bibit kecil dan sebelum ditanam didalam pot, rendah bibit tersebut ke dalam larutan agrimicin 0,1% selama 8 jam lalu angkat dan keringkan. Setelah itu tanam ke dalam pot dan letakkan di tempat lembab dan tertutup sampai tumbuh tunas. Lalu siram secara rutin dengan air secukupnya dan jahe tersebut bisa dipanen saat sudah berumur 8 bulan.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah yang biasa digunakan sebagai bahan utama untuk pembuatan jamu khas Indonesia. Kunyit juga berfungsi untuk mengurangi gas di dalam perut, mengobati asam lambung dan mengurangi mual dan diare. Sebaiknya anda memilih rimpang yang tua agar bertujuan untuk hasil tunas yang bagus.

Dan tempatkan pot tanaman tersebut di daerah yang tidak terkena matahari langsung. Jika rimpang yang sudah anda tanam berukuran sekitar 10 cm, maka anda bisa memotong setiap satu tunas untuk bisa diperbanyak dan ditanam di pot yang berbeda. Kunyit bisa dipanen pada saat sudah berumur 8 bulan.

Cabai Rawit

Cabai rawit merupakan salah satu Tanaman Rempah penyedap rasa makanan yang wajib ada di setiap masakan. Saat ini harga cabai bisa dibilang cukup mahal, nah untuk menghemat biaya belanja anda bisa menanam sendiri dirumah. Cara menanam cabai juga cukup mudah yaitu rendam biji cabai rawit ke dalam air bersih, kemudian pilih biji yang tenggelam.

Karena biji yang tenggelam memiliki kualitas yang baik untuk menjadi bibit. Lalu jemur biji cabai selama 3 hari sampai kering. Setelah itu siapkan pot yang memiliki kedalaman 40 cm dan masukan biji cabai dan tutup menggunakan tanah sebagai media tanam. Anda hanya cukup menyiram tanaman cabai sebanyak seminggu sekali dan berikan pupuk agar cabe cepat berbuah. Cabai rawit bisa dipanen setelah berumur 3 bulan setelah ditanam.

Most Popular