31.6 C
Tangerang
Thursday, December 1, 2022
Home Lifestyle Resep Kerupuk Nasi Rumahan Paling Mudah

Resep Kerupuk Nasi Rumahan Paling Mudah

Kerupuk nasi rumahan bisa anda jadikan cemilan paling enak saat anda menonton tv dirumah atau teman makan setiap hari. Ternyata membuat kerupuk nasi sendiri dirumah tidak akan membuat anda bingung dan kesulitan, karena acaranya sangat mudah sekali. Hanya dengan memanfaatkan nasi sisa atau lebihan yang masih layak untuk dimakan. Caranya masih terbilang sederhana dan anda bisa membuatnya dengan sangat mudah. Bahan-0bahan yang anda butuhkan pun tidak akan membutuhkan sangat banyak.

Soal rasa sebenarnya bisa and variasikan sendiri , pedas, atau gurih saja. Rempah, bahan dasar nasinya, dan ketumbar bubuk bisa anda jadikan kerupuk nasi yang sangat lezat untuk buatan sendiri. Kerupuk bisa menjadi cemilan nikmat untuk anda buat sengaja saat acara keluarga atau saat anda memiliki nasi yang lebihan dirumah. Pembuangan nasi sangat tindakan yang tidak terpuji dan banyak sekali orang yang membutuhkannya.

Daripada dibuang, alangkah baiknya untuk dibuat makanan atau dibagikan kepada yang membutuhkan. Berikut ini cara mudah membuat cemilan kerupuk berbahan dasar nasi sisa yang kamu miliki. Anak-anak dirumah dengan suami pasti semakin cinta dengan ibu dirumah, karena memiliki kerupuk yang renyah dan bergizi dan mudah dibuatnya. Kalau begitu, langsung saja buat kerupuk rumahan seperti dibawah ini. Tidak membutuhkan modal besar untuk dijadikan cemilan enak!

Yuk Coba Buat Cemilan Kerupuk Nasi Rumahan Paling Mudah

Kerupuk Nasi Rumahan

Para ibu-ibu dirumah pasti selalu bingung kalau memiliki nasi yang masih layak sisia, jangan panik. Anda cukup buat nasinya menjadi adonan nasi kerupuk yang mudah dibuat ala rumahan. Membuatnya hanya dengan membutuhkan bahan dasar nasi putih atau sesuai selera, 1:1 dengan ukuran tepung tapioka, 5 siung bawang putih, dan garam serta air secukupnya. Gunakan nasi yang sudah dingin supaya mudah diolah.

Durasi penjemuran 1-2 hari saja di terik matahari, pastikan setelah menjadi adonan kerupuk dijemur kembali hingga kering. Tambahkan cabai atau bubuk pedas sesuai selera anda. Siapa yang tidak suka dengan kerupuk? Pasti kalau makan soal kerupuk tidak pernah ketinggalan kan? Jangan sering-sering buang nasi yang masih layak untuk dimakan, contohnya masih bisa untuk anda buat jadi adonan atau bahan makanan cemilan.

Cara Membuat Kerupuk Nasi Rumahan Gurih Dan Renyah

  1. Haluskan nasi putih dengan menggunakan blender hingga halus dengan tambahkan sedikit air, jika proses penghalusan pada blender terasa berat.
  2. Setelah nasi halus, masukkan bawang putih, ketumbar, dan garam secukupnya. Blender bahan-bahan kembali hingga tercampur dengan rata.
  3. Pindahkan adonan yang sudah halus dan tercampur rata ke dalam sebuah wadah, masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan kalis untuk anda bentuk jadi kerupuk.
  4. Olesi tangan dengan tepung agar tidak lengket. Bentuk adonan menjadi silinder seperti bentuk lontong.
  5. Didihkan air di di panci, lalu rebus adonan hingga mengambang. Setelah mengambang sekitar lima menit, angkat dan tiriskan.
  6. Simpan adonan di dalam lemari es semalaman supaya adonan akan memadat. Setelah itu, potong adonan tipis-tipis saja dan jemur hingga benar-benar kering.
  7. Selanjutnya kerupuk nasi rumahan bisa digoreng hingga mengembang dan renyah.
  8. Sajikan saat menonton tv atau sedang makan besar bersama keluarga besar atau kerabat.

Most Popular