31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Foodie Resep Makanan Singapura Cocok Dibuat Dirumah Bareng Keluarga Kamu!

Resep Makanan Singapura Cocok Dibuat Dirumah Bareng Keluarga Kamu!

Singapura merupakan salah satu negara terdekat dari Indonesia. Negara yang dijuluki kecil-kecil cabe rawit ini hanya memiliki wilayah seluas 724 km persegi saja loh atau lebih tepatnya hanya berbeda 60 km dengan Jakarta yang memiliki luas 661 km persegi. Singapura sendiri merupakan negara kecil yang kerap menjadi tujuan wisata favorit di kawasan Asia Tenggara. Bagi anda yang sering bepergian ke Singapura tentu sudah rindu dengan semua kuliner di sana bukan? Nah tenang aja, disini ada beberapa Resep Makanan Singapura yang bisa anda buat sendiri dirumah.

Sayangnya dalam masa pandemi seperti ini sangat tidak memungkinkan kita untuk berlibur ke luar negeri. Karena liburan anda menjadi lebih beresiko, terutama jika anda berlibur ke kota-kota yang ramai dikunjungi orang-orang dari belahan bumi lain. Anda mungkin sudah kangen menjelajahi negara ini dan mencicipi semua kuliner disana. Mulai sekarang, anda bisa mengobati rasa rindu tersebut dengan berkreasi sendiri dirumah anda. Tentu saja hasilnya akan sesuai dengan harapan anda. Yuk, intip resep-resepnya.

Berbagai Resep Makanan Singapura Yang Mudah Dibuat

Nasi Hainan

Nasi Hainan

Nasi Hainan sebenarnya berasal dari provinsi Hainan di bagian selatan kota Tiongkok. Di negara Malaysia, nasi hainan ini lebih dikenal dengan nama nasi ayam. Jika anda ingin membuat hidangan nasional warga Singapura ini anda cukup merebus daging ayam dengan suhu tertentu sampai ayam matang dan tercipta kaldu ayam.

Setelah itu, kaldu yang dihasilkan dibuang lemaknya dan sebagian lemaknya digunakan untuk memasak nasi bersama bahan-bahan lain, seperti daun pandan, jahe dan bawang putih. Setelah ayam direbus, celupkan ke dalam air es sampai memiliki lapisan licin seperti jeli. Anda bisa menyajikan nasi hainan ini dengan saus cabai dan bawang putih giling serta kecap untuk memperkaya cita rasanya.

Fried Carrot Cake

Resep Makanan Singapura

Jika dilihat dari nama resep makanan Singapura ini pasti anda beranggapan kalau makanan ini mengandung wortel. Padahal, bahan utama dari makanan ini adalah lobak dan tepung beras. Adonan tersebut kemudian dipotong dadu dan dimasak dengan telur, lobak yang sudah diawetkan dan beberapa bumbu dapur lainnya. Setelah itu, hidangan ini bisa disajikan dengan bawang daun.

Sebenarnya, sajian ini memiliki dua versi, ada versi hitam dan putih. Untuk versi hitam sendiri menggunakan kecap manis sehingga rasanya juga sedikit lebih manis. Sedangkan untuk versi putihnya tidak menggunakan kecap manis dan rasanya cenderung lebih gurih. Apapun versinya makanan ini bisa mengobati rasa rindu anda dengan Singapura.

Chili Crab

Chili Crab

Resep Makanan Singapura selanjutnya adalah Chili Crab. Bahan utama dari makanan ini adalah kepiting. Daging kepitingnya sendiri akan diolah dan dimasak dengan menggunakan saus berbahan sambal, saus tomat, bubuk cabai dan masih banyak lagi. Chili crab ini juga biasanya disajikan dengan mantau rebus atau goreng. Mantau ini juga bisa anda gunakan sebagai pengganti sendok loh.

Jika anda menyajikannya dengan mantau goreng maka sangat cocok dengan tekstur renyah dan halus dari hidangan ini. Ditambah lagi dengan saus bercita rasa asam, manis, pedas dan gurih membuat anda ketagihan. Jika anda tidak terlalu suka pedas namun ingin mencobanya, maka anda bisa mengurangi jumlah saus yang digunakan dan menambahkan sedikit gula.

Ice Kachang

Ice Kachang

Resep Makanan Singapura yang terakhir adalah Ice Kachang. Negara Singapura juga memiliki cuaca yang lumayan panas, karena lokasinya yang dikelilingi oleh lautan. Untuk mengatasi cuaca panas, masyarakat biasanya menyegarkan tenggorokan dengan Ice Kachang. Jika di Malaysia sendiri minuman ini bernama ABC atau ais batu campur. Untuk membuatnya sendiri anda hanya membutuhkan es dan kacang merah saja.

Anda hanya perlu menyerut es sampai halus kemudian hasilnya dipadatkan. Setelah itu, tambahkan susu kental manis, sirup dan kacang merah. Jika dirasa masih kurang, anda bisa menambahkan beberapa topping sesuai selera, misalnya potongan kacang panggang, jagung manis atau agar warna-warni. Tentu saja hidangan yang satu ini juga sangat cocok dengan cuaca Indonesia.

Most Popular