31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Foodie Resep Onigiri Ala Jepang Untuk Menu Makan Siang, Mudah Buatnya!

Resep Onigiri Ala Jepang Untuk Menu Makan Siang, Mudah Buatnya!

Inajournal.com – Bagi pecinta makanan Jepang pastinya sudah tidak asing dengan menu onigiri, menu yangs atu ini sangat cocok dijadikan sebagai menu untuk bekal ke sekolah kantor hingga bekal piknik. Nasi ini sendiri disajikan dalam bentuk padat dan biasanya diberi berbagai macam isian, mulai dari daging ayam, ikan, telur, abon dan masih banyak lagi, membuat onigiri pada dasarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Bentuk segitiga pada makanan ini dapat dibuat manual ataupun menggunakan cetakan tertentu, agar nasinya padat kamu bisa menggunakan nasi yang pulen, berikut ini resep onigiri ala Jepang yang cocok untuk menu makan siang.

Resep Onigiri Ala Jepang Untuk Bekal, Enak Dan Mudah!

Resep-Onigiri-Ala-Jepang
Krispi Onogiri

Kalau biasanya onigiri bisa langsung di makan, yang kali ini sedikit berbeda. Kamu bisa membuat kripsi onigiri yang menambahkan tekstur renyah diluar tapi lembut di dalam.

Bahan:

          Nasi putih secukupnya

Bahan campuran onigiri:

          Ikan tuna suwir secukupnya

          Croander, chop halus

          Saus manis khas jepang secukupnya

          Ikan tuna suwir

Bahan lain:

          1/4 jus apel

          1/4 sdm gula pasir

          1 sdm jeruk lemon

Bahan pembungkus:

          Kaldu bubuk

          Tepung roti

          Telur kocok

          Beberapa lembar nori

          Maizena

Cara membuat:

          Hal pertama yang harus kamu lakukan buat onigiri atau bola-bola nasi, kemudian campurkan nasi putih, ikan suwir, garam, coriander chop dan saus manis khas Jepang. Aduk hingga semuanya merata dan bentuk bola-bola.

          Kemudian bungkus onigiri dengan nori dan rapatkan tiap ujungnya dengan telur. Jika sudah kamu bisa masukkan onigiri yang telah dibungkus nori ke dalam telur pencelup.

          Kemudian gulingkan onigiri ke dalam maizena dan celupkan lagi ke dalam telur. Jika sudah kamu bisa gulingkan onigiri ke dalam tepung roti. Agar tepung roti tidak ambyar, bisa diblender dulu sebentar, setengah halus, pastikan semua permukaan onigiri tertutup dengan tepung roti secara merata.

          Jika sudah agar lebih erat masukan dahulu ke dalam kulkas selama 1 hingga 2 jam, kemudian goreng onigiri kripsi hingga berwarna coklat keemasan dan angkat kemudian tiriskan. Sajikan dengan mayonnaise dan saus sambal.

Resep-Onigiri-Ala-Jepang
Onigiri Isi Ayam

Resep onigiri ala Jepang yang selanjutnya onigiri yang diisi dengan ayam, buat yang gak suka olahan ikan isian ayam  bisa jadi pilihan kamu. Rasanya sama-sama lezat dan cara buatnya juga tidak kalah mudah.

Bahan:

          2 lembar nori, potong kotak

          50 gr beras ketan

          250 gr beras

Bahan isi:

          150 gr fillet daging ayam, cincang kasar

          2 siung bawang putih, cincang halus

          1 cm jahe, geprek

          Gula, garam, saus tiram, kaldu jamur, kecap asin,saus tiram secukupnya

Cara membuatnya:

          Pertama cuci beras terlebih dahulu dan masak dengan beras ketan selama 1 jam

          Untuk isiannya tumis bawang putih hingga harum, tambahkan jahe, masukan ayam. Tambahkan gula, garam, saus tiram, kecap asin, kaldu jamur dan masak hingga daging ayam matang, koreksi rasa dan dinginkan terlebih dahulu.

          Siapkan cetakan, masukkan sebagian nasi dan isi dengan isian ayam, tutup kembali dengan nasi dan tutup dengan cetakan, balut dengan nori dan sajikan.

Resep-Onigiri-Ala-Jepang
Onigiri Salmon Spicy Hot Mayo

Yang selanjutnya yaitu onigiri salmon spicy hot mayo, buat pecinta salmon dan ingin makan salmon yang berbeda dari digoreng, kamu bisa membuat olahan onigiri salmon yang satu ini. Selain sehat dan bagus untuk tubuh, rasanya juga sangat lezat dan bahan yang dibutuhkan mudah di cari.

Bahan:

          Nasi putih pulen secukupnya

          Salmon suwir, dimarinasi

          Mayones pedas

          Nori

          Boncabai

          Wijen hitam dan putih untuk taburan

Cara membuatnya:

          Pertama campurkan salmon dengan mayonnaise pedas, kemudian ambil nasi sekitar 2 sendok, padatkan dengan plastik wrap, lalu isi ddengan isian salmon sekitar 1 sdm.

          Kemudian kepal padat dan bentuk segitiga, berikan nori sheet dengan 4 varian ada yang diisi di dalamnya. Ada yang dicampur aduk, ada yang diberi pinggiran boncabai dan ada yang diberi lumuran wijen hitam dan wijen putih.

          Kemudian sajikan dengan pelengkap salmon fried dan tamagoyaki.

 

Most Popular