31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Health Sadarkah Anda Kalau Ternyata Ini Alasan Diet Tidak Berhasil

Sadarkah Anda Kalau Ternyata Ini Alasan Diet Tidak Berhasil

Siapa disini yang pernah mengalami gagal diet? Memang benar diet merupakan salah satu cara yang efektif dalam menurunkan berat badan. Tidak sedikit juga orang-orang yang sering mengalami gagal diet meskipun sudah melakukan segala cara untuk menurunkan berat badan. Ada beberapa alasan diet tidak berhasil mulai dari faktor internal maupun eksternal yang penting untuk diketahui. Dengan mengetahui alasan-alasan tersebut mungkin program diet Anda selanjutnya akan berjalan dengan lancar.

Karena pada dasarnya diet bukan semata-mata tidak makan atau mengurangi makan saja sama tetapi masih banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan diet tersebut. Salah satu contohnya adalah faktor dukungan dari orang sekitar. Bagaimana diet mau berhasil jika orang-orang sekitar tidak mendukung program diet yang sedang anda jalani. Masih banyak faktor dan alasan lain dibalik ketidakberhasilan diet beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Beberapa Alasan Diet Tidak Berhasil Yang Jarang Diketahui Orang

Alasan diet tidak berhasil

Jangka Waktu Yang Pendek

Alasan pertama kenapa diet anda sering gagal adalah karena jangka waktunya yang pendek. Tanpa jangka waktu yang panjang mungkin anda bisa menurunkan berat badan menjadi beberapa kg dalam waktu 2 minggu akan tetapi setelah nya mungkin berat badan Anda akan kembali naik. Hal seperti ini sering sekali dialami oleh orang-orang yang menerapkan diet keto, paleo atau diet ketat yang menjanjikan penurunan berat badan secara cepat. Faktanya, tubuh kita membutuhkan pola makan yang seimbang dimana hal tersebut melibatkan semua kelompok makanan dalam jangka waktu panjang. Perlu Anda ingat bahwa tidak ada penurunan atau kenaikan berat badan yang bisa didapatkan secara instan.

Pola Pikir “Semua atau Tidak Sama Sekali”

Alasan kedua adalah pola pikir yang seperti semua atau tidak sama sekali. Pola pikir seperti itu akan memangkas makanan olahan atau karbohidrat, roti, pasta, susu dan keju. Memang benar, pada awalnya kebiasaan seperti itu mungkin akan terasa baik-baik saja, namun ketika anda mengkonsumsi yang dipantang tersebut anda mungkin akan dihantui rasa bersalah karena telah merusak program diet. Pola pikir semua atau tidak sama sekali tersebut dapat membuat anda terperangkap dalam sirkulasi turun naik berat badan yang terus berulang. Hal seperti ini juga berlaku untuk olahraga jika anda merasa sudah banyak berolahraga namun tidak merasa lebih bugar atau lebih kuat maka mungkin saja anda justru akan melakukannya terlalu keras.

Kurang Dukungan

Alasan diet tidak berhasil selanjutnya adalah kurang dukungan dari orang sekitar. Tidak sedikit juga orang yang melakukan program diet tidak sehat karena stigma lingkungan mereka sendiri. Tidak sedikit juga orang yang sering mengejek temannya yang sedang menjalani program diet atau pola makan sehat terutama jika mereka tinggal di daerah yang budayanya makanan kuat. Anda hanya perlu menegaskan bahwa mereka tidak perlu Ikut andil dalam hal pola makan yang anda jalani. Anda bisa mencari komunitas kebugaran atau komunitas yang juga ikut menerapkan pola makan sehat seperti anda untuk mendapatkan dukungan tambahan.

Berpikiran Bahwa Olahraga Dapat Menyelesaikan Semuanya

Alasan selanjutnya adalah kebanyakan orang akan berpikir bahwa olahraga dapat menyelesaikan semuanya. Padahal olahraga seharusnya menjadi bagian dari salah satu cara diet yang baik. Sehingga anda tidak bisa memilih olahraga saja atau dia saja. Masih banyak sekali orang yang menganggap bahwa dirinya sudah membakar jumlah kalori yang besar dari olahraga, padahal kemungkinan jumlahnya jauh lebih sedikit daripada yang diduga. Jumlah kalori yang terbakar pada saat berolahraga biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti berat badan, intensitas olahraga, durasi olahraga, usia, dan komposisi tubuh.

Kurang Tidur dan Stress Berlebihan

Alasan diet tidak berhasil yang terakhir adalah stress dan kurang tidur. Proses penurunan berat badan akan terasa lebih sulit jika anda mengalami stres kronis, kurang tidur atau kerja yang berlebihan. Nutrisi dan olahraga memang dua komponen utama dalam menjalani hidup yang sehat terutama dalam menurunkan berat badan meskipun keduanya sangat penting, jika anda hanya fokus pada keduanya maka akan membuat Anda hilang fokus pada faktor penting lainnya seperti tidur dan manajemen stress. Untuk meningkatkan keberhasilan dalam program diet anda harus mendapatkan waktu tidur yang cukup dan mengelola stres dengan baik.

Most Popular