31.6 C
Tangerang
Thursday, August 18, 2022
Home Health Sangat Dibutuhkan Tubuh! Makanan Sumber Kalium Tinggi Yang Wajib Dikonsumsi

Sangat Dibutuhkan Tubuh! Makanan Sumber Kalium Tinggi Yang Wajib Dikonsumsi

Ada banyak makanan sumber kalium tinggi yang wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Kalium atau potasium merupakan suatu zat mineral yang dibutuhkan tubuh dan memiliki banyak manfaat, seperti membantu menjaga tekanan darah normal, mengangkut nutrisi ke sel sel tubuh, dan mendukung fungsi saraf serta otot agar tetap sehat, tubuh memang membutuhkan asupan nutrisi yang membuat tubuh dapat bekerja dengan baik.

Setiap harinya tubuh harus dipenuhi dengan kebutuhan nutrisi harian yang bisa kamu dapat dari makanan yang bisa kamu temui di sekitarmu. Ada banyak makanan yang bisa kamu temui dan mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, misalnya sayuran, kacang kacangan, dan buah buahan. Namun tidak semua makanan mengandung kalium tinggi, mengapa tubuh kalium? Dengan memenuhi kebutuhan kalium setiap harinya dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi, stroke, osteoporosis, penyakit jantung dan masih banyak lagi.

Badan kesehatan dunia menganjurkan untuk mengkonsumsi 3.500 – 4.700 mg kalium setiap harinya, agar kebutuhan kalium harian kamu terpenuhi bisa konsumsi makanan yang ada di bawah ini.

Makanan Sumber Kalium Tinggi Yang Wajib Dikonsumsi

Ubi Jalar

Ubi Jalar
Ubi jalar memiliki rasa yang manis dan kaya akan nutrisi, ubi jalar bisa menjadi pengganti nasi karena memiliki kandungan karbohidrat. Ubi jalar juga dikenal rendah kalori sehingga sering digunakan untuk orang yang sedang berdiet, pada ubi jalar yang berukuran sedang memiliki kandungan kalium kurang lebih 700 mg. Selain itu juga rendah kalori, mengandung serat yang tinggi, mengandung karbohidrat, vitamin C, mengandung beta karoten yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi ubi jalar dengan cara direbus atau dikukus.

Kacang Kacangan

Kacang Kacangan
Kacangan kacangan menjadi salah satu makanan sumber kalium tinggi yang bisa kamu konsumsi setiap hari, kacang kacangan juga sebagai sumber serat dan protein sehingga sangat baik jika kamu mengkonsumsinya setiap hari. Salah satunya yang memiliki kandungan kalium tinggi yaitu kacang merah, tak mengandung kalium yang tinggi, kacang merah juga memiliki kandungan zat besi, fosfor, dan kalium, jika kamu tidak suka dengan kacang merah kamu bisa mengkonsumsi kacang putih, kacang kedelai, kacang hijau, kacang almond dan kacang hitam yang juga memiliki kandungan kalium tinggi seperti kacang merah.

Kerang

makanan sumber kalium tinggi
Siapa yang pecinta kerang? Makanan laut yang satu ini ternyata memiliki kandungan kalium yang tinggi, kerang seberat 3 ons memiliki kandungan 534 mg kalium dan vitamin B12 yang sangat tinggi dibandingkan dengan makanan lainnya. Kamu juga bisa mengolah kerang menjadi berbagai macam masakan, seperti kerang rebus, sate kerang, tumis kerang dan sebagainya.

Wortel

Wortel
Tidak hanya memiliki kandungan vitamin A saja, namun wortel juga memiliki banyak kandungan lain yang baik untuk tubuh. Wortel menjadi salah satu makanan sumber kalium tinggi yang wajib kamu konsumsi, kamu bisa membuatnya sebagai jus wortel. Dalam ukuran tiga perempat gelas jus wortel mengandung 500 mg kalium, selain itu juga vitamin lainnya yang membantu menutrisi tubuh kamu.

Ikan

Ikan
Ikan juga menjadi salah satu sumber kalium yang tinggi, salah satu ikan yang paling banyak mengandung kalium yaitu ikan tuna atau ikan kakap. 3 ons ikan tuna atau ikan kakap bisa memiliki kandungan 480 mg kalium, tak hanya kalium saja yang terkandung dalam ikan, namun juga mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mendukung kesehatan jantung. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan ikan di manapun.

Pisang

makanan sumber kalium tinggi
Sudah tidak heran kalau pisang menjadi salah satu makanan sumber kalium tinggi, pisang memiliki kandungan 451 mg kalium dalam satu buahnya. Kamu juga bisa mengkonsumsi pisang dengan berbagai macam cara, kamu bisa makan secara langsung atau dimakan bersama oatmeal, jika kamu ingin membuat menjadi smoothie juga lebih enak.

Most Popular