31.6 C
Tangerang
Tuesday, August 9, 2022
Home Foodie Sate Khas Lombok Yang Rasanya Lezat. Cuma Ada Di Lombok!

Sate Khas Lombok Yang Rasanya Lezat. Cuma Ada Di Lombok!

Inajournal.com – Sedang berkunjung ke Lombok? Berikut ini ada beberapa olahan sate khas Lombok yang bisa kamu cicipi. Mendengar kata sate yang paling umum dan paling banyak diketahui sate menggunakan bahan dasar daging ayam maupun daging sapi, hingga jeroan, dan dilengkapi dengan bumbu kacang atau bumbu kecap. Tapi di Indonesia sendiri memiliki banyak olahan sate yang khas, seperti yang hanya bisa kamu temukan di Lombok ini, selain rasanya yang lezat bahan dasar pembuatan sate ini juga cukup unik dan jarang sekali ditemukan di daerah lainnya. Penasaran dengan rasanya? Berikut ini olahan sate khas dari Lombok.

Sate Khas Lombok Paling Lezat. Sudah Pernah Coba Yang Mana?

Sate-Khas-Lombok
Sate Pusut

Yang pertama yaitu sate pusut, kalau dari penampilannya sate pusut ini mirip dengan sate lilit khas Bali. Sate pusut ini sendiri terbuat dari daging sapi yang dicincang halus, kemudian dicampurkan dengan berbagai bumbu rempah. Daging ini kemudian dililitkan pada tusukan sate yang berbentuk pipih dan sedikit lebar dari ukuran sate pada umumnya, sate pusut ini biasanya hadir pada momen tertentu, seperti pada momen begibung atau perayaan berupa makan bersama, seperti khitan atau pernikahan. Walaupun seperti itu, sate ini sudah banyak dijajakan di beberapa tempat di Lombok, kalau berkunjung ke Lombok jangan sampai lewatkan sate yang satu ini.

Sate-Khas-Lombok
Sate Bulayak

Sate khas Lombok terlezat yang selanjutnya yaitu Sate Bulayak, bulayak sendiri merupakan sebutan untuk lontong yang dililit dengan daun aren atau enau. Sedangkan sate yang digunakan sebagai teman makan bulayak ini terdiri dari aneka macam daging, mulai dari daging sapi, daging ayam, hingga jeroan. Aneka daging tersebut kemudian akan dipotong kecil kemudian ditusuk menggunakan lidi yang terbuat dari lidi aren, setelah dibakar, sate bulayak ini disajikan dengan bumbu kacang yang khas. Tidak seperti bumbu kacang pada umumnya, bumbu sate ini juga dicampurkan dengan santan, sehingga terciptalah perpaduan rasa pedas dan gurih yang siap menggoyang lidah penikmatnya.

Sate-Khas-Lombok
Sate Rembiga

Selanjutnya yaitu sate rembiga, diberi nama seperti itu karena memang sate ini berasal dari daerah Rembiga yang ada di Lombok. Sate ini sangat cocok bagi kamu yang senang dengan makanan pedas, sate ini terbuat dari daging sapi dan memerlukan proses yang cukup lama sebelum akhirnya dibakar. Sate ini kemudian dimarinasi dengan bumbu khusus terlebih dahulu hingga meresap baru setelah itu dibakar, tidak sampai situ saja, pada proses pembakarannya juga akan ditambahkan dengan olesan minyak kelapa, jadi kamu bisa membayangkan betapa nikmatnya sate ini.

Sate-Khas-Lombok
Sate Tanjung

Sate khas Lombok terlezat yang selanjutnya yaitu sate tanjung, kalau bosan menikmati sate yang terbuat dari daging ayam atau sapi, kamu bisa mencoba kuliner yang satu ini. Dinamakan sate tanjung karena bahan baku yang digunakan untuk membuat sate ini menggunakan ikan cakalang atau langoan yang di dapatkan di daerah tanjung, saat mencicipi makanan ini siap-siap dimanjakan dengan bumbuĀ  dan rempah yang bercita rasa tinggi. Sate tanjung paling lezat kalau disantap dalam keadaan hangat dan dinikmati bersama potongan lontong, sate ini hanya dapat ditemukan di Lombok, jadi jangan lupa cicipi kalau berkunjung ke sini.

Sate-Khas-Lombok
Sate Pencok

Sate yang selanjutnya yaitu sate pencok yang mana sate ini terbuat dari potongan kikil sapi. Meskipun begitu, ada juga yang menggunakan tepung sagu sebagai bahan utama, tepung sagu ini sendiri diolah sedemikian rupa dan dipotong kecil-kecil, baik kikil atau potongan olahan tepung sagu akan menghasilkan tekstur sate yang kenyal. Ciri khas sate pencok juga ada pada bumbu pedas yang disiramkan di atasnya, walaupun lezat dinikmati begitu saja, ada juga yang menyantap sate dengan bihun plecing. Rasanya enak banget, jangan sampai gak nyicipi makanan yang satu ini!

Sate-Khas-Lombok
Sate Pasar Seni Senggigi

Sate khas Lombok terlezat yang selanjutnya yaitu sate pasar seni senggigi, sate yang satu niĀ  terbilang unik dan khas. Karena sate ini terbuat dari perpaduan daging dan juga ikan yang dimarinasi bersama dengan bumbu rempah, hal yang membedakannya ada pada penyajiannya, sate ini disajikan bersama dengan lontong, urap, dan kuah santan kuning.

 

Most Popular