31.6 C
Tangerang
Wednesday, August 17, 2022
Home Foodie Seger Dan Enak Banget! Manisan Basah Khas Indonesia Paling Hits

Seger Dan Enak Banget! Manisan Basah Khas Indonesia Paling Hits

Sudah pernah coba berbagai macam manisan basah khas Indonesia? Kalau belum kamu wajib coba, karena rasanya benar benar bikin nagih. Indonesia memang memiliki banyak kuliner khas yang unik dan lezat, mulai dari makanan berat hingga cemilan yang unik, seperti salah satunya manisan. Warga Indonesia memang sangat kreatif dalam membuat suatu olahan dengan berbagai macam bahan, manisan menjadi olahan khas Indonesia yang sering dicari saat musim panas, dimakan bersama es batu atau dimakan langsung akan terasa sangat nikmat. Terlebih lagi harganya cukup murah, udah enak dan ramah kantong membuat manisan paling laris dicari.

Pecinta buah buahan bisa mencoba manisan dari Indonesia, sebenarnya manisan bisa terbuat dari apa saja. Namun paling banyak menggunakan buah buahan dengan perpaduan rasa manis, asin, asam segar, kalau ingin membuatnya sendiri dirumah juga kamu bisa. Bahan untuk membuat manisan sangat mudah ditemui dan bisa menggunakan berbagai macam buah buahan, apa saja manisan yang paling populer di Indonesia?

Manisan Basah Khas Indonesia Paling Enak Dan Segar

1. Mangga Muda

manisan basah Mangga Muda
Pecinta buah mangga wajib mencoba manisan yang satu ini, mangga muda memang paling enak diolah menjadi sambal atau manisan. Cara membuat manisan dari mangga muda juga cukup mudah, pertama kamu siapkan manga mudah, kemudian campurkan garam, gula, kapur sirih dan dimasak hingga matang, letakan di lemari es terlebih dahulu agar lebih segar saat dikonsumsi.

2. Kedondong

Kedondong
Manisan basah khas Indonesia yang satu ini juga paling banyak ditemui dan paling mudah dibuat, memang tidak semua menyukai kedondong. Tapi buat kamu pecinta kedondong pastinya suka banget dengan manisan yang satu ini, perpaduan rasa manis asam dan pedas sangat segar dinikmati siang hari panas.

3. Kolang Kaling

manisan kolang kaling

Manisan basah yang satu ini pasti selalu ada saat lebaran bagi umat muslim, siapa yang suka manisan kolang kaling? Manisan ini memiliki tekstur licin dan empuk dengan rasa manis karena dicampur dengan sirup, untuk membuatnya juga tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu mencampurnya dengan air bekas beras, daun pandan, dan gula pasir untuk manisan ini.

4. Salak

manisan Salak
Salak juga sebagai salah satu manisan basah khas Indonesia yang sangat enak dan segar, buah salak yang masih mudah rasanya sangat sepat. Tapi kamu bisa mengolahnya menjadi manisan, rasanya akan segar manis dan bikin nagih.

5. Cermai

Manisan basah khas Indonesia
Buah yang satu ini memiliki rasa yang sangat asam, tapi saat diolah menjadi manisan rasanya akan sangat lezat. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu merendamnya dengan gula pasir dan garam, lalu didiamkan terlebih dahulu.

6. Pepaya

Manisan basah khas Indonesia
Manisan basah khas Indonesia yang satu ini memang tidak banyak orang yang suka, tapi kamu harus coba terlebih dahulu. Papaya memiliki aroma yang kurang sedap, tapi saat sudah dijadikan manisan rasanya benar benar bikin kamu ketagihan terus, aromanya pun menjadi sangat menyegarkan.

7. Nangka

manisan Nangka
Buah nangka sudah memiliki rasa yang manis dan biasanya dibuat untuk campuran es. Tapi kamu juga bisa membuatnya sebagai manisan, karena rasa asli buah nangka sudah manis, kamu bisa menambahkan rasa asin dan pedas dari garam atau cabai, makan manisan ini saat siang hari akan sangat segar.

8. Jambu Biji

Manisan basah khas Indonesia
Manisan basah khas Indonesia yang satu ini juga sangat cocok kamu konsumsi siang hari saat panas panas. Pertama kamu potong jambu biji menjadi beberapa bagian, lalu kamu bisa membuat kuahnya dengan campuran garam, gula, dan cabai, masukan ke lemari es terlebih dahulu agar semakin segar.

9. Belimbing Wuluh

Manisan basah khas Indonesia
Manisan yang satu ini juga cukup popular, tapi melihat belimbing wuluh pastinya mulut kamu sudah berair Karena membayangkan rasa asamnya. Meskipun belimbing wuluh memiliki rasa yang asam, jika sudah diolah menjadi manisan rasanya akan manis dan bercampur dengan asam.

Most Popular