31.6 C
Tangerang
Saturday, January 28, 2023
Home Health Segudang Manfaat Konsumsi Rutin Labu Kuning Bagi Kesehatan

Segudang Manfaat Konsumsi Rutin Labu Kuning Bagi Kesehatan

Inajournal.com – Manfaat konsumsi labu kuning rupanya, bisa kamu dapatkan dengan mudah hanya dengan mengkonsumsi secara rutin saja. Sebelumnya kamu pernah belum mau makan labu kuning? Labu yang bentuknya bundar ini dan memiliki warna yang sangat cantik dan manis seperti wortel berwarna orange.

Selain dikonsumsi secara langsung bisa dibuat sayur atau kudapan lezat. Saat bulan Ramadhan tiba rupanya, labu kuning ini sering dibuat menjadi tambahan kolak untuk buka puasa. Labu kuning kaya akan vitamin dan mineral, tetapi memang rendah kalori dan sumber beta karoten ya diubah dalam tubuh menjadi vitamin A.

Tidak hanya itu saja, labu kuning juga mengandung karbohidrat, protein, serat, lemak dan juga Gula. Banyaknya kandungan terbaik di dalam labu kuning memiliki manfaat yang mengejutkan kalau kamu rutin untuk mengkonsumsinya. Langsung saja ketahui sederet manfaatnya Seperti penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Ragam Manfaat Konsumsi Labu Kuning Secara Rutin Bagi Kesehatan

Manfaat-Konsumsi-Labu-Kuning

     1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat konsumsi labu kuning secara rutin bagi kesehatan pertama yaitu menurunkan berat badan. Cocok banget buat kamu yang sedang menjalankan program diet, labu kuning adalah makanan yang tepat untuk kamu konsumsi secara rutin. Pada dasarnya, labu kuning ini rendah kalori dan kaya akan serat, hingga memperlambat proses pencernaan juga.

Kalau kamu mengkonsumsinya, kamu akan merasakan kenyang lebih lama. Labu kuning mengandung 90% air dan kurang dari 50 kalori hingga mengkonsumsi labu kuning bisa terhindar dari dehidrasi dan mengenyangkan tapi tidak menambah berat badan. Cocok banget bukan buat kamu yang sedang diet dan ingin makan sebanyak-banyaknya tetapi tidak akan memberikan kalori yang sangat besar!

     2. Menjaga Kesehatan Mata

Kemudian menjaga kesehatan mata juga karena labu kuning yang memiliki warna oranye ini, menandakan ada kandungan beta karoten yang tinggi. Beta karoten diubah menjadi vitamin A ketika dikonsumsi. Dan tidak hanya beta karoten saja yang terdapat di labu kuning, ada vitamin C vitamin E yang bisa membantu melindungi mata dan mengurangi resiko penyakit mata yang difaktorkan oleh usia.

Labu kuning mengandung karotenoid yang disebut Lutein dan zeaxanthin, sehingga dapat menurunkan risiko katarak. Berarti tidak hanya mengkonsumsi wortel saja, jika kamu mengkonsumsi labu kuning juga bisa mendapatkan manfaat untuk menjaga kesehatan mata!

     3. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Di poin ketiga ini labu kuning bisa menyeimbangkan kadar gula darah dan bermanfaat karena memiliki kandungan magnesium. Magnesium yang terkandung dalam biji labu kuning yaitu bisa membantu penyerapan gula pada jaringan tubuh.

Tidak sampai disitu saja, labu kuning juga bisa menyeimbangkan kadar gula dengan meningkatkan produksi insulin. Biji labu kuning dipercaya bisa menurunkan resiko seseorang terkena diabetes tipe 2. Jadi, kalau kamu mengkonsumsi labu kuning, bijinya jangan langsung dibuang ya!

     4. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Selanjutnya bisa menjaga kesehatan jantung manfaat dari biji labu kuning yang tidak boleh dilewatkan ini memang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan fitosterol dan asam omega 3 bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Labu kuning ini ada fitosterol dan asam omega 3 yang cegah penggumpalan darah dan penyakit aterosklerosis. Karena biji labu kuning bisa mengurangi penyakit jantung dan juga stroke!

     5. Sebagai Anti Penuaan

Terakhir manfaat mengkonsumsi labu kuning yaitu sebagai anti penuaan sejak dini. Para wanita yang ingin terlihat awet muda dan percaya diri meskipun usia tidak lagi seperti remaja, kulit kamu bisa mendapatkan pengaruh dari kandungan yang terdapat di labu kuning. Terhindar dari penuaan dini adalah impian banyak wanita dan kandungan beta karoten membantu melindungi wajah dari sinar matahari yang menimbulkan kerutan.

Tidak hanya itu saja, labu kuning ini dibuat menjadi masker alami juga bisa dan mudah dibuatnya. Sudah tahu manfaat dari labu kuning dan bijinya kan? Labu kuning yang kamu konsumsi bijinya bisa kamu manfaatkan dan buahnya pun tidak kalah bermanfaat.

Kalau kamu ingin menggunakan masker labu kuning, kamu bisa menambahkan madu dan hancurkan lebih dulu secara halus labu kuningnya lalu aplikasikan di wajah selama 15 menit. Manfaat konsumsi labu kuning ternyata sangat banyak, dari kesehatan dalam organ sampai kulit bisa kamu dapatkan hanya dengan rutin mengkonsumsi atau membuat masker dari labu kuning!

Most Popular